Catat! Ini 7 Contoh Cover Letter yang Mampu Menarik Perhatian HRD

0
211

Penulis: Raizza | Editor: Agnes 

Ladies sedang berniat melamar pekerjaan? Atau ingin pindah kerja dan beralih profesi? Eits, siapkan dulu hal-hal yang perlu dipersiapkan ya! Salah satunya adalah cover letter. Meski mungkin Ladies sudah sering mendengar atau mencari tahu informasinya, tapi membuat cover letter enggak boleh disepelekan nih.

Berikut ini Ladies Corner coba bagikan contoh cover letter yang bisa dijadikan referensi. Siapa tahu sesuai dengan kebutuhan Ladies!

1. Contoh cover letter untuk fresh graduate

Umumnya lulusan baru atau fresh graduate itu belum banyak memiliki pengalaman yang bisa dituliskan dalam cover letter. Namun, kalau Ladies termasuk fresh graduate, enggak usah khawatir! Karena tidak semua perusahaan mencari yang berpengalaman kok.

Ladies bisa menyiasatinya dengan mengisi skill-skill yang dimiliki nih. Tentunya yang berkaitan dengan latar belakang pendidikan ya. Selain itu, bisa juga melampirkan pengalaman magang. Ini dia contoh cover letter untuk fresh graduate.

2. Contoh cover letter untuk melamar sebagai freelancer

Biasanya, untuk melamar sebagai freelancer atau pekerja part time, syaratnya sedikit lebih mudah dibandingkan dengan posisi full time. Meski begitu, isi cover letter tetap tidak boleh disepelekan ya!

Ladies bisa mencantumkan beberapa pengalaman yang dimiliki, jika belum ada bisa loh masukkan pengalaman magang atau mungkin kursus khusus. Penting juga untuk memasukkan skill yang sesuai dengan posisi yang dilamar ya. Contohnya seperti yang ada di gambar. 

3. Contoh cover letter jika Ladies sedang tidak bekerja

Kalau saat ini Ladies sedang menganggur, bukan berarti tidak ada kesempatan untuk berkembang dan melamar pekerjaan ya! Ladies bisa mengisi cover letter dengan pengalaman-pengalaman sebelumnya.

Nah, kalau ada prestasi atau pencapaian juga bisa banget dimasukkan untuk menambah nilai tersendiri di mata HRD. Yang terpenting adalah bersikap jujur dengan situasi yang terjadi. Ladies bisa melihat contohnya seperti gambar di bawah.

4. Contoh cover letter kalau Ladies ingin berganti pekerjaan

Kalau melamar pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan dan pengalaman sih gampang-gampang aja. Namun, apa jadinya kalau kita ingin berganti pekerjaan? Tentu akan sangat kontras dan tidak relevan bukan?

Eits, jangan berkecil hati dulu! Ladies bisa menyiasatinya dengan menyebutkan alasan mengganti pekerjaan tersebut, lalu tonjolkan apa yang bisa ditawarkan kepada perusahaan yang Ladies lamar. Seperti contoh cover letter berikut ini nih.

5. Contoh cover letter untuk profesional atau posisi manajerial

Untuk melamar posisi manajerial atau profesional biasanya cover letter yang dibuat  akan berbeda nih dengan posisi staff umum lainnya. Pasalnya posisi tersebut membutuhkan pengalaman kerja yang lebih lama dan skill yang lebih kompeten.

Oleh sebab itu, Ladies bisa mengisi cover letter dengan gambaran skill khusus yang dimiliki sesuai dengan bidang pekerjaan yang dilamar. Lalu, sebutkan juga semua pencapaian yang pernah didapat. 


6. Contoh cover letter untuk melamar posisi magang

Sekarang ini banyak perusahaan atau HRD yang menyamakan proses rekrutmen magang atau intern dengan posisi karyawan loh. Di mana, calon anak magang tetap diharuskan melamar melalui cover letter dan berkas lainnya. 

Isinya apa saja? Ladies bisa masukkan semua aktivitas yang dikerjakan di kuliah, entah itu organisasi atau mungkin kegiatan volunteer. Contohnya seperti berikut.

7. Contoh cover letter untuk kamu yang gap year

Satu hal yang terpenting dalam membuat cover letter dengan latar belakang apa pun itu adalah kejujuran. Kalau Ladies mengalami jeda tidak bekerja karena beberapa alasan, maka sebutkan saja alasan tersebut. 

Setelah itu, Ladies bisa menyebutkan pengalaman kerja sebelumnya dan juga kemampuan yang dimiliki. Tambahkan juga pernyataan kalau Ladies memiliki kemauan yang kuat untuk bisa kembali bekerja. Berikut referensi yang bisa Ladies contoh. 

Nah, seperti itu ya Ladies contoh cover letter yang benar. Jangan sampai salah dan terlupakan, ya! Selamat mencoba!

Baca Juga:

Dear Jobseekers, Ini Cara Membuat CV Online Praktis dan Bagus

Wajib Tahu! Ini Dia Contoh, Struktur, dan Cara Membuat Surat Kuasa

Struktur dan Contoh Surat Lamaran Kerja Bagi yang Memiliki Pengalaman