Cara Unregistrasi Kartu yang Sudah Hilang

0
162

Penulis: Gladys | Editor: Agnes

Sejak tanggal 31 Oktober 2017, Kemenkominfo mengeluarkan peraturan agar semua kartu seluler didaftarkan. Hal ini bertujuan untuk menjaga keamanan data kita dan memberi perlindungan dari banyaknya jenis penipuan yang dapat dilakukan melalui SMS, telepon, dan aplikasi lainnya di handphone kita.

Namun, apa jadinya jika kartu yang telah kita daftarkan atau telah kita registrasikan menggunakan identitas kita ternyata hangus atau bahkan hilang? Untuk itulah kita perlu bagaimana cara unregistrasi kartu seluler yang sudah hilang tersebut agar tidak disalahgunakan dan nomor yang terintegrasi dengan identitas kita hanya satu atau single identity number.

Tidak perlu khawatir, Ladies Corner tahu cara mudah yang dapat membantu Ladies untuk segera melakukan unregristrasi agar keamanan data tetap terjaga. Check this out!

1. Unregistrasi dari kartu XL dan Axis

Unreg kartu Axis dan XL yang hilang dapat Ladies lakukan melalui fitur SMS dengan cara:

  • Ketik UNREG#angka di menu SMS pada handphone yang Ladies miliki.
  • Kemudian kirim teks tersebut ke 4444.
  • Tunggu sampai ada SMS balasan yang berasal XL atau Axis.

Selain melalui SMS, kita dapat menghubungi Call Center XL di nomor 817 untuk melakukan unregistrasi. Nantinya, pihak operator Axis dan XL akan melakukan verifikasi pada data yang kita registrasikan lalu memblokir kartu yang hilang tadi. Ladies akan menerima notifikasi mengenai kartu berhasil terblokir dan akan diarahkan untuk pergi ke gerai XL center terdekat buat mendapatkan kartu seluler atau SIM baru dengan nomor yang sama.

Ada juga cara lainnya yang cenderung lebih disukai di masa kini, yaitu melalui media sosial:

  • Kunjungi akun Facebook atau Twitter @myXL.
  • Tulis keinginan untuk unreg kartu XL yang hilang melalui DM.
  • Jangan lupa sertakan nomor kartu yang akan di-unreg, KTP, dan KK.
  • Tunggu pesanmu dibalas dan diverifikasi, proses unreg pun selesai.

2. Unregistrasi dari kartu 3 (Tri)

Pengguna kartu Tri, sini merapat! Cara melakukan unreg kartu Tri yang hilang, hampir sama dengan cara untuk unreg di kartu XL, yakni dengan ketik UNREG#NIK di SMS dan kirim ke 4444.

Cara lain yang dapat Ladies lakukan untuk unreg kartu adalah mengakses website resmi Tri di tri.co.id, lalu lakukan langkah-langkah berikut ini:

  • Pilih “Unreg” untuk melakukan unreg pada kartu yang hilang atau pilih “Registrasi Kartu Prabayar” untuk mendapatkan nomor baru, pengganti nomor yang hilang.
  • Masukkan data sesuai KTP yang digunakan saat registrasi kartu Tri, lalu klik “Minta Kode rahasia”. Kode tersebut akan dikirimkan ke nomor Tri yang akan kita unreg.
  • Kemudian ketikkan kode tersebut pada kolom yang disediakan. Masa berlaku kode hanya lima menit, sehingga Ladies harus cepat memasukkannya.
  • Beri centang pada kolom “I’m not a robot” buat proses validasi, kemudian klik Kirim, selesai!

3. Unregistrasi dari kartu Indosat

Ladies pakainya kartu Indosat? Tenang, ada cara mudahnya juga! Yang pertama melalui SMS:

  • Ketik UNREG#NomorNIK atau UNPAIR#NomorHP# lalu kirim ke 4444.
  • Tunggu SMS balasan dari Indosat.

Kita bisa juga hubungi customer service Indosat di nomor (021) 30003000 untuk melakukan unreg kartu yang hilang atau mendatangi gerai Indosat terdekat dengan membawa KTP dan KK.

4. Unregistrasi dari kartu Smartfren

Untuk unreg kartu Smartfren melalui SMS, berikut langkah-langkahnya:

  • Kirim SMS ke 4444 dengan format UNREG#nomorHP
  • Tunggu SMS balasan dari Smartfren terkait permintaan diproses dan berhasil.

Melakukan unreg dengan mengunjungi situs resmi Smartfren pada mysf.id/unreg juga bisa kita jadikan alternatif. Caranya pun cukup mudah, tinggal ikuti petunjuk yang tertera di website tersebut. mengunjungi gerai Smartfren dengan membawa KK dan KTP juga dapat kita lakukan untuk melakukan unreg pada kartu yang hilang.

5. Unregistrasi dari kartu Telkomsel

Jika kartu Telkomsel yang hilang, datanglah ke gerai Grapari terdekat. Ladies bisa memakai mesin MyGrapari untuk melakukan unreg kartu. Ikuti petunjuk yang tertera pada mesin, lalu siapkan bukti identitas diri yang berupa eKTP, KK, serta 2 nomor telepon yang kita hubungi pada satu bulan terakhir.

Kalau tidak punya waktu untuk datang langsung ke Grapari, coba hubungi Customer Service Telkomsel di 188. Siapkan KTP dan KK untuk memudahkan petugas untuk memblokir kartu yang hilang.

Panduan di atas lengkap mengenai cara unregistrasi kartu yang hilang dari semua operator di Indonesia. Kalau bukan kita, siapa lagi yang aware untuk menjaga keamanan data kita. Yuk segera unreg pada kartu yang hilang atau sudah tidak aktif.

Baca Juga:

Rekam Layar Laptop Tanpa Aplikasi Cari Tahu Caranya di Sini!

Cari Teman atau Pasangan? Cobain 8 Rekomendasi Aplikasi Kencan Online Ini

Wajib Tahu! Begini Cara Membuka dan Download WhatsApp di Laptop