Kenali Jenis dan Cara Menghilangkan Komedo yang Efektif

0
232

Penulis: Rina | Editor: Agnes

Dari beragam permasalahan kulit wajah yang kita hadapi, komedo menjadi masalah yang paling sering datang. Sudah dibersihkan berulang kali namun komedo kerap kembali timbul hingga membuat para Ladies frustasi. Tentunya hal ini bisa membuat kita kehilangan rasa percaya diri ya, Ladies. 

Ada dua jenis komedo yang wajib Ladies tahu yaitu komedo hitam (blackhead) dan komedo putih (whitehead). Whitehead muncul karena permukaan pori-pori tertutup kulit sehingga berwarna putih. Sedangkan blackhead permukaan pori-pori tidak tertutup kulit sehingga teroksidasi dan tampak berwarna hitam. 

Untuk mengembalikan rasa percaya diri Ladies, yuk simak tips berikut untuk menghempaskan komedo! Tampilan jadi lebih cantik dan mulus pastinya.

1. Gunakan Kulit Jeruk sebagai Masker Alami

cara menghilangkan komedo

Tentu Ladies sudah mengetahui kalau jeruk memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Selain vitamin C, di dalam kulit jeruk terdapat antioksidan yang mampu mengatasi kerusakan kulit akibat radikal bebas, dan sel kulit mati. 

Untuk menggunakannya, keringkan kulit jeruk terlebih dahulu lalu tumbuk hingga halus. Setelahnya campurkan dengan air hingga berbentuk pasta. 

Aplikasikan langsung masker alami ini pada komedo dan bilas menggunakan air hangat setelah 30 menit. Lakukan secara rutin agar komedo Ladies hilang secara alami.

2. Rutin Pakai Clay Mask 

cara menghilangkan komedo

Kalau Ladies merasa repot membuat masker sendiri, kita bisa kok pakai clay mask atau charcoal mask yang banyak dijual di pasaran. Clay mask yang terbuat dari lumpur terbukti mampu mengangkat minyak pada wajah. Charcoal mask efektif juga efektif membersihkan wajah.

3. Aplikasikan Baby Oil

cara menghilangkan komedo

Terdiri dari 98% mineral, baby oil mampu mengatasi beragam masalah pada kulit wajah termasuk komedo. Baby oli bersifat non-comedogenic sehingga efektif memperbaiki lapisan kulit tanpa menyumbat pori-pori. Tidak hanya memperbaiki, minyak yang satu ini bahkan merawat kulit dengan memberikan hidrasi yang cukup. 

4. Lakukan Peeling

cara menghilangkan komedo

Metode peeling menjadi salah satu cara ampuh dalam menyelesaikan berbagai permasalahan kulit mulai dari wajah kusam, jerawat dan komedo. Teknik pengelupasan kulit dengan metode ini juga mampu mengangkat sel kulit mati yang menjadi penyebab komedo.

Peeling mampu membersihkan wajah hingga lapisan terdalam kulit. Sehingga bukan hanya dapat mengangkat komedo, metode ini juga digunakan untuk meremajakan kulit. Must try nih Ladies!

5. Pakai Skincare yang Mengandung Asam Salisilat

cara menghilangkan komedo

Penyumbatan pada area pori-pori menjadi penyebab timbulnya komedo, namun hal ini dapat dicegah dengan menggunakan asam salisilat. Asam salisilat mampu mengangkat komedo karena bekerja dengan memperlambat pelepasan sel dalam pori-pori. 

Saat menggunakan produk perawatan wajah yang mengandung asam salisilat sebaiknya Ladies menghindari pemakaian produk eksfoilasi. Penggunaan produk skincare yang mengandung retinoid dan benzoil peroksida juga tidak bisa dibarengi dengan produk yang mengandung zat asam salisilat. 

6. Pakai Produk Penghilang Komedo

cara menghilangkan komedo

Banyak produk pengangkat komedo yang beredar di pasaran dengan beragam tekstur diantaranya gel, plester, dan krim. Cara ini bisa mengangkat komedo secara instan, namun komedo dengan cepat akan kembali timbul pasca penggunakan remover

Oleh karena itu, Ladies wajib melakukan pengangkatan komedo secara rutin. Pastikan produk penghilang komedo yang Ladies pilih telah mendapat sertifikasi dari BPOM. 

7. Cuci Wajah Secara Rutin

cara menghilangkan komedo

Ini adalah hal basic yang wajib dilakukan ya, Ladies! Mencuci muka di pagi dan malam hari dianjurkan untuk mencegah minyak mengendap di pori-pori. 

Ladies juga dianjurkan mencuci muka setelah melakukan aktivitas yang menghasilkan keringat berlebih. Memastikan wajah bersih bukan hanya bisa menghilangkan komedo, namun juga mencegahnya datang kembali. Tetapi ingat, jangan terlalu sering mencuci muka karena dapat merangsang produk keringat lebih banyak.

So, itu dia cara jitu yang bisa Ladies lakukan untuk mengangkat komedo di wajah. Jika beragam cara sudah dilakukan dan belum mendapat hasil yang optimal, segera buat janji dengan dokter kulit untuk konsultasi lebih lanjut, ya.

Baca Juga:

Hindari! Ini 7 Ciri-Ciri Lipstik yang Mengandung Bahan Berbahaya

Galau Pilih Pewarna Rambut yang Halal? Intip 8 Rekomendasi Cat Rambut Ini!

Dijamin Alami, 7 Cara Jitu Ini Ampuh Menggemukkan Badan dengan Cepat