Cara Mengatur Budget Pernikahan dan Keperluan Lainnya

0
153

Penulis: Raizza | Editor: Agnes

Saat berbicara pernikahan, salah satu yang menjadi fokus dan perhatian banyak orang adalah perihal biaya atau budget. Hal ini penting untuk dipersiapkan karena budget itu mencakup semua persiapan, meliputi undangan, menu makanan, pakaian pernikahan, gedung, dan lainnya.

Nah, ketika mempersiapkan semuanya, Ladies tentu tidak ingin biaya yang dikeluarkan sia-sia bukan? Berikut ini ada cara mengatur budget pernikahan dan keperluan lainnya.

1. Modifikasi dan buat undangan online

Cara pertama dan sudah banyak digunakan sekarang ini adalah dengan adanya inovasi undangan secara online. Selain bisa mengurangi penggunaan kertas, Ladies juga bisa menghemat banyak uang loh dengan cara ini. 

Selain itu, model dan desain yang digunakan dalam undangan online nggak jauh berbeda dengan undangan biasa. Malahan, sekarang ini banyak juga model yang menarik dan estetik.

2. Menyeleksi daftar dan jumlah undangan

Selanjutnya adalah Ladies harus menyeleksi daftar dan jumlah tamu undangan yang akan datang. Untuk menekan budget, pilihlah nama-nama yang memang masih berkaitan erat dengan Ladies dan pasangan. 

Usahakan untuk tidak memenuhi daftar undangan dengan wajah-wajah asing yang tidak Ladies kenal. Seperti mungkin mengurangi kerabat jauh dari orang tua yang sudah jarang berhubungan.

3. Pilih tempat yang harganya terjangkau

Cara ketiga adalah carilah dan pilih tempat yang harganya terjangkau. Ladies dan pasangan mungkin memiliki impian dan berharap memilih yang terbaik, akan tetapi soal gedung, banyak loh yang harganya terjangkau. Ladies hanya perlu meluangkan waktu lebih ekstra untuk mencari referensi.

Pasalnya, semakin banyak referensi dan daftar gedung yang bisa digunakan, Ladies memiliki kemudahan untuk membandingkan harga dan menyesuaikan dengan budget-nya. 

4. Terapkan pola pikir lebih baik menyewa daripada membeli

Ladies pernikahan itu memang sekali seumur hidup, akan tetapi pilihan untuk menyewa itu bukan pilihan yang buruk, loh. Pakaian pengantin itu Ladies gunakan hanya satu kali saja, daripada setelahnya tidak terpakai lagi, jadi akan lebih baik kalau menyewa bukan?

Jadi, setelah itu, budget yang sudah disiapkan bisa dialokasikan ke hal-hal yang lebih urgent dan tentunya bisa jauh lebih hemat.

5. Pilih menu makanan yang umum

Ladies pernah enggak menghadiri sebuah acara pernikahan yang menu makanannya mewah tapi tidak sesuai selera? Nah, untuk menghemat budget pernikahan, usahakan untuk menjauhi contoh penyelenggara itu, ya!

Pilihlah daftar menu yang umum. Selain tidak mubazir, menu makanan umum harganya juga lebih terjangkau, loh! Seperti misal makanan Sunda, bakso, es cendol, dan sebagainya. 

6. Pilih souvenir harga terjangkau

Cara selanjutnya adalah dengan memilih souvenir dengan harga terjangkau. Sekarang ini banyak loh pilihan souvenir yang unik dan kreatif tapi harganya tidak mencekik. Selain itu, kalau mau yang lebih unik Ladies bisa membuatnya sendiri atau DIY (do it yourself).

7. Memanfaatkan keterampilan teman dan kerabat

Cara terakhir yang mungkin jarang disadari adalah dengan memanfaatkan keterampilan orang-orang terdekat, seperti teman atau saudara yang mungkin mengerti soal fotografi. Nah, ajaklah mereka bekerja sama untuk mengerjakan sesi foto di pernikahan Ladies.

Atau mungkin jika memiliki teman seorang make up artist, enggak ada salahnya untuk menggunakan jasanya dan menghemat biaya.

Nah, seperti itulah cara menghemat budget pernikahan dan biaya lainnya. Semoga bisa bermanfaat dan diterapkan ya, Ladies!

Baca Juga:

Kenali Tugas Bridesmaid dan Groomsmen dalam Pernikahan

Ini Daftar Harga Sewa Gedung Pernikahan di Jakarta

Buat Para Perantau, Ini Kumpulan Kata-Kata Rindu Keluarga