Hati-Hati, Ini Ciri-Ciri Kadar Kolesterol dalam Tubuhmu Tinggi!

0
217

Penulis: Jessica | Editor: Agnes

Siapa sih yang tidak suka makan gorengan? Di balik enaknya camilan ini, ternyata ada bahaya penyakit kolesterol tinggi jika terlalu sering mengonsumsinya. Di sisi lain, gejala naiknya kolesterol ini sering sulit kita rasakan.

Memang kita butuh memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan kondisi kesehatan tubuh. Namun, beberapa tanda di bawah ini juga mengindikasikan kadar kolesterol dalam tubuh kita cukup tinggi. Apakah salah satu gejalanya pernah Ladies alami? 

1. Nyeri pada Tengkuk

Jangan sepelekan kondisi nyeri pada bagian tengkuk leher kita. Gejala ini memang sangat umum muncul bagi para pekerja, terlebih jika terlalu lama duduk di depan laptop. Tetapi, ada kalanya nyeri di tengkuk menunjukkan kondisi kolesterol sedang tinggi, loh.

Penumpukan plak pada pembuluh darah di area leher menyebabkan aliran darah menuju ke otak menjadi tidak lancar. Alhasil, bagian tengkuk leher pun akan terasa amat nyeri. Andai gejala ini sering atau terus-menerus kita rasakan, ada baiknya cek kondisi kolesterol kita ya.

2. Sakit Kepala

Sebagai wanita karier, mungkin kita memang sering merasakan sakit kepala saat bekerja. Kondisi sakit kepala karena kolesterol tinggi biasanya sangat mengganggu dan amat berat. Nyeri hebat pada tengkuk mengindikasikan kadar kolesterol yang tinggi, sehingga membuat kepala bagian belakang ikut sakit. Hal ini biasanya merupakan lanjutan dari gejala nyeri di area leher. 

Sakit kepala bisa makin akut jika kolesterol tidak kunjung turun. Wajib waspada nih kalau kita mengalami sakit kepala terus-menerus, jangan-jangan ada hubungannya dengan kolesterol!

3. Nyeri Dada

Kadar kolesterol tinggi membuat penumpukan zat lemak di daerah arteri. Akibatnya, dada akan terasa nyeri. Bukan hanya itu, gejala nyeri di dada ini juga rentan menyebabkan serangan jantung.

Nyeri di bagian dada karena kolesterol tinggi mungkin bisa cepat mereda setelah tubuh kembali normal. Namun, banyak orang mengartikan nyeri di dada sebagai tanda normal dari kelelahan. Ladies, yuk mulai sekarang lebih peka juga dengan kondisi tubuh sendiri daripada berujung pada penyakit lebih serius.

4. Kaki dan Tangan Kesemutan

Gejala lain dari kolesterol tinggi yang kerap muncul adalah kesemutan di area kaki dan tangan. Kolesterol yang berlebih membuat suplai darah ke kaki dan tangan sedikit karena adanya penyempitan arteri. Aliran darah yang tidak sesuai inilah yang kemudian menyebabkan kesemutan.

Ada kalanya tingginya kadar kolesterol juga membuat area kaki dan tangan menjadi lebih lemah. Akibatnya, aktivitas sehari-hari pun terhambat. Jika terlalu sering mengalami kesemutan di dua area tersebut, bisa jadi ada masalah kolesterol di tubuh kita.

5. Mudah Lelah

Kadar kolesterol yang terlalu tinggi di dalam tubuh membuat kita cepat lelah. Pasalnya, tingginya kolesterol menghambat asupan oksigen cukup ke seluruh tubuh. Organ dan metabolisme dipaksa bekerja keras, tetapi kondisi pembuluh darah sedang bermasalah.

Jangan heran jika kemudian tubuh menjadi mudah lemas meski tidak melakukan aktivitas berat. Jika gejala ini terlalu sering muncul dalam tubuh kita, ada baiknya cek kadar kolesterol, ya. Siapa tahu penyebab kita mudah kelelahan karena kolesterol yang tak terkontrol ini. 

Itulah gejala-gejala yang dapat menjadi indikasi kolesterol tinggi dalam tubuh kita. Semoga dengan ini kita bisa lebih bijak dalam mengonsumsi makanan ya!

Baca Juga:

5 Rekomendasi Skincare untuk Cowok, Wajah Jadi Bersih dan Terawat!

5 Resep Ati Ampela Ayam Sederhana dan Menggugah Selera

Yuk, Ubah Penampilan! Cara Mudah Bleaching Rambut di Rumah

Sumber

Alodokter (2019). Mencari Tahu tentang Adanya Tanda-Tanda Kolesterol Tinggi. www.alodokter.com

Halodoc (2021). Perlu Tahu 3 Ciri-Ciri Kolesterol Mulai Naik. www.halodoc.com

HelloSehat (2021). Waspada, Ini 7 Tanda Anda Punya Kolesterol Tinggi. www.hellosehat.com