5 Cara Memilih Sex Toys yang Aman untuk Organ Intim

0
221

Penulis: Jessica | Editor: Agnes

Sex toys kini bukan lagi barang baru untuk eksplorasi seksualitas. Benda ini sering digunakan untuk mencapai kepuasan sekaligus fantasi. Meski begitu, kesehatan organ intim harus menjadi prioritas utama saat menggunakan sex toys. 

Di balik sensasi menyenangkan yang ditimbulkan sex toys, kita mesti tetap hati-hati loh. Berikut tips memilih sex toys yang tepat.

Pastikan Sex Toys Sudah Bersertifikasi

sex toys

Meski dilabeli sebagai “mainan”, bukan berarti bisa beli sex toy sembarangan ya. Sex toys yang aman dipakai pasti bersertifikasi alias bukan barang palsu. Hati-hati, sekarang banyak sex toys tiruan dengan harga lebih murah dan mengandung bahan berbahaya.

Dalam memilih sex toys, pastikan keaslian dan keamanannya. Ingat, organ intim kita harus tetap terjaga dan sehat. Jangan sampai hanya demi kepuasaan kita sampai rela beli sex toys abal-abal.

Pilih Sex Toys dengan Bahan yang Aman

sex toys

Pertimbangkan juga jenis bahan alias material saat memilih sex toys. Bahan yang aman tentu saja lebih menjamin organ intim kita tetap sehat. Beberapa jenis bahan yang disarankan antara lain silikon, stainless steel, dan kaca borosilikat.

Silikon menjadi material yang paling banyak dipilih karena lebih elastis. Selain itu, bahan ini jauh lebih aman daripada bahan kimia. Untuk harga, sex toys dari bahan silikon memang cenderung lebih mahal.

Sex Toys Tidak Mengandung Bahan Kimia Berbahaya

sex toys

Hal penting dalam memilih sex toys adalah memastikan tidak ada bahan kimia berbahaya di dalamnya, seperti phthalate. Bahan ini biasa ditemukan pada sex toys yang harganya jauh lebih murah.

Selain material tadi, bahan kimia lain yang wajib kita waspadai adalah trimethyltin chloride, phenol, carbon disulfide, toluene, dan admium. Cara paling mudah untuk mendeteksi bahan tersebut adalah dari baunya. Jika aromanya terlalu kuat, besar kemungkinan sex toys tersebut kurang aman digunakan.

Perhatikan Tekstur dan Kebersihan Sex Toys

sex toys

Bakteri dapat mudah menempel pada sex toys dengan tekstur berpori dan jarang dibersihkan. Oleh karena itu, kita perlu merawat sex toys sebaik mungkin agar tidak menjadi sarang bakteri.

Pastikan untuk mencuci terlebih dahulu sex toys yang baru dibeli. Tujuannya agar penggunaannya nanti tidak merusak organ intim kita. Tidak mau kan kalau area vital kita jadi kena masalah gara-gara sex toys?

Jangan Gunakan Buah sebagai Sex Toys

sex toys

Penggunaan buah sebagai sex toys sebaiknya dihindari ya, Ladies. Beberapa wanita gemar memakai mentimun karena teksturnya yang lembut. Padahal, penggunaan mentimun dapat membahayakan vagina loh.

Penggunaan buah juga rentan memunculkan bakteri di area vagina. Selain itu, menggunakan buah sebagai sex toys juga berisiko menimbulkan cedera pada lapisan vagina.

Bagaimana pun kesehatan organ intim harus diutamakan dalam penggunaan sex toys. Pilih dan perhatikan baik-baik sebelum memakainya ya!

Baca Juga:

Ssst! Ternyata Begini Cara Memuaskan Diri Sendiri untuk Wanita

Gaya Hubungan Intim yang Dilarang dalam Hukum Islam

Tips Ciuman Bibir Romantis yang Bikin Mabuk Kepayang