7 Tips Ampuh Mengencangkan Kulit Wajah Secara Alami

0
110

Penulis: Rina | Editor: Agnes

Selain glowing, kulit wajah yang kencang dan kenyal adalah impian banyak kaum perempuan. Siapa sih yang enggak pengen punya wajah kencang? Karena bisa membuat kita tampak lebih muda. Banyak loh yang bahkan melakukan perawatan mahal hanya demi mempertahankan kekencangan wajah.

Kadar kolagen dan lemak alami wajah bisa berkurang seiring dengan bertambahnya usia. Sebenarnya banyak kok cara alami yang bisa Ladies lakukan untuk mendapat kulit wajah yang kencang. Keep scrolling to get the secret!

1. Cuci muka sebelum tidur

Pastikan wajahmu sudah bersih dari make up sebelum tidur. Setelah menggunakan make up remover, cucilah muka menggunakan face wash guna memastikan tidak ada riasan dan kotoran yang tertinggal. Make up mengandung bahan kimia yang berpotensi menambah stres oksidatif pada sel kulit. Nah ini bisa jadi penyebab kulit jadi kendur.

2. Pakai masker alami

Masker merupakan salah satu skincare yang ampuh merawat kulit kita dari berbagai masalah. Untuk mendapatkan wajah yang kencang, Ladies bisa loh menggunakan bahan alami untuk membuat masker. 

Campuran putih telur dan madu misalnya, dipercaya mengencangkan kulit secara alami. Putih telur mengandung albumin sehingga meningkatkan kadar kekencangan kulit. Sedangkan madu efektif menjaga kelembapan dan kesehatan kulit. Gunakan secara rutin yuk!

3. Konsumsi makanan kaya vitamin A dan beta karoten

Berdasarkan National Institute of Health, makanan yang mengandung beta karoten dan vitamin A mampu mencegah penuaan dan memperbaiki regenasi kulit. Vitamin A dapat meningkatkan serat elastis kulit serta produksi kolagen.

Beta karoten memiliki kemampuan untuk menangkal sinar UV yang menjadi penyebab penuaan dan kerusakan kulit. Vitamin A dan beta karoten banyak terkandung dalam ubi jalar, wortel, aprikot, bayam, dan kangkung.

4. Cukupi kebutuhan asupan air putih

Minum air putih yang cukup bisa membuat kita lebih awet muda loh, Ladies. Kulit akan terhidrasi dengan baik apabila kamu memunuhi kebutuhan asupan air putih harian. Orang dewasa umumnya membutuhkan sekitar 2 liter air per hari atau sekitar 8 gelas. Hayo, apa kamu sudah minum air putih dengan cukup hari ini?

5. Memijat wajah

Memijat wajah bisa menjadi cara efektif mengurangi kerutan. Ladies bisa meningkatkan alirah darah di wajah dan merangsang pertumbuhan sel yang dapat mengencangkan kulit wajah. Gunakan jari telunjuk dan tengah untuk memijat wajah.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan alat bantu pijat seperti face roller atau faciallift. Pijatlah wajah dengan lembut kurang lebih 5-6 menit sehari.

6. Tidur yang cukup

Meskipun Ladies punya banyak aktivitas harian, tapi tidur yang cukup tetap harus diterapkan loh. Ladies enggak mau kan saat usia 30 udah dikira berumur 40an? Saat tidur, kolagen diproduksi lebih banyak dan membuat kulit beregenerasi dengan lebih cepat. Proses ini penting karena efektif memperbaiki jaringan kulit yang rusak dan menjaga elastisitas kulit. 

Kita membutuhkan waktu tidur sekitar 7-8 jam setiap harinya. Waktu tidur yang kurang membuat kamu memperoleh lebih sedikit waktu produksi kolagen, sehingga menimbulkan kerutan pada wajah.

7. Batasi konsumsi gula berlebih

Ladies suka makan makanan manis seperti cake, boba, donat, dan candies? Batasi sekarangnjuga! Selain jadi penyebab utama diabetes, makanan manis juga bisa menyebabkan penuaan dini.

Kolagen dan elastin yang bermanfaat bagi kekenyalan kulit bisa melemah apabila tubuh mendapat asupan gula berlebih. So, yuk mulai kurangin makanan manis dan tambah makanan sehat supaya kulitmu jadi shinning and glowing!

Selain cara di atas, kamu juga harus rutin berolahraga Ladies agar sel kuli mati yang menumpuk bisa dilepaskan oleh tubuh. Pada dasarnya cuma perlu menerapkan gaya hidup sehat kok Ladies! So, selamat mencoba!

Baca Juga:

Rekomendasi 5 Hair Tonic untuk Rambut Rontok Berlebih

Ingin Ganti Warna Rambut? Ini 7 Warna Rambut Hits di 2021

Sebelum Make Up dan Menata Rambut, Kenali Bentuk Wajah Terlebih Dahulu