Ketahui 5 Ciri-Ciri Orang dengan Kepribadian Introvert

0
179

Penulis: Jessica | Editor: Agnes

Wanita introvert seringkali diidentikkan dengan karakter pendiam, acuh, ataupun sombong. Bahkan, tidak jarang pula orang-orang introvert dilabeli sebagai pemalu. Padahal, karakter dari seorang introvert tidaklah sedangkal itu, loh.

Kepribadian seorang introvert cenderung lebih fokus kepada perasaan dan pikiran yang berasal dari dalam diri. Orang dengan kepribadian ini bukan berarti tidak mau bergaul atau bersosialisasi. Agar lebih memahami para introvert, coba simak penjelasan ciri-ciri orang introvert berikut ini.

Lebih Suka Menghabiskan Waktu Sendiri

ciri-ciri orang introvert

Kebahagiaan seorang introvert dapat diperoleh ketika sendirian. Mungkin orang lain bisa menilai dirinya kesepian atau menyedihkan, tetai sebenarnya tidak begitu, loh. Meluangkan waktu sendiri berarti mengisi energi positif untuk berkegiatan sehari-hari.

Saat kita memiliki teman introvert, sebaiknya kita beri ruang cukup luas bagi dia untuk menyendiri. Jangan paksa seorang introvert berada di tengah keramaian saat dia ingin sendiri. Hanya dengan cara itulah dia bisa merasa nyaman berteman dengan Ladies.

Observer dan Problem Solver yang Baik

ciri-ciri orang introvert

Dalam menghadapi sesuatu yang baru, seorang introvert cenderung mengamati dengan seksama terlebih dulu.  Misalnya, saat dia berada di lingkungan baru, dia tidak langsung banyak bicara seperti para ekstrovert. Dia terkesan lebih pendiam sambil mengamati gerak-gerak orang lain sebelum memutuskan harus bersikap seperti apa.

Kemampuan mengamati seorang introvert juga menjadikan dirinya sebagai problem solver yang baik. Beberapa hal yang dilewatkan orang-orang biasanya dapat jeli ditemukan para introvert. Di balik sikap diamnya, ada banyak pemikiran di benak introvert.

Energi Mudah Terkuras di Keramaian

ciri-ciri orang introvert

Introvert tidak pemalu, hanya saja energinya memang gampang terkuras jika berada di tengah keramaian. Ini kebalikan dari para ekstrovert yang justru memperoleh energi saat di tempat yang ramai orang. Dari sini kita tahu, introvert sebenarnya tidak punya masalah dalam sosialisasi.

Biasanya seorang introvert akan mudah lelah setelah bertemu banyak orang. Dia bisa berjam-jam menyendiri untuk memulihkan energinya. Itu sebabnya “me time” seorang introvert amatlah berharga.

Lingkaran Pertemanan Terbatas

ciri-ciri orang introvert

Banyak orang mengecap orang introvert sebagai manusia kurang pergaulan. Memang lingkaran pertemanan introvert terbilang amat kecil. Namun, bukan berarti para introvert tidak punya teman.

Meski teman-teman seorang introvert bisa dihitung jari, kualitas pertemanan yang dimiliki biasanya baik. Hal ini karena para introvert lebih mementingkan kualitas dibandingkan kuantitas.

Hal ini yang membuat orang introvert cenderung tidak butuh banyak teman dalam hidupnya. Cukup segelintir teman yang bisa dipercaya untuk membangun pertemanan yang langgeng.

Pendengar yang Baik

ciri-ciri orang introvert

Di sisi lain, orang introvert juga memiliki kelebihan tersendiri. Salah satunya adalah menjadi sosok pendengar yang baik. Alhasil, banyak orang merasa nyaman curhat atau menitipkan rahasia ke introvert.

Sifat ini juga yang membuat sosok introvert menjadi sahabat terbaik. Apalagi bagi mereka yang butuh bercerita tanpa perlu dinasihati.

Orang introvert tidaklah aneh, dia hanya butuh cara tersendiri untuk bersosialisasi. Nah, apakah Ladies juga termasuk orang berkepribadian introvert?

Baca Juga:

Ini 5 Fakta Tentang Bridal Shower yang Perlu Ladies Ketahui! 

Atasi Rambut Rontok dengan 5 Rekomendasi Vitamin Berikut!

Biar Tetap Sehat, Ini Daftar Suplemen Vitamin C yang Bagus