Nggak Usah Panik! Begini Cara Mengatasi Hp Disadap

0
95

Penulis: Gladys | Editor: Agnes

Selain menguntungkan dan memudahkan kita dalam kehidupan sehari-hari, kemajuan teknologi juga harus kita waspadai karena bisa mengganggu privasi kita, Ladies. Contohnya, ada banyak aplikasi penyadap hp yang dapat diunduh secara gratis.

Untuk menjaga keamanan data dan privasi kita, Ladies wajib tau cara mengatasi hp yang disadap. Kalau bukan dimulai dari kita, siapa lagi yang bisa mencegah dan memberantas cara ilegal yang mengusik data kita ini?

Ciri-Ciri Hp yang Disadap

  1. Ketika melakukan panggilan telepon, suaranya seperti menggema atau ada efek echo.
  2. Saat melakukan percakapan melalui telepon, volume suka naik dan turun.
  3. Sering ada pesan yang rasanya belum kita baca, namun sudah terbaca.
  4. Di aplikasi chatting, status kita sedang online padahal tidak.
  5. Baterai hp dan kuota internet cepat habis, padahal hp dalam kondisi jarang digunakan.
  6. Muncul aplikasi yang tidak pernah kamu unduh.

Cara Menghentikan Penyadapan
1. Cek dengan tekan *#21# atau *#61#

Jika hp Ladies mengalami ciri-ciri hp yang disadap seperti di atas, jangan panik atau berburuk sangka dulu. Coba ke menu Telepon, lalu ketikkan *#21# setelah itu telepon kode tersebut. Kode USSD tersebut akan memberitahu kita apakah ada yang menyadap hp kita atau tidak.

Selain kode tersebut, bisa juga coba masukkan *#61#. Dengan menghubungi kode tersebut, kita bisa tahu apakah ada nomor yang mengalihkan semua telepon masuk yang kita terima atau tidak. Dari semua kode tersebut dan ternyata hasilnya positif hp kita disadap, lakukan penghentiannya di langkah berikut.

2. Tekan #002# untuk hentikan penyadapan

Masih di menu telepon, kali ini masukkan kode #002#. Kode tersebut akan otomatis menghentikan semua call forwarding atau pengalihan panggilan yang telah terpasang di hp kita.

3. Log out dari WhatsApp Web

Mungkin hp kita disadap bukan dari telepon, tapi aplikasi chatting WhatsApp kita yang disadap. Untuk menghentikannya, klik menu titik tiga di kanan atas > pilih menu WhatsApp Web dan muncul list perangkat apa saja yang login dengan WhatsApp kita > klik logout dari semua perangkat dan selesai.

4. Lakukan factory reset

Kalau langkah-langkah di atas belum berhasil menghentikan penyadapan, bisa jadi ada aplikasi rahasia yang terunduh di hp kita. Untuk menghapusnya, mau tidak mau harus pilih opsi factory reset atau reset pabrik, di mana hp seluruh data dan aplikasi kita terhapus karena hp akan kembali seperti baru beli dari konter hp. Sebelum melakukan factory reset, pastikan sudah melakukan backup data ke Google atau iCloud dan ke laptop, ya!

5. Hubungi call center provider

Meminta bantuan dari call center provider kita untuk menghentikan call forwarding yang terpasang oleh penyadap juga bisa kita lakukan dengan mudah. Namun kita harus berhati-hati dengan benar-benar menghubungi call center asli dari provider, karena ada banyak penipuan mengatasnamakan provider tertentu.

Cara Mencegah Penyadapan
1. Aktifkan verifikasi dua faktor di email dan aplikasi chat

WhatsApp dan Telegram memiliki verifikasi dua faktor untuk menjaga keamanan kita. Selain itu, Gmail juga memiliki verifikasi dua faktor tersebut. Verifikasi dua faktor adalah keamanan tambahan yang dapat melindungi akun kita lebih mendalam dengan memastikan bahwa orang yang berusaha untuk mengakses akun kita adalah diri kita sendiri.

Langkah untuk mengaktifkannya di WhatsApp dengan klik menu tiga titik di kanan atas > pilih Setting > klik Account > pilih Two Step Verification > klik Enable, lalu masukkan enam kode rahasia yang diinginkan serta masukkan email untuk memulihkan kode jika kita lupa.

2. Kunci WhatsApp dengan pemindai sidik jari

Selain mengaktifkan verifikasi dua faktor, aktifkan pula pemindai sidik jari untuk membuka WhatsApp. Langkah-langkahnya, klik menu tiga titik di kanan atas > pilih Privasi, lalu klik kunci sidik jari > pilih Aktifkan, kemudian rekam sidik jari.

3. Pantau penggunaan VPN

Menggunakan VPN tidaklah buruk, tapi versi gratisnya bisa mengenkripsi data kita dan rentan disadap. Oleh karena itu, gunakanlah aplikasi VPN yang berbayar atau hentikan penggunaan VPN jika tidak diperlukan.

Lebih cepat sadar hp disadap, lebih mudah menggunakan cara mengatasi hp yang disadap ini. Semoga bermanfaat ya, Ladies. 

Baca Juga:

Inilah 9 Ide Peluang Bisnis Rumahan Beromzet Besar, Bikin Untung!

10 Rekomendasi Speaker Bluetooth Terbaik dengan Budget Terjangkau

Tambah Penghasilan dengan Usaha Online Tanpa Modal