Cara Mencegah Kehamilan Setelah Berhubungan Intim, Intip Yuk!

0
124

Penulis: Jessica | Editor: Agnes

Ladies, ada kalanya kita menunda kehamilan untuk alasan tertentu. Namun, kebutuhan akan berhubungan intim dengan pasangan tentu tidak dapat dihindari. Di kondisi ini, kita butuh cara tertentu buat mencegah kehamilan selepas bercinta.

Belakangan ini memang sebagian besar wanita lagi mencegah kehamilan. Langkah-langkah di bawah ini bisa kita praktikan loh, Ladies.

Konsumsi Pil Kontrasepsi Darurat

Kontrasepsi darurat berbentuk pil harus diminum wanita setelah berhubungan intim dengan pasangan. Cara kerja pil ini adalah dengan mencegah ovulasi dan fertilisasi setelah hubungan seks. Pil ini tidak bisa sembarangan dikonsumsi karena harus di bawah pengawasan dokter.

Bagi pasangan yang merasa kurang nyaman menggunakan kondom, pil kontrasepsi darurat dapat menjadi solusi. Pil ini sendiri harus dikonsumsi kurang dari 72 jam setelah hubungan intim. Makin cepat diminum, kemungkinan kehamilan pun makin kecil.

Namun, hati-hati juga dengan efek samping yang ditimbulkan setelah mengonsumsinya. Wanita biasanya akan mudah mual atau pusing. Oleh sebab itu, tidak dianjurkan meminum pil ini dalam jangka teramat panjang.

Gunakan Kondom agar Lebih Aman

Sebagian pasangan memilih pakai kondom saat berhubungan intim untuk mencegah kehamilan. Cara ini lebih praktis digunakan serta tidak perlu pengawasan dokter. Penggunaan kondom dapat memperkecil peluang kehamilan hingga 80% loh, Ladies.

Ada yang menilai pemakaian kondom dapat mengurangi kenikmatan bercinta. Jadi, ada baiknya hal ini dibicarakan baik-baik dengan pasangan. Jangan memaksa pasangan menggunakan kondom jika ada ketidaknyamanan ya.

Bercinta di Luar Masa Subur

Salah satu win win solution dalam mencegah kehamilan adalah melakukan hubungan intim di luar masa subur wanita. Baik laki-laki maupun wanita dapat berhubungan seks seperti biasa, hanya saja perlu diatur waktunya. Menghindari masa subur efektif menghambat kehamilan.

Wanita perlu mengetahui kapan masa suburnya terlebih dahulu. Saat ini sudah banyak aplikasi yang secara otomatis dapat menunjukkan masa subur wanita setelah menstruasi. Dengan bercinta di luar waktu tersebut, wanita dan pasangan dapat sama-sama memperoleh kenikmatan dalam hubungan seks.

Pakai Alat Kontrasepsi Jangka Panjang

Jika wanita dan pasangan ingin mencegah kehamilan dalam jangka panjang, maka pemakaian alat kontrasepsi sangat disarankan. Pilihannya mulai dari pil KB, IUD, hingga KB implan. Saat memilih pakai alat kontrasepsi, pasangan suami istri tidak perlu resah akan kehamilan meski berhubungan intim di masa subur.

Keputusan dalam memilih alat kontrasepsi yang tepat tentu butuh diskusi antara suami dan istri. Selain itu, konsultasikan juga ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih tepat. Alat kontrasepsi seperti pil KB efektif mencegah kehamilan hingga 99%.

Biar lebih aman, coba konsultasikan cara mencegah kehamilan di atas dengan dokter ya. Pasangan suami istri tentu punya tingkat kenyamanan tersendiri. Jadi, pastikan diskusikan dengan pasangan kita juga!

Baca Juga:

Ingin Punya Momongan? Ini Dia Tips Cara Cepat Hamil

Cegah Rabun! Ini 5 Vitamin Terbaik Untuk Kesehatan Mata

Cobain Yuk! Cara Mengecilkan Bokong Secara Alami