Gampang Banget! Ini Cara Mencuci Baju yang Benar Bagi Pemula

0
122

Penulis: Raizza | Editor: Agnes

Meski mungkin terdengar dan terlihat sepele, nyatanya tidak semua orang mengetahui cara mencuci baju yang benar loh! Ada yang mungkin langsung menyikat baju dengan sabun cuci, lalu ada yang tidak membilasnya setelah disikat atau mungkin hal-hal serupa lainnya.

Padahal, seperti pekerjaan lainnya, mencuci baju juga ada tahapannya. Berikut ini, Ladies Corner akan bagikan cara mencuci baju yang benar. Untuk Ladies yang baru pertama kali mencoba, wajib disimak ya!

1. Periksa label baju terlebih dahulu

Hal pertama yang perlu Ladies lakukan adalah melihat label yang tertera di baju. Eits, tapi bukan mereknya ya! Lebih kepada informasi mengenai bahan atau terkait baju itu. Misalnya, ada label yang mencantumkan keterangan “use cold water”, maka itu artinya kita harus mencucinya dengan air dingin, jangan pakai air panas.

Lalu, jika label tersebut bertuliskan “hand wash”, maka kita hanya boleh mencuci manual dengan tangan Ladies! Atau dengan opsi gentle wash di mesin cuci. Cara ini penting dilakukan karena setiap material itu memiliki perawatan yang berbeda-beda, loh! Kalau salah, bisa-bisa rusak Ladies!

2. Pisahkan pakaian dengan kriteria-kriteria khusus

Selanjutnya yang tidak kalah penting adalah pisahkan pakaian. Yup! Pertama, pisahkan pakaian putih dengan yang berwarna. Sebagai pemula, biasanya kita belum tahu pakaian mana saja yang akan luntur jika dicuci. Untuk itu, memisahkan baju putih dari yang berwarna bisa menghindari risiko baju tersebut terkena noda luntur.

Selanjutnya, pisahkan pakaian dengan noda yang membandel, seperti oli, minyak, atau mungkin darah. Baiknya, pakaian dengan noda-noda seperti ini dibersihkan terlebih dahulu.

3. Balik pakaian

Ladies sembari membaca label dan memisahkan pakaian, jangan lupa juga untuk membaliknya ya. Biarkan permukaan bagian dalam menjadi bagian depan. Hal ini bisa sangat membantu pakaian dengan warna gelap menjadi tidak mudah kusam dan pudar.

Selain itu, untuk menghindari pakaian rusak dan tersangkut pastikan kalau resleting tertutup rapat, ya. Untuk kemeja, jangan hanya membaliknya, tetapi juga lepas semua kancingnya.

4. Rendam dengan air dingin

Selanjutnya adalah proses merendam. Untuk pakaian biasa, umumnya disarankan menggunakan air dingin ketika merendam ya, Ladies. Hal ini karena air panas atau hangat bisa berisiko membuat bahan pakaian menyusut dan mengerut, terutama bahan lembut seperti wol atau sutra.

Sedangkan untuk air hangat biasanya direkomendasikan untuk mencuci pakaian dalam, pakaian import, dan pakaian second. Dengan mencuci bisa membasmi kuman serta mikroorganisme membandel di serat kain.

5. Gunakan deterjen atau shampo sesuai takaran  

Setelah direndam, jangan lupa untuk masukkan deterjen sesuai takaran. Perbandingan takarannya yaitu 1:2, di mana air harus lebih banyak dari deterjen. Namun, kalau pakaian Ladies itu berbahan lembut dan termasuk mahal, baiknya gunakan shampo dibandingkan deterjen.

Setelah menuangnya, agar bersih dan wanginya tercampur merata aduk pakaian sambil dikucek perlahan. Kemudian, diamkan kurang lebih 15-30 menit hingga noda-nodanya mulai luntur.

6. Sikat pakaian sampai bersih

Setelah air rendaman sudah mulai berubah warna, Ladies bisa langsung menyikatnya. Perhatikan bagian tempat noda-noda sulit hilang seperti bagian belakang leher misalnya. Deterjen saja tidak akan cukup untuk menghilangkan noda seperti itu, jadi baiknya Ladies sikat kembali.

7. Bilas dengan air sampai bersih

Setelah disikat, jangan langsung dijemur ya! Busa di pakaian tersebut harus dihilangkan terlebih dahulu dengan cara membilasnya dengan air bersih dan mengalir. Biasanya untuk hasil yang maksimal, Ladies bisa membilasnya secara dua kali.

8. Jemur pakaian sesuai jenisnya

Setelah proses di kamar mandi selesai, maka selanjutnya adalah menjemur. Akan tetapi, proses ini juga tidak bisa sembarangan ya, Ladies! Perhatikan juga jenis pakaian yang akan dijemur karena ada beberapa bahan yang tidak disarankan dijemur langsung di bawah sinar matahari.

Selain itu, ada juga bahan yang mudah melar sehingga tidak cocok jika dijemur menggunakan hanger. Bahan jenis ini cocoknya dengan cara dibentangkan secara merata.

Nah, sekarang sudah tahu kan Ladies cara-caranya? Jangan salah ya, selamat mencoba!

Baca Juga:

Ini Dia Cara Mencerahkan Kulit Tubuh yang Ampuh

Penuh Nuansa Tradisi, Berikut 6 Keunikan Rumah Adat Aceh

Ssst! Ketahui Ciri-Ciri Istri Selingkuh yang Wajib Diketahui