Cara Menghapus dan Mengaktifkan Kembali Akun Facebook

0
133

Penulis: Gladys | Editor: Agnes

Memasuki industri 4.0, makin banyak orang yang akrab dengan media sosial, terutama Facebook. Siapa sih yang hari gini enggak buka akun atau udah punya akun di Facebook?

Media sosial yang dibuat oleh Mark Zuckerberg pada 2004 tersebut booming bahkan hingga kini. Kepopulerannya berhasil mengantarkan Mark Zuckerberg sebagai orang terkaya ke-5 di dunia.

Facebook melebarkan sayap dengan mengakuisisi Instagram dan WhatsApp. Jadi enggak heran deh, kalau sekarang enggak punya akun di Facebook itu susah karena 2 aplikasi populer lainnya ikut terhubung dengan Facebook.

Tapi gerakan detoks media sosial kian terkenal belakangan ini. Buat Ladies yang ingin mengurangi penggunaan media sosial dan berencana menonaktifkan akun Facebook, ikuti tutorialnya di bawah ini.

1. Buka halaman utama Facebook

Ketikkan email atau nomor telepon dari akun Ladies, lalu masukkan password atau kata sandi. Kemudian klik login.

2. Klik tanda panah ke bawah yang terletak di header menu Facebook

3. Pilih Settings & Privacy, lalu klik Settings

Jika akun Facebook Ladies dalam bahasa Indonesia, klik Pengaturan & Privasi, lalu pilih Pengaturan.

4. Klik “Your Facebook Information/Informasi Facebook Anda”, lalu geser sedikit ke bawah hingga Ladies menemukan sub-menu “Deactivate and Deletion/Penonaktifkan & Penghapusan”. Lalu klik View.


5. Pilih jenis penghapusan yang Ladies mau

Jika Ladies hanya ingin menonaktifkan sementara dan sewaktu-waktu ingin menggunakan Facebook lagi, pilih yang atas. Data akan tetap tersimpan dan bisa digunakan kembali saat Ladies mengaktifkan akun Facebook lagi.

Namun jika Ladies ingin permanen menghapusnya, pilih yang bawah. Datamu akan terhapus, tapi kamu masih bisa login suatu waktu dengan data yang telah habis tak bersisa.

6. Isi alasan mengenai kenapa Ladies ingin menghapus akun

Cara Menghapus dan Mengaktifkan Kembali Akun Facebook

Ada semacam kuesioner singkat yang harus kita isi agar Facebook mengetahui alasan kita menghapus akun. Ladies bisa isi sesuai dengan apa yang kamu rasakan.

7. Masukkan kata sandi dan klik “Hapus Akun.” Selesai!

Cara Menghapus dan Mengaktifkan Kembali Akun Facebook

Setelah mengisi alasan hapus akun, Ladies cukup klik tombol “Hapus Akun”. Tahapan penghapusan akun pun selesai. Mudah, kan?

Jika ingin mengaktifkannya kembali, cukup log in ke website www.facebook.com atau melalui aplikasi Facebook yang telah terinstal di ponsel Ladies menggunakan email atau nomor telepon yang sama, lalu masukkan kode verifikasi yang dikirim ke email atau SMS-mu. Beres, deh!

Hal yang perlu diingat, cara menonaktifkan akun Facebook ini mirip dengan akun Instagram. Kedua aplikasi media sosial ternama ini enggak punya batas waktu untuk menghapus akun kita, alias akun kita tidak selama-lamanya terhapus hanya tidak aktif sementara. Makanya bisa kita buka kembali sewaktu-waktu asalkan dengan email atau nomor telepon aktif yang sama.

Baca Juga:

Pakai 7 Aplikasi Download Video YouTube Tercepat Ini, Dijamin Puas!

Mau Dapat Pacar Bule? Coba 7 Aplikasi Cari Jodoh Ini

Demi Privasi, Begini Cara Mematikan Status Online di WhatsApp