7 Cara Potong Rambut Sendiri di Rumah, Mudah Kok!

0
171

Penulis: Rina | Editor: Agnes

Lama berdiam diri di rumah akibat pandemi pasti bikin frustrasi ya, Ladies. Nah lebih baik kita mengisi waktu di rumah dengan kegiatan yang bermanfaat, contohnya coba potong rambut sendiri. Coba lihat cermin, sudah seberapa panjang rambut Ladies sekarang? Meskipun menghabiskan waktu lebih sedikit di luar rumah bukan berarti Ladies mengabaikan mahkotamu itu ya.

Merawat rambut bisa menjadi me time yang efektif karena bisa menjaga mood tetap oke. Mau coba potong rambut sendiri di rumah? Let’s get this way!

1. Siapkan peralatan potong rambut

Hal pertama dan yang paling utama adalah harus menyiapkan gunting yang tajam. Tujuannya agar memudahkan Ladies saat memotong rambut. Sebaiknya gunting berbentuk ramping. Jangan pakai gunting yang tumpul atau bahkan gunting kertas, Ladies! Pasalnya gunting yang seperti itu justru akan membuat hasil potong rambut jadi berantakan.

Untuk lindungi pakaian, pakailah kain sebagai coverage. Don’t forget to prepare mirror supaya Ladies enggak salah potong.

2. Basahi rambut

Sebelum mulai memotong rambut, cucilah rambut terlebih dahulu. Rambut basah bisa membuat potongan lebih rapih dan simetris. Lalu sisir rambut menggunakan sisir bergigi rapat supaya rambut lebih tertata dan menampilkan panjang aslinya.

Namun buat Ladies yang punya rambut ikal tidak perlu membasahi rambut sebelum di potong. Langkah ini justru akan membuat panjang rambut Ladies tidak sesuai setelah kering. So, keep it dry!

3. Bagi rambut jadi dua bagian

Bagi yang baru pertama coba potong rambut sendiri, paling aman adalah memotong rambut berbentuk rata. Bagi rambut menjadi dua bagian, lalu pisahkan dengan mengikat masing-masing part dengan karet rambut. Pastikan Ladies membelahnya dengan rata ya! Hasil potongan ini akan membuat rambut berbentuk bob sepundak Ladies.

4. Tarik karet hingga capai pundak

Pada tahap ini, pastikan Ladies terus menatap cermin agar hasil potongnya sesuai. Tandai batas potong dengan karet tersebut. Ladies bisa menarik karet hingga mencapai pundak. Ingat! tanda karet ini menentukan panjang rambut di akhir. 

5. Potong perlahan

Mulai gunting rambut tepat di bawah karet yang tadi kamu tandai. Pastikan Ladies memotongnya sedikit demi sedikit ya, agar bisa menyesuaikan panjangnya. Jangan langsung memotong rambut sekaligus pendek karena nanti hasilnya jadi enggak sesuai dengan panjang yang diharapkan. Jadi Ladies enggak bakal nyesel!

6. Rapikan kembali

Setelah Ladies sudah dapat panjang rambut yang diinginkan, lepas ikatan rambut. Periksa kembali panjangnya, terutama di bagian belakang. Gunakan cermin untuk memeriksa bagian rambut belakang atau minta bantuan orang rumah.

Apabila ada panjang rambut yang masih asimetris, ratakan kembali dengan mengguntingnya perlahan. Butuh kesabaran ekstra untuk tahap ini deh!

7. Sisir and take a mirror!

Last! Rapikan rambut dengan sisir sambil bercermin. Bersihkan juga potongan rambut yang tersisa di tubuh. Jika panjangnya dirasa sudah pas, you did a good job!

So, itulah beberapa cara memotong rambut yang mudah di rumah. Tertarik mencoba? Selain lebih murah, memotong rambut di rumah juga bikin Ladies jadi produktif selama pandemi!

Baca Juga:

Ingin Ganti Warna Rambut? Ini 7 Warna Rambut Hits di 2021

Intip 7 Ombre Hair Warna Rambut untuk Kulit Sawo Matang

Atasi Rambut Rontok dengan 5 Rekomendasi Vitamin Berikut!