Cara Mencangkok Pohon Mangga Anti Gagal, Wajib Tahu!

0
18

Penulis: Radistya | Editor: Agnes

Mangga menjadi salah satu buah yang terkenal dan sering dikonsumsi di Indonesia. Selain dimakan secara langsung, mangga juga sering diolah menjadi minuman maupun berbagai jenis makanan yang nikmat dan menyegarkan. 

Jika Ladies suka mengonsumsi mangga, ada cara mudah untuk bisa mendapatkannya dengan harga cuma-cuma, lho. Caranya dengan menanam pohon mangga sendiri.

Nah, tanaman mangga dapat diperbanyak dengan cara mencangkok. So, simak cara dan hal-hal yang perlu Ladies ketahui sebelum mencangkok buah mangga. 

Hal Penting yang Perlu Diperhatikan dalam Mencangkok Mangga

Cara-Mencangkok-Pohon-Mangga

Sebelum mencangkok, ada beberapa poin-poin penting yang perlu Ladies perhatikan. Pertama, kita harus memastikan bahwa pohon mangga yang akan dicangkok memiliki kualitas yang baik. Hal ini dilakukan agar bibit mangga dapat tumbuh dan proses pencangkokan tidak gagal.

Kita juga perlu memilih batang atau cabang pohon mangga yang posisinya lurus atau tegak dan mendapatkan pancaran sinar matahari yang cukup. Pemilihan ini dilakukan supaya proses fotosintesis pada pohon berlangsung dengan baik dan dapat merangsang pertumbuhan akar di batang pohon yang dicangkok.

Terakhir, kita juga harus memastikan bahwa batang pohon yang dicangkok adalah batang pohon dengan buah mangga terbanyak. Jika sudah mengetahui hal-hal penting ini, saatnya Ladies mencangkok mangga, yuk!

Cara Mencangkok Pohon Mangga dengan Mudah dan Anti Gagal

Cara-Mencangkok-Pohon-Mangga

Memiliki pohon mangga sendiri merupakan hal yang sangat menguntungkan, lho! Dengan cara mencangkok pohon mangga, Ladies bisa memanen buah mangga saat sudah berbuah. Berikut ini beberapa langkah mencangkok buah mangga yaitu:

  1. Pilih batang pohon mangga pada bagian bawah yang kuat dan sehat, memiliki ketebalan antara 1-2,5cm, berwarna hijau cerah, dan memiliki daun serta tunas yang terlihat sehat.
  2. Potong batang yang sudah dipilih dengan ukuran sekitar 120 cm.
  3. Kerat batang tersebut menggunakan pisau dan pastikan keratan memiliki panjang kurang lebih 10 cm.
  4. Bersihkan kambium pada batang dengan cara dikerik.
  5. Jika terdapat getah yang menempel di bagian batang, biarkan getah tersebut mengering terlebih dahulu. Proses ini membutuhkan waktu sekitar 2-3 minggu agar getah menjadi kering.
  6. Pada batang yang sudah dikerik, berikan zat perangsang tumbuh (ZPT).
  7. Balut bagian yang sudah dikerik menggunakan tanah subur, kemudian padatkan agar tertutup tanah dengan sempurna.
  8. Bungkus bagian yang dikerik pada batang tersebut menggunakan media pembalut, seperti plastik bening, atau sabut kelapa lalu ikat dengan tali rafia yang erat.
  9. Sirami batang cangkokan secara rutin lalu tunggu selama 3-4 bulan hingga akar mulai tumbuh, kemudian lepaskan balutan plastik.
  10. Tanam cangkokan pada media seperti polybag hingga daun dan ranting tumbuh
  11. Terakhir, pindahkan batang cangkokan pada media tanam tanah agar bisa tumbuh menjadi pohon mangga yang besar.

Begitulah cara menanam pohon mangga dengan cara mencangkok, Ladies! Kalian sudah siap belum memiliki pohon mangga?

Baca Juga:

Ketahui 5 Manfaat Tanaman Sirih Gading dan Cara Merawatnya

Fakta dan Cara Merawat Tanaman Miana, Supaya Tumbuh Subur

7 Jenis Tanaman Keladi yang Cocok Jadi Tanaman Hias Aesthetic