Ini Cara Merawat Tanaman agar Tidak Layu dan Subur

0
178

Penulis: Marcia | Editor: Agnes    

Memiliki tanaman di rumah dapat menjadi stress healing yang menyenangkan. Namun kita perlu merawat tanaman dengan baik agar tidak layu dan tetap subur. Sayangnya, terkadang kita belum mengetahui cara merawat tanaman dengan benar.

Nah, berikut ini Ladies Corner memberikan beberapa tips cara merawat tanaman. Dijamin, tanaman makin cantik, segar, dan subur!

Penyebab Tanaman Layu dan Tidak Tumbuh Subur

Ada banyak alasan mengapa tanaman tumbuh lambat bahkan sering layu. Kemungkinan besar adalah perawatan yang belum tepat, mulai dari penyiraman yang berlebihan hingga kekurangan nutrisi.

Kandungan nitrogen, fosfor, dan kalium adalah nutrisi utama yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tanaman. Tidak terkena cahaya dalam jumlah yang ideal juga akan menyebabkan tanaman tumbuh tidak subur.

Langkah Merawat Tanaman

Ada tiga kunci utama membuat tanaman tidak layu dan tumbuh subur, yaitu kualitas tanah, nutrisi, dan pencahayaan yang baik. Berikut penjelasan rincinya.

1. Tanah

Tanah yang baik adalah tanah seimbang yang memiliki tingkat air, udara, dan nutrisi optimal. Jika konsistensi tanah terlihat menggumpal, itu berarti kualitas tanah cukup renda. Penggumpalan juga bisa berarti bahwa tidak cukup air dan udara yang sampai ke akar.

Padahal tumbuhan membutuhkan nutrisi berupa nitrogen, fosfor, dan kalium agar tetap subur. Salah satu cara mengetahui kadar nutrisi tanah adalah dengan uji tanah lewat alat digital yang bisa dibeli di toko tanaman.  Dengan mengetahui komposisi NPK (nitrogen, fosfor, kalium) tanah, kita akan lebih tahu jenis pupuk yang akan digunakan.

2. Nutrisi

Pupuk adalah satu-satunya cara paling efektif untuk mempercepat pertumbuhan tanaman. Kandungan nitrogen pada pupuk membantu merangsang pertumbuhan tanaman. Sementara itu, fosfot dan kalium dibutuhkan untuk membangun akar dan bunga yang kuat.

Pupuk organik dan kimia akan memberikan nutrisi yang diperlukan tanaman dengan cara yang sedikit berbeda. Secara umum, pupuk kimia memberikan nutrisi yang lebih cepat, sedangkan pupuk organik tumbuh lebih alami. Berilah pupuk setiap dua minggu sekali di pagi hari.

3. Pencahayaan

Lokasi atau penempatan tanaman juga merupakan faktor penting dalam memelihara tanaman. Semua tanaman membutuhkan sinar matahari melakukan fotosintesis, sehingga dapat memproduksi energi.

Beberapa jenis tanaman membutuhkan banyak sinar matahari untuk tumbuh lebih cepat. Sebaliknya, ada tanaman yang menyukai tumbuh di dalam ruangan sehingga membutuhkan lebih sedikit sinar matahari.

Pelajari jenis tanaman yang akan dibeli. Pastikan kita tahu asupan cahaya untuk tanaman tersebut. Lalu, ukur tingkat cahaya di rumah menggunakan pengukur cahaya jika ingin ditempatkan di dalam ruangan.

Itulah cara merawat tanaman agar tidak tumbuh layu dan cepat subur. Sirami tanaman secukupnya setiap hari pada pagi atau malam hari, memastikannya bebas dari hama, dan memangkas rutin daun-daun yang sudah mati. Happy gardening, Ladies!

Baca Juga:

10 Kumpulan Lagu Perpisahan Sekolah yang Memorable

Bikin Doi Mabuk Kepayang, Coba 5 Trik Ciuman Bibir Romantis

Cek Keserasian Kamu dan Pasangan Lewat Weton, Yuk!