7 Cara Menanam Sayur Organik, Yuk Coba di Rumah

0
162

Penulis: Marcia | Editor: Agnes

Mengonsumsi sayuran sangat bermanfaat bagi kesehatan. Apalagi, sayuran yang kita makan adalah sayuran organik yang memiliki kandungan mineral lebih tinggi dan aman dari pestisida. Namun, pernahkah terpikirkan untuk menanam sayuran organik sendiri di rumah?

Ada berbagai cara dan tahapan yang bisa kita lakukan untuk menanam sayuran organik. Tak perlu mengkhawatirkan lahan yang dimiliki, karena sayuran organik dapat tumbuh di lahan terbatas. Penasaran? Ikuti 10 langkah di bawah ini.

1. Tentukan Jenis Sayuran

cara menanam sayur organik

Bagi pemula, sebaiknya fokus terlebih dahulu pada satu jenis tanaman. Kita bisa memilih tanaman yang mudah penanganannya dan memiliki waktu panen cepat seperti kangkung atau selada. Pastikan sayuran yang kita pilih adalah sayuran favorit dan akan kita konsumsi. 

Jangan lupa untuk mencari informasi lebih dalam tentang sayuran yang akan ditanam. Dengan begitu, kita bisa mengetahui apa saja kebutuhannya, seperti sinar matahari yang cukup atau kebutuhan air dengan ukuran tertentu. 

2. Siapkan Tanah Organik

Kunci sukses menanam sayuran organik adalah memiliki tanah yang sehat, unsur hara yang baik dan tingkat kelembaban tinggi. Pilihlah tanah yang terlihat gembur dan subur lalu ambil bagian atasnya. Setelah itu, ayaklah tanah tersebut hingga tidak menggumpal. 

Setelah tanah halus sudah siap, kita bisa mencampurkannya dengan kompos matang dari sampah rumah tangga seperti kulit telur, dedaunan, sisa sayuran atau bubuk kopi.  Jangan lupa untuk menyiapkan arang sekam yang bisa kita beli di toko perkebunan. Lalu, campurkan ketiga bahan tersebut dengan perbandingan 2 tanah: 1 kompos: 1 arang sekam. Aduk hingga semua bahan tercampur rata. 

3. Siapkan Bibit Unggul

Pastikan kita membeli benih organik bersertifikat atau tanaman muda yang tumbuh tanpa menggunakan pestisida atau bahan kimia lainnya. Tak perlu khawatir ya, Ladies, saat ini banyak banget toko terpercaya, baik online maupun offline, yang menyediakan benih organik bersertifikat. Bibit yang bersumber langsung dari petani akan lebih baik. 

4. Sinar Matahari yang Cukup

Jangan lupakan bahwa sayuran organik sangat membutuhkan sinar matahari yang cukup untuk tumbuh subur. Biasanya, sayuran organik membutuhkan cahaya hingga 10 jam untuk mendapat hasil maksimal dan cepat panen. Pelajari kebutuhan tanaman yang akan kita pilih, termasuk apakah tanaman tersebut membutuhkan sinar matahari langsung atau tidak. 

5. Rutin Penyiraman

Mandi Junub

Tanaman organik akan tumbuh dengan baik di tanah yang lembap. Oleh karena itu, siramilah tanaman secara rutin, khususnya di satu minggu pertama penanaman. Siramlah tanaman dengan cara menyemprotkan benih dan tanah dengan semprotan khusus hingga tanah lembap dua kali sehari, yakni pagi dan sore. 

Jika sudah tumbuh, siramlah tanaman secukupnya. Kita bisa memeriksa kondisi tanah terlebih dahulu dengan memasukkan jari sedalam 2 cm. Jika masih basah, kita hanya perlu menyiramnya di sore hari untuk menghindari pembusukan. 

 6. Letakan Tanaman Pendamping 

Tanaman Hias Gantung

Selain sedikit bantuan manusia, sayuran organik mengandalkan alam untuk membantu pertumbuhan. Salah satu kunci keberhasilan perkebunan organik adalah proses penyerbukan. Buatlah lebah dan hewan penyerbuk lainnya seperti kupu-kupu untuk mengunjungi tanaman sayuran kita dengan menanam bunga di sekitar tanaman organik. 

Selain tanaman bunga, kita juga bisa meletakkan tanaman hias di sekitar tanaman organik untuk mencegah datangnya serangga pengganggu dan meminimalisir penyakit tanaman. 

7. Lindungi dengan Mulsa Organik

Mulsa adalah bahan untuk melindungi tanaman. Mulsa bermanfaat untuk mematikan tanaman pengganggu, melindungi tanah dari hujan, meningkatkan daya serap hingga memelihara kelembaban dan gizi tanah. Pilihlah mulsa organik yang berasal dari bahan-bahan alami dan mudah terurai seperti alang-alang atau jerami. 

Itulah 7 cara menanam sayuran organik di rumah. Tak perlu lahan yang luas untuk mendapat hasil maksimal, melainkan kualitas tanah, cahaya yang baik, dan konsistensi kita untuk merawat tanaman dengan baik. Selamat mencoba ya, Ladies!

Baca Juga:

Bikin Teras Rumah Cantik , Ini 10 Tanaman Hias Gantung

Intip Indahnya 5 Rumah Adat Sumatera Utara Berikut Ini Yuk!

Macam-Macam Tanaman Puring Beserta Harganya