Ciri, Karakter, dan Cara Merawat Kucing Persia, Menggemaskan Banget!

0
51

Penulis: Aniesa | Editor: Agnes

Para pecinta kucing pasti sudah tak asing lagi dengan ras kucing yang satu ini. Yup, kucing Persia. Kucing persia ini terkenal dengan bulunya yang lebat dan harganya yang lumayan tinggi ini memang menjadi salah satu jenis kucing favorit orang-orang.

Apakah Ladies sudah memeliharanya di rumah? Atau, apakah Ladies ingin memilikinya, tapi masih mikir-mikir dulu? Untuk menjawab keraguan Ladies, berikut ini rangkuman mengenai ciri, karakter, dan cara merawat kucing Persia.

Ciri Fisik Kucing Persia

Kucing-Persia

Kucing Persia terdiri dari beberapa jenis, yaitu Medium, Himalayan, Flatnose, dan Peaknose. Meskipun jenisnya berbeda, secara umum kucing-kucing tersebut memiliki ciri fisik yang sama.

1. Badan

Kucing Persia memiliki perawakan tubuh yang kekar. Bagian dadanya tampak lebar dan bagian perutnya lebih rendah pada bagian depan. Selain itu, mereka memiliki ekor yang panjang menjuntai dan kaki yang cenderung pendek.

2. Kepala

Kepala kucing Persia cenderung lebih besar dan bulat dibanding jenis kucing lainnya. Mereka memiliki telinga yang kecil dengan bentuk bulat. Tulang rahangnya tampak kuat, dan tulang pipinya sedikit menonjol. Selain itu, dahi, hidung, dan dagunya tegak lurus dengan leher yang pendek.

3. Bulu

Bulu merupakan daya tarik yang dimiliki kucing Persia. Mereka memiliki bulu yang lebat dan tebal dengan panjang sekitar 5-10 cm. Bulu itulah yang membuat mereka tampak anggun dan memiliki nilai jual tinggi.

4. Warna Bulu

Kucing Persia biasanya memiliki warna bulu yang polos, seperti putih, hitam, dan oren. Namun, ada juga kucing persia yang memiliki kombinasi warna pada bulunya, seperti abu-abu, krem, dan cokelat.

5. Mata

Kucing Persia memiliki mata yang bulat dan lebar. Warna matanya cenderung mengikuti warna bulunya. Bahkan, ada jenis kucing Persia tertentu yang memiliki warna mata yang berbeda antara kiri dan kanan. Hal itu membuatnya makin unik.

Karakter Kucing Persia

Kucing-Persia

Kucing Persia biasanya dikenal sebagai kucing rumahan yang tak banyak gerak. Meskipun begitu, mereka merupakan kucing yang penyayang, ramah, dan sangat manja pada pemiliknya. Mereka hanya mau bergerak saat sang majikan mengajaknya bermain.

Karakter lain yang menjadi ciri khas kucing ini adalah suaranya yang pelan. Saking pelannya, ia cenderung menunjukkan rasa sayangnya pada sang majikan dengan kontak fisik daripada mengeong.

Cara Merawat Kucing Persia

Kucing-Persia

Meskipun bulunya membuat si kucing tampak cantik, bulu panjang tersebut sangat rentan kotor. Selain itu, bulu kucing Persia juga akan menjadi sarang kutu dan mudah rontok jika tak dirawat dengan baik. Oleh karena itu, berikut ini lima cara merawat kucing Persia dengan baik dan benar.

1. Memandikannya

Kucing termasuk hewan yang benci air. Untuk itu, ada trik tersendiri untuk memandikannya. Agar si kucing tidak kaget, Ladies perlu menggunakan air hangat di dalam bak. Selanjutnya, gosok seluruh bagian tubuh si kucing menggunakan shampoo khusus, mulai dari wajah, telinga, ekor, dan kaki. Ladies juga bisa menyikat gigi si kucing dengan sikat gigi khusus. Setelah selesai, bungkus si kucing dengan handuk sampai ia kering.

2. Menyisir Bulunya

Jika si kucing sudah dalam keadaan kering, Ladies bisa menyisir bulunya secara perlahan. Gunakan sisir bergigi lebar untuk menghilangkan kusut pada bulu kucing. Selain itu, jenis sisir tersebut dinilai ampuh untuk merontokkan debu, jamur, dan kutu yang mungkin menempel di tubuh mereka.

3. Bersihkan Mata dan Telinga

Bagian penting pada kucing yang perlu dibersihkan adalah mata dan telinga. Tak sekadar mengusapnya dengan tisu atau kapas, Ladies juga bisa menggunakan obat khusus untuk menghilangkan kotoran pada mata dan telinga. Pastikan Ladies membeli obat tersebut dari pet shop terpercaya, ya.

4. Potong Kuku

Kuku kucing tak boleh dibiarkan panjang. Selain membuatnya tak nyaman, kuku kucing bisa melukai pemiliknya dan merusak barang-barang di sekitarnya. Untuk itu, kuku kucing harus dipotong secara rutin setiap beberapa minggu.

5. Vaksinasi dan Sterilisasi

Langkah yang satu ini mungkin sering dilewatkan oleh pemilik kucing, Meskipun mahal, vaksinasi dan sterilisasi sangat bermanfaat untuk kesehatan kucing, terutama mencegah penyakit tertentu. Untuk menghemat biaya, Ladies bisa mendaftarkan si kucing untuk vaksinasi dan sterilisasi di puskeswan.

Itu tadi rangkuman tentang ciri, karakter, dan cara merawat kucing Persia. Tertarik untuk memeliharanya, Ladies?

Baca Juga:

Suka Memelihara Kucing? Ini Fakta Kucing Kesayanganmu!

Cocok Jadi Peliharaan, Berikut Jenis-Jenis Kelinci Populer