6 Contoh Membuat Surat Penawaran Barang, Simak Cara Membuatnya

0
160

Penulis: Raizza | Editor: Agnes

Ada banyak strategi penjualan yang bisa dilakukan oleh setiap pelaku bisnis. Salah satu yang bisa dicoba adalah dengan melakukan pemasaran lewat surat penawaran barang. 

Surat penawaran barang adalah surat yang dikeluarkan suatu perusahaan untuk tujuan memasarkan produk yang dijual. Surat ini bisa menjadi perantara antar setiap pihak yang ingin melakukan kerja sama atas pembelian atau pemakaian produk. Untuk itu, surat ini tidak bisa dibuat dengan sembarangan loh. Isinya haruslah jelas dan juga menarik.

Lantas seperti apa sih cara membuat dan contohnya? Simak di bawah ini yuk!

1. Contoh Surat Penawaran Barang Keperluan Kantor

Contoh pertama adalah untuk keperluan barang-barang kantor. Misalnya, perusahaan tempat Ladies bekerja bergerak di bidang distributor peralatan kantor, maka tidak ada salahnya untuk menawarkan produk tersebut ke perusahaan yang baru, berikut contohnya.

2. Contoh surat penawaran barang elektronik

Selanjutnya adalah penawaran barang elektronik seperti misalnya komputer, telepon, dvd, dan yang lainnya. Di dalam surat penawaran barang tersebut, Ladies bisa cantumkan mengenai ciri spesifik barang tersebut, atau mungkin harganya saja.

3. Contoh Surat Penawaran barang bangunan

Untuk memasarkan barang bangunan, Ladies juga bisa loh menggunakan surat penawaran barang sebelum mungkin menawarkannya langsung. Nanti di dalam surat tersebut, Ladies sebutkan dengan rinci, barang-barang apa saja yang tersedia di perusahaan Ladies dan harga yang ditawarkan.

4. Contoh surat penawaran barang properti

Surat penawaran barang bangunan berisi tentang bahan-bahan bangunan, sedangkan properti lebih mengarah pada barang jadinya seperti misal rumah atau apartemen. Nah untuk membuat suratnya, biasanya lebih formal karena memang disesuaikan dengan harga properti yang tentunya tidak murah.

Untuk membuat perusahaan atau orang yang dituju tertarik, sebutkan dengan rinci informasi mengenai properti tersebut ya. Seperti berapa luasnya, apa saja fasilitas yang tersedia di dekat sana dan segala macamnya. 

5. Contoh surat penawaran barang furnitur

Nah, bahan bangunan dan rumahnya kan sudah, jangan lupa juga dengan surat penawaran barang furnitur, Ladies. Isinya hampir sama dengan contoh surat penawaran barang lainnya yaitu berisi produk yang ditawarkan dan harganya. Bahkan, kalau ada diskon bisa membuat penawaran semakin menarik konsumen loh.

6. Contoh surat penawaran barang fashion

Terakhir adalah surat penawaran barang fashion. Cara membuatnya juga sama dengan yang lainnya yaitu Ladies sebutkan produk fashion apa yang menjadi unggulan dari perusahaan Ladies dan bisa menjadi solusi untuk kebutuhan konsumen. 

Ladies bisa juga loh menyisipkan strategi marketing seperti misalnya barang yang Ladies tawarkan itu sedang viral dan menjadi trend. Dengan begitu konsumen bisa jadi lebih tertarik dan penasaran. 

Itulah dia tadi contoh membuat surat penawaran barang yang bisa Ladies contek untuk bisnis Ladies. Semoga berhasil!

Baca Juga:

Inilah 5 Jenis Surat Kuasa dan Contohnya yang Baik dan Benar

Struktur dan Contoh Surat Dinas yang Baik dan Benar 

Inilah Struktur dan 3 Contoh Surat Perjanjian Kerja Sama