Begini Cara Menambah Followers dengan Giveaway

0
127

Penulis: Gladys | Editor: Agnes

Ladies pasti sering dengar istilah giveaway. Tren giveaway ini merembet ke berbagai selebgram dan artis ibukota lainnya. Salah ssatu efek dari giveaway adalah mampu menambah followers Instagram dengan cepat.

Tapi, apakah beneran bisa menambah followers yang loyal atau justru bakal di-unfollow massal setelah giveaway-nya selesai? Nah biar giveaway berhasil naikkin pengikut, pakai strategi ini ya!

1. Tentukan target yang ingin dicapai dari giveaway

cara menambah followers dengan giveaway

Giveaway kerap menjadi strategi promosi yang baik untuk meningkatkan brand awareness maupun loyalitas konsumen. Oleh karena itu, kita harus tentukan terlebih dulu tujuannya sebelum mulai melakukan giveaway; apakah hanya ingin sekadar berbagi, ingin menaikkan brand awareness, atau ingin menarik orang untuk beli produk kita.

Jika sudah menentukan tujuan, jangan lupa tentukan pula target market yang ingin kita jangkau. Ada baiknya menggunakan bantuan fitur ads (iklan) yang ada di media sosial ataupun berkolaborasi dengan influencer yang memiliki pengikut sesuai dengan target market kita.

2. Tentukan hadiah yang sesuai

cara menambah followers dengan giveaway

Setelah menentukan tujuan dan target market, kita harus memikirkan hadiah apa yang bakal menarik minat banyak orang. Sebagai contoh, saat ini masyarakat Indonesia gemar berbelanja dengan menggunakan uang elektronik, jadi untuk target market yang kecil bisa kita jangkau dengan meng-top up uang elektronik mereka.

Namun, untuk target market yang besar apalagi sampai menggunakan fitur ads dan berkolaborasi dengan influencer, sebaiknya berikan hadiah yang cukup mahal. Yang terpenting, sesuaikan dengan budget Ladies, ya.

3. Buat syarat dan ketentuan

cara menambah followers dengan giveaway

Dengan menentukan hadiah yang kecil, kita harus menyesuaikannya dengan syarat dan ketentuan giveaway ini. Jangan sampai syarat dari kita begitu banyak dan rumit, karena bisa membuat orang tidak tertarik diakibatkan tidak sesuai dengan hadiahnya. Adapun hadiah yang besar, boleh diberikan syarat dan ketentuan yang agak banyak.

Agar mudah melakukan tracking, sebaiknya tentukan pula hashtag untuk giveaway yang akan dilakukan. Lebih baik jika hashtag tersebut nyambung dengan nama brand dan eye-catchy biar mudah diingat.

4. Berikan nilai lebih agar followers tetap loyal

cara menambah followers dengan giveaway

Setelah periode giveaway selesai, kemungkinan besar followers baru akan segera meninggalkan akun kita. Untuk meminimalisir hal itu, cobalah untuk menganalisa demografi followers baru untuk dapat menyuguhkan value added lain. 

Tujuannya agar mereka tetap loyal. Caranya bisa dengan pembuatan konten yang lebih menarik dan relate ke followers, harga yang lebih bersaing, ataupun rutin mengadakan giveaway.

Itulah informasi cara menambah followers dengan giveaway. Semoga tips-tips di atas membantu ya, Ladies!

Baca Juga:

Begini Cara Mendapatkan Centang Biru di Instagram

Wajib Tahu! Begini Cara Cek Unfollowers di Instagram

Browser Antiblokir yang Aman Buat Pengguna Android