Aman dan Ampuh, Inilah 5 Cara Mengobati Bisul secara Alami

0
104

Penulis: Jessica | Editor: Agnes

Bisul memang bisa dibilang tidak begitu membahayakan. Namun, bisul pastinya membuat Ladies jadi enggak nyaman dan merasakan sakit. Itu sebabnya orang lebih suka mencari cara alami untuk mengobati bisul agar cepat sembuh.

Nah, kita sebenarnya bisa loh mengatasi bisul secara mandiri di rumah sebelum terlanjur menjadi lebih parah. Coba simak cara alami mengobati bisul berikut ini ya, Ladies. Siapa tahu hal-hal ini dapat menjadi pertolongan pertama ketika muncul bisul!

1. Kompres dengan Air Hangat

Celupkan handuk bersih ke air hangat, pastikan suhunya tidak terlalu panas, ya. Peras sedikit, kemudian kompres ke area bisul selama kurang lebih dua puluh menit, Ladies. Lakukan sebanyak 3-4 kali dalam sehari.

Mengompres dapat mengobati bisul secara alami. Dengan cara ini, aliran darah di area bisul dapat meningkat. Alhasil, leukosit serta antibodi dalam tubuh dapat mengalir lebih lancar untuk melawan infeksi yang timbul. Mudah buat dilakukan di rumah kan?

2. Manfaatkan Tea Tree Oil sebagai Antiseptik

Tea tree oil dikenal ampuh mengatasi ragam jenis jerawat. Ladies, minyak ini ternyata juga efektif mengobati bisul dengan lebih alami loh. Hal ini disebabkan oleh kandungan antibakteri serta antiseptik dalam tea tree oil yang tinggi.

Namun, kita tidak bisa asal langsung mengoleskan ke area bisul. Kita mesti mencampurnya dulu dengan minyak zaitun ataupun minyak kelapa. Lima tetes tea tree oil dicampur dengan satu sendok teh minyak zaitun. Lalu, oleskan campuran minyak tersebut ke area bisul dengan memakai kapas.

3. Oleskan Bubuk Kunyit pada Bisul

Bubuk kunyit dapat dijadikan obat alami buat bisul selanjutnya. Bahan ini memiliki kandungan antiradang sekaligus antibakteri yang baik. Kita dapat mengonsumsinya dengan dua cara, yakni dioleskan pada bisul dan diminum.

Campur bubuk kunyit dengan air sampai teksturnya menyerupai pasta, lalu oles pada bisul sebanyak dua kali sehari. Sementara jika ingin meminumnya, kita harus mencampurkan satu sendok teh bubuk kunyit ke dalam air mineral. Konsumsi sebanyak tiga kali sehari untuk mendapatkan penyembuhan lebih baik pada bisul.

4. Gunakan Lidah Buaya

Selain tea tree oil dan bubuk kunyit, kita juga bisa memanfaatkan lidah buaya sebagai media mengobati bisul secara alami. Kupas bagian kulit lidah buaya agar kita memperoleh bagian dagingnya yang berwarna bening. Teksturnya sendiri berupa gel yang dingin jika mengenai kulit.

Andai tidak mau repot, kita juga boleh memakai gel aloe vera yang banyak tersedia di pasaran. Cukup oleskan gel tersebut ke area bisul dengan gerakan memutar, biarkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air bersih. Lakukan dua kali sehari untuk pengobatan lebih maksimal.

5. Larutkan Garam Epsom

Terakhir, garam epsom juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati bisul. Garam ini sebenarnya sudah dikenal memberikan efek menenangkan saat dilarutkan ke dalam air mandi. Siapa sangka, garam epsom berkhasiat meredakan bisul juga loh.

Kita cukup mencampurkan garam epsom ke dalam air hangat, lalu celupkan handuk bersih ke larutan tersebut. Tempelkan pada area bisul selama dua puluh menit. Obat alami ini sanggup mengeringkan nanah yang ada di dalam bisul.

Semoga informasi di atas cukup berguna untuk Ladies yang sedang mengalami bisul. Ingat, jangan suka pencet bisul ya, bisa-bisa malah makin parah, loh!

Baca Juga:

Ini Dia 6 Jenis Obat Alergi yang Ampuh Meredakan Gatal

Terbukti Ampuh dan Efektif! Ini 7 Rekomendasi Obat Batuk dan Flu Dewasa

Mata Merah dan Gatal? Ini 7 Rekomendasi Obat Tetes Mata Terbaik yang Bisa Kamu Coba