Hanya 5 Menit! Begini Cara Meningkatkan Kepintaran

0
119

Penulis: Jessica | Editor: Agnes

Saat tumbuh dewasa, pikiran dan kecerdasan kita masih bisa berkembang. Bahkan, beberapa cara meningkatkan kepintaran kita dengan sederhana, loh. Tanpa harus belajar formal seperti dulu, kita bisa kok tambah cerdas.

Kegiatan-kegiatan ini efektif merangsang otak kita untuk terus berpikir. Kalau rutin dilakukan, bisa jadi kepintaran kita ikut naik. Coba cermati hal-hal berikut ini dulu ya!

Mind Mapping

Ladies, seberapa sering kita menggunakan mind mapping saat bekerja? Menuangkan kerangka berpikir lewat mind mapping ternyata dapat meningkatkan kepintaran loh. Medianya pun sederhana, salah satunya menggunakan sticky notes.

Kegiatan mind mapping merangsang otak kita untuk mencari sumber masalah hingga akar-akarnya. Metode ini melatih kita berpikir lebih kritis. Alhasil, kecerdasan kita pun dapat pelan-pelan naik jika rutin menggunakan mind mapping saat membuat rencana atau menyelesaikan masalah.

Membaca Ringkasan Buku

Meningkatkan kepintaran jelas dapat dilakukan lewat membaca buku. Namun, apa jadinya jika kita merupakan orang yang tidak suka baca buku? Membaca ringkasan buku secara cepat adalah solusinya.

Saat ini sudah ada beberapa aplikasi yang menyediakan ringkasan suatu buku untuk dibaca pembaca. Salah satunya adalah Blinkist. Cukup dengan meluangkan waktu 5-10 menit per hari, kegiatan membaca cepat ini efektif merangsang kecerdasan kita.

Memainkan Brain Games

Kegiatan berupa permainan juga bisa meningkatkan kepintaran, loh. Beberapa jenis brain games yang disarankan antara lain puzzle, catur, teka-teki silang, sudoku, rubik, dan lain-lain. Tentunya permainan-permainan tadi sudah cukup familier kan?

Brain games dipercaya dapat melatih daya ingat menjadi kian baik dari waktu-waktu. Efeknya, kepintaran serta kecerdasan pun meningkat. Intinya, cobalah mainkan saja permainan yang butuh pemikiran otak di waktu senggang.

Mendengarkan Musik

Kegiatan mendengarkan musik bukan sekadar untuk bersenang-senang. Rutin menikmati musik ternyata menjadi asupan nutrisi penting bagi otak. Apalagi jenis musik tertentu dipercaya melatih kecerdasan otak, misalnya musik klasik dan jazz.

Jadi, tidak ada salahnya nih kita membiasakan telinga untuk mendengar melodi-melodi dari sebuah musik. Kegiatan ini dapat kita lakukan di tengah aktivitas atau bahkan menjelang tidur. Selain membuat hati lebih tenang, musik juga efektif meningkatkan kepintaran kita.

Belajar Kosakata Bahasa Asing

Kegiatan yang terakhir ini cukup unik. Melatih dan menghafalkan kosakata bahasa asing di pagi hari dapat meningkatkan kepintaran. Cara ini paling baik dilakukan saat bangun pagi, lebih tepatnya sebelum memulai banyak aktivitas.

Tidak perlu menghafal banyak, cukup lima hingga sepuluh kosakata saja. Andai dilakukan tiap hari, bukan hanya kian mahir berbahasa asing loh. Belajar dengan cara ini juga membuat otak kita makin bertumbuh sekaligus berkembang baik.

Jadi, cara mana yang mau kita aplikasikan setiap hari? Rasanya sih memulai dengan membaca ringkasan buku cukup ampuh meningkatkan kepintaran kita ya, Ladies. Coba membaca cerpen dan novel juga bisa, loh.

Baca Juga:

Ini Dia 6 Jenis Obat Alergi yang Ampuh Meredakan Gatal

Suka Memelihara Kucing? Ini Fakta Kucing Kesayanganmu!

Seru dan Menegangkan! Ini 10 Film Dewasa yang Bagus di Netflix