Cara Menanam Bawang Putih di Rumah Dijamin Anti Gagal

0
134

Penulis: Gladys | Editor: Agnes

Bawang putih adalah salah satu bumbu dapur yang wajib hadir di berbagai makanan. Rasa dan aromanya yang khas, kerap menambah cita rasa makanan sekaligus menggoda nafsu makan kita. Tapi tahukah Ladies sebenarnya, kita bisa menanam bawang putih sendiri di rumah.

Menanam bawang putih juga tergolong mudah bagi pemula, loh! Ingin tahu bagaimana caranya? Ikuti tips-tips di bawah ini, Ladies!

1. Pilih Jenis Bawang Putih yang Unggul

Ada dua jenis bawang putih yang lazim ditemui di pasaran, yaitu bawang putih softneck dan bawang putih hardneck. Bawang putih softneck umumnya memiliki bentuk yang lebih kecil dan cocok untuk dibudidayakan di daerah panas. Sedangkan bawang putih hardneck, sesuai namanya, memiliki leher yang keras dan cocok dibudidayakn di daerah sejuk ataupun dingin.

Cocokkan jenis bawang putih tersebut dengan kondisi cuaca di daerah Ladies, lalu belilah di pasar atau supermarket terdekat. Lebih bagus lagi, kalau bisa beli langsung dari petani.

2. Sediakan Wadah Menanam Berupa Pot

Setelah membeli jenis bawang putih yang akan ditanam, siapkan pot yang cukup dalam, karena bawang putih rentan mengalami penyakit akar jamur. Tanamlah bawang putih di pot yang kurang lebih memiliki kedalaman 20 cm, memiliki lubang drainase di bawahnya, dan pastikan luas potnya cukup untuk menampung bawang putih dengan jarak 10 cm antar siung.

3. Siapkan Pula Media Tanam yang Baik

Jangan gunakan sembarang tanah untuk menanam bawang putih. Sebaiknya gunakan campuran serat kelapa, kompos, dan pasir. Isi pot dengan campuran tersebut dan sisakan sedikit ruang untuk meletakkan bawang putih yang akan ditanam.

4. Mulai Menanam Bawang Putih

Tanam bawang putih per siung saja, sehingga Ladies harus memisahkannya terlebih dahulu, lalu dilanjutkan dengan meletakkan bagian rata siung ditekan ke dalam tanah hingga menyisakan 2,5 cm bagian runcing dihadapkan ke atas. Beri jarak kurang lebih 10 cm antar siung agar tidak berhimpitan.

5. Rutin Merawat Bawang Putih

Jika sudah selesai, taruh pot tersebut di tempat yang terkena sinar matahari secara langsung. Apabila kesulitan menemukan tempat dengan sinar matahari langsung, setidaknya jemur pot bawang putih selama 6 jam sehari dengan bantuan lampu. Tujuannya agar bawang putih dapat tumbuh dengan baik. 

Jangan lupa penuhi kebutuhan air bawang putih dengan rutin menyiraminya. Semakin sering terkena panas, semakin banyak air yang diperlukan oleh bawang putih. Keluarnya tunas berwarna hijau dalam beberapa hari ke depan, menandakan cara menanam kita sudah benar. Ingat, tetap harus dijemur dan diberi air secukupnya.

6. Siap Panen

Tunas berwarna hijau tersebut akan semakin subur bahkan berubah warna menjadi kuning dalam beberapa hari selanjutnya. Itu pertanda bawang putih siap dipanen. Bersihkan sisa tanah yang melekat pada bawang putih dan gunakan bawang tersebut selama 2 hari ke depan agar rasanya tetap segar.

Bagaimana? Mudah, kan? Yuk coba menanam bawang putih sekarang, lumayan untuk mengisi kegiatan di akhir pekan.

Baca Juga:

Ini Cara Merawat Tanaman agar Tidak Layu dan Subur

Tertarik Memelihara Ikan Cupang? Ini 8 Cara Merawatnya!

Mudah dan Murah! Begini Cara Stek Tanaman Bagi Pemula