Jangan Sampai Salah, Begini Cara Mengisi dan Mengecek Token Listrik

0
104

Penulis: Gladys | Editor: Agnes

Pengguna baru token prabayar, sudah tahukah Ladies cara mengisi dan mengecek token listrik yang benar? Jika belum, tidak perlu khawatir, tim Ladies Corner telah merangkumnya dalam artikel ini.

Penggunaan listrik prabayar diluncurkan oleh pemerintah sejak 2008 silam, namun penggunaannya belum menyebar ke seluruh Indonesia. Padahal listrik prabayar ini cukup menguntungkan bagi konsumen karena kita bisa mengontrol penggunaannya sendiri karena nominalnya cukup bervariasi, mulai dari Rp20 ribu, Rp50 ribu, Rp100 ribu, Rp200 ribu, Rp500 ribu, dan Rp 1 juta.

Kenali Alat Meteran Listrik

Bargainser atau meteran listrik ini adalah alat yang harus kita pelajari terlebih dulu sebelum mulai menggunakan listrik prabayar. Fungsi tombol-tombolnya:

  1. Nomor Meter atau ID Pelanggan adalah 11 digit nomor yang terletak di bagian paling atas bargainser. Kita membutuhkan 11 digit ini untuk membeli token listrik.
  2. Layar LCD berfungsi untuk menampilkan 20 digit token yang kita dapatkan setelah melakukan pembelian, serta menampilkan kWh token listrik yang kita miliki saat ini.
  3. Untuk memasukkan 20 digit token, ada deretan tombol angka dari 1-9 yang bisa digunakan, dilengkapi tombol backspace untuk menghapus dan tombol enter untuk menginput token listrik jika sudah sesuai.
  4. Jika lampu indikator LED berwarna hijau, artinya token listrik masih sangat banyak. Jika berwarna kuning, artinya token listrik yang dimiliki cukup banyak, dan jika berwarna merah artinya token listrik milikmu hampir habis. Jika lampu berwarna merah dan berkedip-kedip disertai dengan bunyi, artinya token listrik kritis atau bahkan telah habis.

Membeli Token Listrik

Cara Mengatasi Hp Disadap

Sekarang, ada banyak sekali tempat maupun aplikasi yang dapat membantu kita membeli token listrik. Ladies bisa pilih salah satu dari bawah ini:

  1. Kantor PLN.
  2. Bank-bank BUMN maupun Bank Swasta yang bekerja sama dengan PLN seperti BRI, BNI, Bank Mandiri, BCA, dan masih banyak lagi. Bank-bank tersebut menyediakan fasilitas pembelian token listrik melalui ATM, SMS banking atau Mobile Banking (M-Banking).
  3. Tempat jual pulsa terdekat dari rumah.
  4. Minimarket terdekat, seperti Indomaret dan Alfamart.
  5. Website yang menjual token listrik, seperti Sepulsa.com.
  6. Uang elektronik seperti T-CASH, Dompetku, dan
  7. Melalui aplikasi seperti Gojek, Tokopedia, Shopee, BukaLapak, dan lain-lain.

Di masing-masing tempat, ada panduannya tersendiri yang dapat diikuti dengan mudah.

Cara Memasukkan Token Listrik

Jika sudah membeli token, kurang lebihnya Ladies akan mendapatkan info seperti gambar. Yang kita masukkan ke bargainser adalah angka yang terdiri dari 20 digit.

  1. Masukkan 20 digit angka tersebut ke meteran listrik.
  2. Cek ulang terlebih dulu, jika ada kesalahan, hapus dengan menggunakan tombol backspace dan masukkan ulang kodenya. Jika sudah benar, tekan tombol enter.
  3. Tunggu sampai ada tulisan Benar atau Accept, untuk menandakan kode yang kita input sudah benar. Jika tulisan yang muncul Salah atau Reject, artinya kita harus mengulang memasukkan 20 digit kode token listrik.
  4. Saat kode yang dimasukkan sudah benar, kita akan melihat jumlah kWh yang kita miliki.

Cara Mengecek Token Listrik

1. Secara Online

Ladies bisa mengecek sisa token listrik secara online dengan mengunjungi laman  layanan.pln.co.id/InfoPrepaid.html. Masukkan informasi yang dibutuhkan, seperti Nomor Meter atau ID Pelanggan, kemudian isi nama pelanggan, kelompok tarif (R1 untuk rumah tangga reguler atau R1T untuk rumah tangga tidak mampu), dan besaran daya listrik di rumah (450 V, 900 V, 1300 V, atau lainnya). Setelah selesai, klik ‘Cari’. Akan muncul riwayat pembelian dan pemakaian listrik. Mudah, kan?

2. Secara Langsung

Jika tidak ingin ribet, kita juga bisa mengecek sisa token listrik dengan melihatnya pada layar di bargainser. Namun perlu diingat, letak bargainser yang biasanya agak tinggi, membuat kita harus naik kursi atau minta tolong ke anggota keluarga lain yang lebih tinggi untuk melihat sisa token yang tertera di layar.

Listrik prabayar dengan token ini adalah program Listrik Pintar dari pemerintah. Sebagai warga negara yang baik, yuk kita ikuti anjuran pemerintah dan hemat dalam menggunakan listrik untuk menyayangi bumi.

Baca Juga:

Wajib Tahu! Begini Cara Cek Nomor BPJS Ketenagakerjaan

Wajib Tahu! Cara Mudah Validasi NIK KTP Cukup dari Rumah

Yuk Cari Tau Perbedaan Purging dan Breakout Wajah