Rekam Layar Laptop Tanpa Aplikasi Cari Tahu Caranya di Sini!

0
230

Penulis: Gladys | Editor: Agnes

Bukan hanya HP yang memiliki fitur bawaan untuk merekam layar. Laptop pun, kini sudah dilengkapi fitur perekam layar sendiri.

Namun, masih banyak di antara kita yang belum mengetahui cara mengaktifkan fitur rekam layar di laptop. Tenang, ikuti perlahan langkah-langkahnya di bawah ini, Ladies.

1. Pastikan laptop kita sudah menggunakan Windows 10.

2. Buka menu Settings/Pengaturan pada laptop, lalu klik Gaming.

3. Pastikan toggle sudah berwarna biru untuk menandakan perekaman layar siap dilakukan. Ikuti perintah yang ada, untuk memulai perekaman layar laptop dengan klik tombol WinKey + G (WinKey adalah tombol pada keyboard dengan lambang Windows).

4. Akan muncul jendela perintah seperti gambar. Klik tombol bergambar bulat untuk mulai merekam.

5. Rekam layar laptop tanpa aplikasi sudah dimulai. Klik tombol berwarna biru untuk berhenti.

6. File rekaman akan tersimpan otomatis di Videos -> Capture. File size-nya lumayan besar, jadi kalau ingin diunggah ke media sosial, sebaiknya dikompres dulu ya, Ladies!

Jika laptop Ladies tidak memiliki Windows 10, jangan bersedih. Rekam layar laptop dapat dilakukan dengan menggunakan bantuan dari aplikasi. Simak sampai habis ya!

1. Quicktime Player

Bagi para desainer maupun programmer, laptop andalan mereka biasanya MacBook. Dengan Quicktime Player ini, rekam layar MacBook jadi semudah menjentikkan jari.

Caranya, download aplikasi terlebih dahulu, lalu buka aplikasinya. Klik menu File, lalu pilih Rekaman Layar Baru. Sama seperti rekam layar laptop di Windows, format video yang dihasilkan adalah mp4, jadi ukuran file-nya lumayan besar.

2. OBS Studio

Buat Ladies yang bercita-cita jadi gamers di YouTube, wajib cobain OBS Studio. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis, bisa merekam hingga 60 frame per second (fps), serta nggak ada watermark-nya!

Merekam layar laptop saat bermain games dengan aplikasi ini, dijamin kayak profesional! Hasil video anti nge-lag dan mulus.

3. VLC Media Player

Pasti Ladies sudah akrab dengan aplikasi yang satu ini? Selain buat nonton, VLC Media Player juga bisa bantu kita untuk merekam layar.

Cara penggunaannya, buka aplikasi dahulu lalu klik Media. Pilih Open Capture Device, kemudian pilih bagian capture mode yang Desktop. Sebelum klik tombol Play, kita bisa tentukan destinasi penyimpanan video hasil rekam dengan klik tanda panah ke bawah di samping tombol Play, lalu klik Convert, dan tentukan folder tujuan. Setelah semua siap, langsung klik Start aja.

4. Flashback Express

Aplikasi yang satu ini juga terkenal di kalangan YouTuber, loh! Selain dapat diunduh secara gratis, fiturnya juga lengkap. Tetapi, butuh laptop berspesifikasi yang cukup tinggi supaya bisa dengan lancar menggunakan aplikasi ini.

5. Movavi

Movavi Screen Recorder Studio ini juga dapat di-download secara gratis melalui website resminya. Aplikasi ini tersedia dengan fitur lengkap dan tidak memerlukan laptop berspesifikasi tinggi.

6. ShareX

Enggak mau hasil output-nya cuma video? Tenang, di ShareX, rekam layar laptop bisa disimpan ke dalam format GIF. Nggak perlu khawatir, aplikasi ini juga bisa kita download secara gratis!

Setelah mengetahui cara-cara merekam layar laptop, pasti jadi enggak sabar untuk langsung praktik. Semoga cara yang kita pilih adalah cara yang paling mudah tanpa memberatkan laptop kita, ya!

Baca Juga:

Download Video YouTube Praktis Pakai 6 Aplikasi Gratis Ini!

Curiga Si Doi Selingkuh? Selidiki Chat Kekasih dengan 6 Aplikasi Sadap WA Ini

Cari Teman atau Pasangan? Cobain 8 Rekomendasi Aplikasi Kencan Online Ini