Begini Langkah dan Cara Mengurus Surat Cerai

0
159

Penulis: Raizza | Editor: Agnes

Dalam membangun bahtera rumah tangga, setiap pasangan pasti menginginkan hubungan yang bisa berlangsung lama dan selamanya. Namun, segala hal bisa terjadi, termasuk adanya masalah yang mengakibatkan muncul keputusan untuk bercerai.

Namun, seperti halnya menikah, bercerai juga membutuhkan sejumlah aturan, Ladies. Jika Ladies memutuskan untuk menjalani proses pahit ini, berikut Ladies Corner bantu bagikan cara mengurus surat perceraian. 

Cara Mengurus Surat Cerai

Kata-Kata Bijak Putus Cinta

1. Mempersiapkan sejumlah dokumen yang dibutuhkan

Dalam proses mengajukan surat gugatan perceraian ada sejumlah dokumen yang harus Ladies persiapkan di antaranya:

  • Surat nikah (asli) kedua pasangan
  • Fotokopi surat nikah (2) lembar dengan bermaterai dan dilegalisir
  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Fotokopi Kartu keluarga (KK)
  • Jika memiliki anak, maka lampirkan fotokopi akta kelahiran anak

Lalu, jika Ladies menyertakan dengan gugatan harta bersama, dibutuhkan juga beberapa dokumen lagi. Misal sertifikat tanah, surat kendaraan bermotor (STNK atau BPKB) atau mungkin kwitansi jual beli.

2. Mengungkapkan fakta permasalahan beserta alasan permohonan

Untuk proses gugatan cerai, semua pihak memiliki hak untuk mengajukannya, baik istri maupun suami. Jika Ladies yang mengurus surat perceraian, maka itu artinya Ladies bertindak sebagai penggugat.

Maka dari itu, Ladies akan diarahkan untuk mengungkapkan fakta-fakta terkait masalah yang dihadapi dan alasan permohonan cerai tersebut. Tentunya cerita tersebut harus berdasarkan fakta sebenarnya, dibuat jelas dan tanpa ada paksaan, ya.

3. Membuat surat gugatan cerai

Setelah menuliskan semua fakta kejadian, maka selanjutnya Ladies sudah bisa membuat surat gugatan cerai. Nantinya di dalam surat tersebut terdapat identitas lengkap dari penggugat dan tergugat, alasan yang mendasari pengajuan permohonan, serta permohonan apa saja yang diajukan (petitum).  Petitum ini adalah istilah dari tuntutan yang diminta penggugat agar bisa dikabulkan oleh hakim.

4. Menyiapkan biaya untuk perceraian

Dalam proses pengajuan gugatan, ada biaya yang perlu Ladies keluarkan. Nominalnya pun berbeda-beda, tergantung pada kebijakan pengadilan.

Sebagai penggugat, Ladies perlu menyiapkan biaya untuk membayar beberapa hal di antaranya: biaya pendaftaran perkara, administrasi, biaya proses, redaksi, biaya panggilan (penggugat 2 kali dan tergugat 3 kali) serta materai. Untuk biaya panggilan, tergantung pada jarak tempat tinggal kedua pihak dari pengadilan.

5. Mendaftarkan gugatan cerai ke pengadilan

Setelah semua hal dan dokumen sudah dipersiapkan, Ladies bisa segera mendaftarkan gugatan cerai ke Pengadilan Agama atau Pengadilan Negeri. Pendaftaran ini harus disesuaikan dengan wilayah kediaman pihak tergugat. Jika Ladies yang akan menggugat suami, maka Ladies harus mengajukan gugatan tersebut di pengadilan tempat suami Ladies.

6. Mengikuti alur proses perceraian dari pengadilan

Setelah surat cerai sudah dibuat dan didaftarkan ke pengadilan, maka pihak pengadilan akan mengirim panggilan kepada kedua belah pihak, baik penggugat dan tergugat. 

Kemudian sidang pertama pun siap untuk dilakukan. Namun, sebelumnya, Ladies bisa menyiapkan beberapa orang saksi yang bisa memperlancar proses persidangan.

Demikianlah cara membuat surat perceraian beserta tahapan pengajuannya. Semoga bisa membantu ya, Ladies!

Baca Juga:

Cara Mengurus Surat Numpang Nikah Wanita

Bagi Pekerja Wajib Tahu Contoh dan Struktur Surat Izin Kerja

Bagi Jobseeker, Ini Dia Contoh Daftar Riwayat Hidup