Bagi Jobseeker, Ini Dia Contoh Daftar Riwayat Hidup

0
332

Penulis: Marcia | Editor: Agnes

Melamar pekerjaan adalah aktivitas yang paling diburu jobseekers. Meski begitu, ada hal-hal yang perlu diperhatikan agar lamaran kita dilirik perusahaan. Yup, daftar riwayat hidup yang tercantum di dalam curriculum vitae (CV) adalah hal pertama yang jadi modal kita.

Sebelum tahap wawancara, rekruter atau HRD tentu akan screening CV untuk melihat kecocokan pengalaman kerja si kandidat. Sebelum melihat contoh daftar riwayat hidup, ada baiknya ikuti tips dan trik Ladies Corner berikut ini, ya, Ladies!

Apa itu Daftar Riwayat Hidup?

contoh daftar riwayat

Daftar riwayat hidup adalah data diri yang ada di dalam Resume atau Curriculum Vitae (CV). Secara bahasa, Curriculum Vitae merupakan perjalanan hidup. Di dunia kerja, CV digunakan untuk merangkum track record dan data pribadi seseorang, khususnya terkait riwayat kerja dan background pendidikan. 

Daftar riwayat hidup adalah perkenalan diri kita lewat sebuah tulisan. So, di sinilahkesempatan kita untuk “memamerkan” pencapaian yang kita punya di bidang pekerjaan dan pendidikan. 

Unsur Daftar Riwayat Hidup

contoh daftar riwayat hidup

Perlu dicatat, daftar riwayat hidup berbeda dengan surat lamaran kerja. Surat lamaran merupakan pengantar untuk menjelaskan maksud dan tujuan kita untuk melamar kerja yang disisipkan dengan CV. Lalu, apa aja, sih, yang wajib ada di dalam daftar riwayat hidup?

  • Biodata

Pastikan daftar riwayat hidup mengandung data diri berupa nama, alamat lengkap, dan kontak yang bisa dihubungi. Kontak tersebut bisa berupa e-mail, nomor handphone, akun Linkedin atau media sosial. Jangan lupa juga untuk mencantumkan foto formal yang berisi wajah kita secara jelas.

  • Pendidikan

Yang satu ini juga nggak boleh terlewat. Rekruter perlu mengetahui rekam jejak pendidikan atau nilai IPK kita untuk melengkapi administrasi. Beberapa perusahaan juga mewajibkan kandidatnya yang memiliki jurusan sekolah, institusi atau kuliah sejalan dengan pekerjaan yang dilamar. 

  • Pengalaman kerja

Setelah mengisi data diri dan pendidikan, jangan lupa mencantumkan daftar pengalaman kerja. Tulislah semua pekerjaan yang terkait dengan posisi yang kita lamar. Tujuannya agar HRD mengetahui bahwa kita memiliki pengalaman cukup dan qualified dengan kebutuhan perusahaan.

  • Pelengkap

Apakah ladies seorang fresh graduate dan belum pernah bekerja? Jangan khawatir. Kita bisa mengganti pengalaman kerja dengan mencantumkan pengalaman organisasi, kursus dan seminar. Rekruter akan melihat seberapa aktif kita dan memiliki potensi yang baik dalam bekerja sama dengan tim. 

  • Tanda tangan dan keterangan waktu

Jika ladies menulis CV dengan tulisan tangan, ada baiknya mencantumkan tempat dan tanggal CV dibuat beserta tanda tangan. Ini juga menunjukkan keseriusan kita dalam melamar pekerjaan. 

Masih bingung? Simak contoh daftar riwayat hidup berikut ini.

contoh daftar riwayat hidup

contoh daftar riwayat hidup

Saat ini, sudah banyak aplikasi penyedia template CV gratis seperti Canva dan CV Maker. Yang pasti, buatlah daftar riwayat hidup semenarik mungkin agar perusahaan bisa langsung melirik kita ya, Ladies!

Baca Juga:

Dear Jobseekers, Ini Cara Membuat CV Online Praktis dan Bagus

Catat! Ini Struktur dan Contoh Surat Rekomendasi

Penting! Ini Contoh Surat Kuasa Tanah dan Cara Membuatnya