Cara Menghilangkan Noda Membandel pada Baju Putih Secara Praktis dan Ekonomis

0
29

Penulis: Aisyah | Editor: Agnes

Baju berwarna putih menjadi item paling dasar yang wajib dimiliki oleh setiap orang. Hal ini karena baju putih dapat dipadukan dengan warna apapun. Namun, pada kenyataannya perawatan baju putih cukup rumit karena mudah terkena noda membandel. 

Noda ini biasanya muncul di kerah atau pada bagian ketiak. Hal ini disebabkan oleh keringat yang bercampur dengan bakteri sekaligus deodoran, sehingga membentuk warna kuning yang melekat di baju.

Lantas bagaimana cara menghilangkannya? So, langsung saja simak penjelasan selengkapnya, Ladies.

1. Menggunakan Belimbing Wuluh 

cara-menghilangkan-noda

Belimbing wuluh memiliki zat asam yang dapat menghilangkan noda pada pakaian berwarna putih. Caranya cukup sederhana, kita hanya perlu memotong buah tersebut menjadi dua bagian. Setelah itu, gosokkan potongan belimbing wuluh pada noda pakaian. Selanjutnya, diamkan selama 30 menit dan cuci menggunakan detergen.

2. Menggunakan Aseton

cara-menghilangkan-noda

Aseton biasa digunakan untuk menghilangkan atau membersihkan kuteks yang sering kita gunakan, Ladies. Selain membersihkan kuku, ternyata aseton mampu menghilangkan bercak noda yang muncul pada pakaian putih.

Kita hanya perlu menuangkan aseton pada noda pakaian dan diamkan 30 menit. Setelah itu, kamu bisa mengucek pakaian atau menyikatnya. Supaya semakin bersih dan wangi, kamu bisa menyuci kembali menggunakan detergen. 

3. Menggunakan Aspirin 

cara-menghilangkan-noda

Umumnya penyebab baju menjadi kuning yaitu karena penggunaan deodoran. Nah, untuk mengatasi hal ini kamu bisa menggunakan aspirin. Kandungan asam salisilat yang terdapat dalam aspirin memiliki sifat asam yang mampu memutihkan pakaian tanpa merusak struktur kain. 

Caranya pun cukup mudah, kita hanya perlu melarutkan aspirin di dalam wadah lalu rendam pakaian tersebut selama 2 jam. Setelah itu, bilas pakaian hingga bersih lalu keringkan di bawah sinar matahari.

4. Menggunakan Lemon 

cara-menghilangkan-noda

Selain rasanya segar, lemon juga mampu menghilangkan noda membandel pada pakaianmu loh, Ladies. Kita hanya perlu mencampurkan lemon dengan air hangat, lalu mengaduknya hingga rata.

Setelah itu, rendam baju tersebut selama satu jam di dalam larutan lemon. Selanjutnya, kita hanya perlu membilas baju sekitar dua hingga tiga kali, lalu jemur hingga kering.

5. Menggunakan Asam Cuka Dapur 

cara-menghilangkan-noda

Siapa sangka asam cuka ternyata dapat digunakan sebagai pemutih pakaian, loh. Zat yang terkandung di dalamnya dinilai mampu menghilangkan noda yang sulit luntur. Sifat asam pada cuka juga mampu melunakkan kotoran yang melekat pada baju. 

Kita hanya perlu menuangkan secangkir cuka ke dalam bak berisi air hangat. Setelah itu, rendam pakaian dalam selama satu jam. Kamu bisa menyikat noda membandel menggunakan sikat gigi atau sikat khusus pakaian. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, jangan lupa cuci dengan detergen.

Nah, itulah lima cara menghilangkan noda membandel pada baju putih. Semoga cara ini dapat membantu agar pakaianmu terlihat putih berseri kembali. Selamat mencoba, Ladies. 

Baca Juga:

5 Cara Pakai Air Mawar Untuk Perawatan Wajah, Bikin Kulit Sehat

Cara Membuat Bingkai Foto dari Kardus, Mudah dan Praktis Banget

5 Kerajinan dari Koran Bekas, Bisa Menghasilkan Cuan Banyak!