Waspada! Kenali 6 Ciri-Ciri Toxic Relationship yang Tidak Kamu Sadari

0
3
ilustrasi ciri-ciri toxic relationship/ sumber: www.freepik.com

Penulis: Adriana | Editor: Agnes

Ladiescorner.id – Toxic relationship adalah satu kondisi ketika hubungan pacaran sudah tidak sehat untuk kedua belah pihak. Di era modern ini, banyak banyak pasangan yang secara tidak sadar terjebak dalam hubungan yang tidak sehat, bahkan bisa melelahkan fisik dan mental. 

Pada dasarnya,setiap hubungan pasti memiliki tantangan. Namun jika tantangan tersebut justru menjadi racun dalam hubungan akan tidak baik. Lantas, apa saja ciri-ciri toxic relationship? Simak pnjelasan selengkapnya di bawah ini, Ladies.

Baca Juga: Rekomendasi 16 Lagu Cinta Tentang LDR, Berani Dengar?

Apa itu Toxic Relationship?

ciri-ciri toxic relationship

Dilansir dari berbagai sumber, suatu hubungan dapat dikatakan toxic ketika sudah memiliki pola berulang yang saling menghancurkan masing-masing. Entah itu berupa tindakan manipulatif, cemburu, saling menyalahkan, hingga bermain tangan yang menyebabkan luka. 

Selain itu, hubungan kamu sudah dikategorikan beracun ketika menganggap pasangan sebagai beban. Hal ini tentu bisa berakibat fatal jika tidak ditangani, Ladies.

Label toxic relationship lebih sering disebut pada hubungan pertemanan atau pacaran, namun kondisi ini juga berlaku untuk semua hubungan, baik itu keluarga maupun rekan kantor. Dilansir DokterSehat, pada tingkat yang sangat beracun, hubungan ini dapat memicu stres, depresi, gaslighting, kejahatan fisik, dan bahkan kecenderungan untuk menyakiti diri sendiri.

Ciri-Ciri Toxic Relationship

ciri-ciri toxic relationship

Ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui mengenai ciri-ciri hubungan beracun. Jika hubunganmu mengalami ciri-ciri di bawah ini, sebaiknya segera ambil tindakan.

1. Cemburu berlebihan 

Cemburu merupakan tanda cinta. Adanya cinta membuat kamu ingin memiliki pasangan secara utuh dan tidak bisa dibagi dengan orang lain. Namun, segala yang berlebihan juga tidak bagus, begitu juga dengan cemburu. 

Cemburu yang berlebihan menjadi satu penanda dari hubungan yang toxic. Bayangkan jika kamu tidak boleh bersama lawan jenis meski pergi beramai-ramai, tentu sangat meresahkan bahkan mengganggu pekerjaan kamu suatu saat, Ladies.

Baca Juga: 8 Panggilan Sayang Bahasa Korea untuk Pacar Terkasih

2. Pasangan mulai manipulatif 

Manipulatif adalah sifat seorang yang sangat bahaya dan menyebabkan korbannya mempertanyakan kewarasannya sendiri. Orang yang manipulatif akan terus menyalahkan orang lain meskipun itu adalah kesalahannya sendiri. 

Dilansir Detik, manipulasi adalah sifat seseorang yang secara sadar mengeksploitasi orang lain untuk keuntungannya sendiri. Bahkan seringkali orang manipulatif menggunakan strategi yang tidak jujur ​​sehingga merugikan orang lain.

Akibatnya, korban bisa menjadi stress karena merasa jahat telah menyakiti perasaan pasangannya sendiri. Jauhi jika sudah ada tanda-tanda seperti ini. 

3. Pasangan mulai mengontrol 

Ciri-ciri umum hubungan toxic lainnya adalah sifat mengontrol yang melewati batas wajar. Pasangan yang toxic akan mencoba mengontrol segala hal yang bahkan dari hal kecil sekalipun. 

Misal, pasangan kamu mengontrol cara berpakaian, teman-teman, hingga kegiatan sehari-hari kamu, Ladies. Hal ini tentu membuat kamu tidak dapat mengambil keputusan dan kehilangan kebebasan. Sifat ini adalah pertanda bahwa doi ingin mengontrol hidup kamu supaya tetap bisa diawasi olehnya.

Baca Juga: 5 Kalimat “Aku Cinta Padamu” dalam Berbagai Bahasa Asing

4. Ego tinggi 

Memiliki ego adalah bagi setiap manusia. Namun jika sifat ego seseorang terlalu tinggi, hal tersebut bisa menyebabkan hubungan rusak dan berakhir toxic

Sifat ego yang terlalu tinggi merupakan salah satu tanda bahwa kamu terjebak dalam hubungan tidak sehat. Kondisi ini membuat hubungan kamu dengan dia sering bertengkar.

5. Berkata dan berperilaku kasar

Saling menghormati adalah kunci menjalin hubungan yang sehat dan lancar. Namun tidak semua pasangan memiliki kontrol emosi yang baik.

Seringkali ketika timbul perselisihan hebat, pasangan akan melontarkan kata-kata kasar berkonotasi negatif atau merendahkan, hingga berperilaku kasar bahkan kekerasan. Jika pasangan kamu tidak memiliki kontrol emosi yang baik dan tidak mau mencari solusi bersama, itu tanda kalau kamu terjebak dalam hubungan beracun.

Nah, itu dia beberapa ciri-ciri toxic relationship yang penting untuk kamu ketahui. Intinya, ketika pasangan kamu menunjukkan ciri-ciri tersebut, sebaiknya hindari hubungan ini ya, Ladies. 

Artikel Terkait:

Tips Ciuman Bibir Romantis yang Bikin Mabuk Kepayang 

Bikin Deg-Degan! Inilah 8 Drama Korea dengan Adegan Ciuman Romantis

5 Inspirasi Kado untuk Pacar Cowok, Sederhana Namun Berkesan di Hati

Ssst! 7 Aplikasi Sadap WhatsApp dan Instagram Pacar Tanpa Ketahuan