Nggak Perlu Operasi, Ini Cara Menghilangkan Ambeien Secara Alami

0
94

Penulis: Jessica | Editor: Agnes

Ambeien merupakan benjolan yang tumbuh di dalam maupun di bibir anus. Bengkaknya pembuluh darah yang berada di sekitar area tersebut menyebabkan munculnya benjolan, Ladies. Ambeien sendiri bisa dipengaruhi beberapa hal, misalnya kurangnya asupan serat, sering mengejan saat BAB, obesitas, hingga kondisi hamil.

Untuk kasus ambeien yang belum terlalu parah, benjolannya dapat disembuhkan dengan cara alami. Berikut ini beberapa metode alami dalam menghilangkan benjolan pada ambeien. Simak bareng-bareng yuk, Ladies!

Kompres dengan Es Batu

Kompres dingin dapat membantu mengurangi peradangan atau pembengkakan pada ambeien. Kita cukup mengompres dengan es batu ke area anus setiap kurang lebih 15 menit sekali. Pastikan membungkus es batu dengan handuk bersih terlebih dahulu, supaya es batu tidak bersentuhan langsung ke daerah ambeien ya, Ladies.

Cara ini cukup efektif untuk menghilangkan benjolan ambeien, apalagi jika sudah terlalu besar dan menyakitkan. Kita dapat melakukannya sebagai pertolongan pertama sebelum membawa masalah ambeien ini ke dokter.

Oleskan Minyak Kelapa

Dilansir dari Halodoc, minyak kelapa mempunyai kandungan anti inflamasi yang kuat. Hal ini mampu mengurangi pembengkakan pada benjolan ambeien. Minyak kelapa juga bersifat analgesik yang bermanfaat mengurangi rasa sakit atau ketidaknyamanan saat ambeien kambuh, Ladies.

Kita dapat mengonsumsi minyak kelapa secara rutin untuk penyembuhan dan bisa langsung dioleskan ke benjolan. Untuk menggunakannya, minyak kelapa ini perlu dipanaskan sebentar, kemudian dibubuhkan ke bola kapas, lalu oleskan ke area ambeien.

Berendam di Air Hangat

Kita hanya perlu duduk di bathtub berisi air hangat selama kurang lebih 20 menit, lalu keringkan area anus dengan handuk kering dan bersih. Untuk pengobatan, lakukan cara ini dua hingga tiga kali dalam sehari ya, Ladies. Sayangnya, tidak semua orang bisa menggunakan langkah ini karena lebih cocok dilakukan di bathtub.

Gunakan Gel Lidah Buaya Murni

Selain minyak kelapa, kita juga dapat memanfaatkan lidah buaya sebagai alternatif obat untuk mengatasi benjolan ambeien, loh. Lidah buaya mampu meredakan rasa perih dan gatal pada anus. Meskipun sejauh ini belum ada pembuktian klinis, sejauh ini pengobatan ini masih tergolong aman.

Cara menggunakannya juga sangat mudah, Ladies. Cukup ambil gel lidah buaya langsung dari tanamannya, lalu oleskan ke benjolan atau area yang mengalami pembengkakan. Disarankan menggunakan gel lidah buaya murni, bukan dari gel produk-produk di pasaran. Ini karena bahan tambahan dapat memberikan efek iritasi pada ambien.

Obat Salep dengan Kandungan Witch Hazel

Salah satu jenis tanaman herbal yang ampuh menghilangkan benjolan ambien adalah witch hazel. Obat ini biasanya berbentuk salep atau krim dan praktis langsung dioleskan ke area yang meradang. Kandungan dalam tanaman ini efektif mengurangi perih.

Kandungan tanin dan minyak alaminya membantu mengatasi iritasi dan nyeri yang diakibatkan oleh ambeien. Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskannya satu hingga dua kali per hari saat ambeien kambuh.

Itulah cara menghilangkan benjlan ambeien secara alami, Ladies. Jika kondisi benjolan pada ambien tidak kunjung mengecil, sebaiknya langsung konsultasikan masalah ini ke dokter. Semoga informasi di atas bermanfaat ya!

Baca Juga:

5 Vitamin Terbaik untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh, Wajib Dikonsumsi!

Aman dan Ampuh, Inilah 5 Cara Mengobati Bisul secara Alami

7 Rekomendasi Minuman Kolagen Terbaik, Dijamin Aman dan Sehat!