Wajib Tahu! Ini Cara Mengobati Selangkangan yang Gatal

0
65

Penulis: Jessica | Editor: Agnes

Pernahkah merasa area selangkangan terasa gatal dan membuat tidak nyaman? Sepertinya beberapa wanita pasti pernah mengalaminya ya, Ladies. Rasa gatal yang muncul terus-menerus di area selangkangan justru membikin aktivitas harian kita tersendat.

Lalu, bagaimana  caranya mengurangi rasa gatal tersebut? Berikut ini ada beberapa langkah alami yang dapat dilakukan saat muncul sensasi gatal di selangkangan kita. Ada juga ulasan tentang penyebab serta bagaimana cara menjaga selangkangan dengan baik.

Penyebab Selangkangan Gatal

Selangkangan-Gatal

Penyebab pertama munculnya rasa gatal pada selangkangan adalah kondisi vaginosis bakterialis. Adanya ketidakseimbangan bakteri dalam vagina menjadi pemicunya. Jumlah bakteri normal Lactobacillus dalam vagina jauh lebih sedikit daripada bakteri anaerob. Akibatnya, wanita mengalami keputihan dengan tekstur encer berwarna putih.

Infeksi jamur menjadi penyebab selanjutnya. Beberapa hal yang menimbulkan infeksi ini antara lain hubungan seksual, kehamilan, konsumsi obat tertentu, hingga menurunnya daya tahan tubuh. Saat terjadi infeksi jamur, bagian selangkangan akan terasa mudah gatal.

Cara Alami Mengatasi Selangkangan Gatal

Selangkangan-Gatal

Sebenarnya gatal di area selangkangan dapat berangsur-angsur menghilang hanya dengan perawatan alami di rumah. Dilansir dari Alodokter, berikut langkah-langkah yang dapat kita terapkan, Ladies.

  • Bersihkan area yang terkena infeksi dengan sabun dan air hangat. Jangan lupa pastikan kondisi tangan kita sudah bersih, baik sebelum ataupun sesudahnya.
  • Disiplin mengeringkan area infeksi setelah mandi atau saat berkeringat dengan handuk bersih.
  • Hindari penggunaan pakaian yang dapat menggosok atau melukai area infeksi di selangkangan.
  • Pakai serbuk antijamur sebagai upaya pengendalian infeksi, contohnya miconazole, clotrimazole, terbinafine, atau tolnaftate.

Cara Menjaga Selangkangan Selalu Bersih

Selangkangan-Gatal

Untuk menjaga agar selangkangan tidak terlalu sering gatal, kita tentu harus menjaga area tersebut tetap bersih. Beberapa cara yang dapat kita lakukan antara lain:

  1. Jangan menggaruk selangkangan. Kebiasaan menggaruk pada area tersebut hanya dapat menimbulkan iritasi yang berbahaya. Jika rasa gatal sesekali muncul, cukup siram dengan air dingin untuk meredakannya.
  2. Batasi penggunaan celana ketat. Celana yang terlalu ketat akan membatasi pertukaran udara di area selangkangan. Organ reproduksi pun menjadi mudah lembap dan menjadi ladang subur bagi tumbuhnya jamur.
  3. Biasakan penggunaan air garam. Garam dikenal punya kandungan antibakteri yang baik. Campurkan sedikit garam pada air hangat, lalu siramkan perlahan ke area selangkangan. Kebiasaan ini dapat membantu mencegah munculnya gatal di selangkangan loh.
  4. Menjaga area selangkangan selalu bersih dan kering. Rajinlah mandi dua kali sehari dan pastikan mengeringkan selangkangan tiap habis mandi. Tak hanya itu, lakukan hal ini setiap habis buang air kecil atau besar. Kondisi selangkangan yang senantiasa terjaga kelembapannya akan terhindar dari pertumbuhan bakteri penyebab rasa gatal.

Semoga informasi tadi dapat berguna buat kita ya. Ingat, kunci menghilangkan gatal pada selangkangan adalah menjaga kebersihan agar tidak mudah terkena bakteri ataupun infeksi!

Baca Juga:

7 Bahan Alami Memutihkan Selangkangan Hitam, Terbukti Efektif!

Ampuh! Cerahkan Miss V dengan Perawatan Bahan Alami Ini

Dijamin Ampuh! Ini 7 Bahan Alami Untuk Menghilangkan Kulit Gatal