Ini Dia Cara Mencerahkan Kulit Tubuh yang Ampuh

0
145

Penulis: Rina | Penulis: Agnes

Bukan hanya wajah, kulit tubuh juga perlu mendapatkan perawatan loh Ladies. Tinggal di negara tropis membuat para perempuan di Indonesia harus extra effort kalau mau dapat kulit tubuh yang putih. Bahkan banyak yang merogoh kocek lebih demi mendapat perawatan kulit dari klinik kecantikan.

Sebenarnya banyak kok cara yang bisa kita lakukan untuk mendapat kulit tubuh yang putih dan sehat. Hal ini bisa dimulai dari sesuatu yang sederhana yang bisa dilakukan di rumah. Tanpa mengubah warna alami kulit, ini dia 7 langkah aman untuk mencerahkan kulit tubuh.

1. Penuhi kebutuhan cairan tubuh

Hal sederhana pertama yang bisa dilakukan adalah memastikan kebutuhan cairan tubuh terpenuhi. Mendapatkan cairan yang cukup dapat membuat kulit lembap serta menjaga jaringan kolagen di dalamnya. Kelembapan tubuh dan kolagen efektif membuat kulit kamu terlihat bersinar, sehat, dan lembut.

Sumber cairan yang baik bagi tubuh bisa didapat dari air putih, buah, dan sayur. Pastikan Ladies minum air putih minimal 8 gelas sehari, serta jangan lupa penuhi kebutuhan buah dan sayur. Hal sederhana ini bisa membuat kulit cerah secara alami. Ingat! Hindari minum alkohol berlebihan karena hanya membuat kulit menjadi kusam, kasar, dan kering. 

2. Jangan tinggalkan sunscreen

Berada di bawah sinar matahari terlalu lama dapat membuat kulit menghitam dan bahkan gosong. Radiasi sinar ultraviolet membuat kulit menjadi kusam dan enggak heran kalau setelahnya kulit menjadi belang. Pastikan kulit Ladies terlindungi dengan menggunakan sunscreen.

Gunakanlah sunscreen minimal SPF 30 di seluruh bagian kulit, terutama di lengan dan wajah yang terpapar sinar matahari langsung. Setidaknya dengan sunscreen Ladies dapat mengurangi risiko kulit menjadi kusam akibat sinar ultraviolet. Selain itu, jangan terlalu lama berada di bawah sinar matahari langsung.

3. Lakukan eksfoliasi secara rutin

Selain itu, Ladies perlu melakukan eksfoliasi agar sel kulit mati terangkat, sehingga kulit terasa lebih lembut dan cerah. Sel kulit mati merupakan salah satu penyebab kulit terlihat lebih gelap. Ladies dapat melakukan eksfoliasi kulit tubuh selama 2-3 kali seminggu.

Saat ini sudah banyak lulur atau body scrub di pasaran yang efektif mencerahkan kulit. Apabila Ladies ingin menggunakan bahan alami, gunakan garam gosok, bubuk kopi, atau bubuk kunyit sebagai bahan eksfoliasi.

4. Manfaatkan Minyak Zaitun

Minyak zaitun mengandung polifenol yang berperan sebagai antioksidan untuk melindungi kulit dari kerusakan. kandungan zat linoleic acid dalam minyak zaitun mampu menjaga keseimbangan kadar air dalam kulit.

Campurkan lulur alami dengan 4 sendok makan minyak zaitun dan 2 sendok makan madu. Gunakan campuran bahan tersebut setelah mandi. Ladies bisa mendapatkan kulit cerah dan sehat secara alami dengan penggunaan yang teratur.

5. Tidur cukup berkualitas

Biasakanlah tidur selama 7-9 jam setiap hari Ladies. Tidur cukup dapat memelihara kesehatan kulit loh. Aliran darah akan meningkat saat kita tidur sehingga kulit akan lebih sehat dan cerah apabila tidur cukup. 

6. Mandi secara rutin

tips mengatasi kulit kusam

Langkah berikutnya yang bisa Ladies lakukan adalah membersihkan diri secara rutin dengan mandi. Kegiatan sederhana ini bisa membersihkan dan merawat kulit setelah seharian beraktivitas. Namun sebaiknya Ladies memilih sabun yang mengandung pencerah alami seperti ekstrak bengkoang atau susu. Bukan hanya bersih terawat, Ladies juga bisa mendapat kulit cerah sekaligus.

7. Olahraga teratur

Terakhir, lakukan olahraga secara rutin untuk mendapatkan kulit cerah secara alami. Olahraga melancarkan metabolisme kulit sehingga efektif mencerahkan dan merawat kesehatan kulit. Lakukan olahraga minimal 3 kali seminggu selama 30 menit setiap sesinya. Kegiatan ini sekaligus menyehatkan mental loh Ladies.

So, itulah beberapa cara mudah mencerahkan kulit tubuh yang bisa mulai Ladies lakukan secara konsisten. Banyak kan cara alami mendapat kulit putih dan bersih tanpa harus mengeluarkan kocek berlebih?

Baca Juga:

5 Fakta Niacinamide, Apakah Aman untuk Semua Jenis Kulit?

Wajah Mulus dengan 7 Toner untuk Kulit Berjerawat

Ini Dia 7 Produk Pelembap untuk Kulit Kering Berjerawat