Ternyata Ini Akibat dan Cara Menghindari Pergaulan Bebas

0
149

Penulis: Raizza | Editor: Agnes

Umumnya, masa remaja itu memang masa yang tepat untuk bisa mengeksplorasi banyak hal. Hal ini karena di usia tersebut, kita perlu menambah pengalaman dan pelajaran sebelum akhirnya menuju proses yang lebih baik lagi, yaitu pendewasaan diri.

Namun, sayangnya di masa tersebut juga, kita rentan terkena hal-hal buruk, seperti halnya pergaulan bebas. Satu langkah saja salah, maka dampaknya bisa jauh ke depan, loh. Berikut ini Ladies Corner bagikan akibat dan cara menghindari pergaulan bebas. 

Akibat Pergaulan Bebas

Cara Menghindari Pergaulan Bebas

1. Memicu perilaku buruk lainnya muncul

Dari sisi psikologis, pergaulan bebas bisa berdampak pada timbulnya perilaku buruk lainnya. Ketika kita sudah masuk dalam lingkungan ini, otomatis kita akan berpikir bahwa apa yang dijalani itu adalah benar. Omongan dari orang lain jadi tidak akan masuk di telinga, Ladies!

Lalu, setelah itu, timbul keinginan untuk bisa terus mencoba dan mengeksplor lebih banyak lagi perihal dunia tersebut. Alhasil perilaku seperti minum alkohol, narkoba, mencuri dan tindakan berbahaya lainnya sulit untuk dihindari

2. Timbul konflik dan masalah dalam keluarga

Selanjutnya, dampak pergaulan bebas tidak hanya mengenai diri sendiri tetapi juga bisa berkaitan dengan orang di sekitar, terutama keluarga. Hal ini lantaran apa yang kita anggap benar tidak sejalan dengan pandangan mereka. 

Norma-norma baik yang sudah diajarkan dalam keluarga menjadi runtuh karena adanya pergaulan bebas. Pada akhirnya, yang terjadi setiap hari adalah konflik dan keributan. Suasana rumah pun menjadi tidak asik dan semakin asing.

3. Prestasi menurun

Akibat lainnya yang terasa dan terlihat sangat jelas adalah prestasi akademik menurun. Sekali pun kita tidak pernah menjadi juara kelas atau bahkan mendapat rangking, tetapi penurunan prestasi tetap terjadi pada anak yang masuk ke dalam pergaulan bebas.

Hal ini karena hari-hari kita hanya dipenuhi dengan kegiatan yang tidak produktif dan buruk. Bahkan tidak hanya aktivitas yang nyata, pikiran pun bisa ikut tidak produktif.

4. Mendapat stigma buruk dari lingkungan

Selain keluarga, aktivitas kita juga akan dipantau oleh orang-orang di lingkungan sekitar. Apalagi jika kita harus terjun dalam pergaulan bebas, pastinya omongan dan stigma negatif tidak bisa dihindari.

Jika hal ini sudah terjadi, cukup sulit untuk bisa mengembalikan kepercayaan dan penilaian dari mereka, loh.

5. Menimbulkan berbagai macam penyakit

Hal terakhir yang mungkin dan pasti terjadi dari adanya pergaulan bebas adalah timbul berbagai macam penyakit. Mulai dari reiter, sifilis, herpes, gonore, ulkus, HIV AIDS, dan masih banyak lagi. Bagi beberapa orang mungkin penyakit tersebut tidak berbahaya, tetapi bersikap meremehkan hanya akan menimbulkan dampak yang lebih buruk.

Cara Menghindari Pergaulan Bebas

Cara Menghindari Pergaulan Bebas

1. Menanamkan nilai agama, norma, dan hal-hal baik dalam diri

Hal pertama yang harus dilakukan dalam menghindari pergaulan bebas adalah menanamkan nilai-nilai baik dalam diri, terutama agama dan norma. Kedua hal ini bisa menjadi fondasi yang kokoh untuk melindungi kita dari godaan pergaulan yang buruk.

2. Mendengarkan pesan baik dari orang tua

Orang tua adalah sosok yang terdekat dalam kehidupan setiap orang. Berkat merekalah segala hal dapat kita pelajari. Untuk itu, membangun hubungan yang baik dengan mereka adalah cara yang tepat agar kita tidak salah pergaulan. Dengarkan setiap petuah dan nasihat baik yang mereka berikan, maka arah yang kita lalui bisa lebih terkontrol.

3. Selektif dalam memilih lingkungan pertemanan

Pergaulan bebas muncul dari lingkungan pergaulan yang kita pilih. Itu artinya, carilah lingkungan pertemanan yang jauh dari hal-hal negatif dan menjerumuskan. Tidak usah takut tidak memiliki teman! Terkadang bersikap selektif sangat diperlukan.

4. Lakukan lebih banyak aktivitas positif

Dari lingkungan yang baik, tentu aktivitas yang dijalani juga bisa mengarah pada hal-hal positif. Untuk itu, manfaatkanlah waktu muda yang kita miliki untuk sesuatu yang lebih berguna bagi diri sendiri dan orang lain, apalagi yang berkaitan dengan masa depan.

5. Tidak menggunakan media sosial secara berlebihan

Terakhir yang mungkin dianggap sepele adalah penggunaan media sosial. Yap! Memang dampak media sosial terhadap kegiatan kita itu cukup besar, salah satunya dalam hal pergaulan. Jadi, batasi penggunaannya dan gunakan untuk hal-hal baik ya, Ladies!

Itulah dari dampak dan cara mengatasi pergaulan bebas. Semoga kita dan orang-orang sekitar tidak terjerumus di dalamnya ya, Ladies!

Baca Juga:

Kumpulan Kata-Kata Bijak Putus Cinta Menyentuh Hati

Bikin Doi Mabuk Kepayang, Coba 5 Trik Ciuman Bibir Romantis

5 Hal yang Perlu Kamu Pahami Seputar Nymphomaniac