
Penulis: Raizza | Editor: Agnes
Saat melamar kerja, etika calon kandidat selalu menjadi penilaian utama seorang HRD. Itulah mengapa, melamar pekerjaan tidak bisa dilakukan sembarangan. Dokumen-dokumen penting dan pendukungnya harus dipersiapkan dengan baik, salah satunya surat lamaran kerja.
Meski saat ini sudah banyak HRD yang mulai mempersingkat proses rekrutmen dengan hanya meminta CV saja, namun surat lamaran kerja tidak kalah penting, loh. Surat ini bisa menggambarkan bahwa kita benar-benar niat untuk melamar di tempat tersebut.
Untuk itu, kalau Ladies sedang mencari referensi seperti apa surat lamaran kerja itu, simak ulasannya di sini yuk.
Struktur yang Harus Ada dalam Surat Lamaran Kerja
1. Tempat dan tanggal surat dibuat
Struktur pertama adalah tempat dan tanggal surat dibuat. Bagian ini terletak di sisi kanan paling atas. Format yang digunakan yaitu: ‘nama tempat, tanggal bulan tahun’.
2. Tujuan dan alamat
Di bagian tujuan, kita bisa langsung menyebut siapa penerima surat tersebut dan lokasinya. Untuk lebih formal dan universal, biasanya sapaan yang digunakan adalah ‘Yth”, tidak perlu lagi tambahan Bapak/Ibu. Formatnya:
Yth. Manager xxx
Jalan xxx
Jakarta
3. Salam pembuka
Oleh karena sifatnya yang sangat formal dan bisa berpengaruh terhadap citra kita, maka biasakan untuk selalu gunakan salam pembuka. Ladies bisa gunakan salam yang paling umum yaitu “Dengan hormat”.
4. Paragraf pembuka
Di bagian ini, Ladies harus mengawali surat dengan bercerita soal informasi lowongan, seperti misal dari mana sumbernya. Bagian ini adalah pembuka, jadi gunakan kosakata dan kalimat yang sopan.
5. Isi surat dan maksud
Di bagian isi, Ladies bisa cantumkan identitas diri lengkap dengan format:
Nama:
Tempat/Tanggal lahir:
Pendidikan Terakhir:
No. Hp:
Alamat Email:
Selain data diri, Ladies bisa sebutkan juga pengalaman apa saja yang pernah dilakukan. Usahakan untuk mencantumkan pengalaman yang relevan dengan posisi pekerjaan yang dilamar.
Setelah itu, sebutkan juga dokumen apa saja yang dilampirkan. Biasanya berupa CV, fotokopi ijazah, fotokopi transkrip nilai, sertifikat khusus (optional), SKCK (optional) dan pas foto terbaru.
6. Penutup
Di bagian penutup usahakan jangan terlalu sederhana. Sebutkanlah harapan Ladies terhadap lamaran tersebut sekaligus ucapan terima kasih. Misalnya:
“Demikian kiranya surat lamaran ini saya buat. Besar harapan saya bisa bergabung dan berkontribusi langsung kepada perusahaan ini. Semoga setelah ini ada kabar baik. Terima kasih atas kesempatan dan perhatiannya.”
7. Salam hormat penutup
Sikap hormat juga perlu ditampilkan jobseeker di akhir surat, seperti “Hormat saya,”. Barulah setelah itu tulis nama Ladies dan bubuhkan tanda tangan jika diperlukan.
Contoh Surat Lamaran Kerja dengan Tulisan Tangan
Contoh Surat Lamaran Kerja dengan Pengalaman
Nah, seperti itulah struktur surat lamaran kerja dan contoh yang bisa Ladies ikuti. Good luck!
Baca Juga:
Cara Membuat dan Contoh Surat Lamaran Kerja Berbahasa Inggris
Ini Dia, Cara Membuat Surat Pengalaman Kerja yang Baik dan Benar