Cara Memelihara Ikan Koi di Rumah untuk Pemula

0
163

Penulis: Marcia | Editor: Agnes

Memelihara ikan koi adalah pilihan tepat bagi Ladies yang ingin mempercantik rumah. Selain itu, ikan koi juga dipercaya sebagai pembawa keberuntungan. Jadi, tidak heran banyak orang yang ingin memelihara ikan koi di rumah.

Nah, untuk Ladies yang ingin memelihara ikan koi tapi tak tahu caranya, simak artikel ini ya. Kali ini Ladies Corner telah merangkum tips merawat ikan koi di rumah bagi pemula.

1. Siapkan Kolam yang Besar

cara memelihara ikan koi

Satu-satunya media untuk menempatkan ikan koi tumbuh sehat adalah di kolam besar yang bersih dan ruang terbuka (outdoor). Ikan koi akan mengalami pertumbuhan yang cepat dan besar, sehingga tidak cocok di akuarium. 

Posisi kolam sebaiknya di tempat yang tenang dan mendapat sinar matahari langsung. Tutupi kolam dengan wadah berlubang untuk mengurangi penguapan dan percikan serta mencegah ikan melompat keluar.

Jika memelihara ikan koi di area indoor, jangan lupa untuk melengkapi kolam dengan filter akuarium yang dapat memproses semua air di dalam tangki 3 hingga 5 kali dalam satu jam. 

2. Isi dengan Air Bersih

cara memelihara ikan koi

Pastikan kolam dialiri air yang bersih dan tidak keruh. Jika kita baru membuat kolam, hindari menggunakannya di saat itu juga. Diamkan kolam selama 2 minggu agar bau cat dan semennya tidak tercium. 

Isi kolam dengan air minimal 3 kaki atau sekitar 1 meter. Jika kolam berada di area indoor, pastikan suhu air berada di antara 18  hingga 24 derajat celsius. 

3. Jangan Langsung Memindahkan Ikan

cara memelihara ikan koi

Hindari langsung memindahkan ikan ke kolam. Sama seperti manusia, ikan koi juga membutuhkan waktu untuk beradaptasi. Apungkan ikan koi di dalam plastik berisi air yang baru kita beli di dalam akuarium berisi air kolam. Biarkan ikan menyesuaikan suhu air. Setelah 30 menit, lepaskan ikan ke dalam kolam. 

Namun jika kita baru menambah ikan koi, pastikan kita mengkarantinanya terlebih dulu di dalam akuarium terpisah. Setelah beberapa hari dan ikan terlihat sehat, kita bisa mencampurkan ikan tersebut ke dalam kolam yang sudah ada ikan koi lama. 

4. Memberi Makan Ikan Koi

cara memelihara ikan koi

Memberi makan ikan koi disarankan di satu tempat atau titik tertentu pada kolam. Hal ini akan membuat mereka terbiasa berkumpul di tempat tersebut dan menjadi jinak. 

Gunakan makanan yang mengambang seperti pelet kering khusus ikan koi. Berilah pakan sedikit demi sedikit dan jangan berlebihan karena ikan koi tidak memiliki lambung untuk mencerna makanan. 

Makanan berlebih akan terbuang sia-sia dan memperburuk kualitas air. Beri pakan ikan koi 2 hingga 3 kali sehari pada pagi, siang, dan sore hari. Jika ada bekas pakan mengambang, segera angkat. 

5. Menjaga Kesehatan Ikan

cara memelihara ikan koi

Alangkah lebih baik jika kita mengutamakan kualitas ketimbang kuantitas. Semakin sedikit ikan koi yang dipelihara, akan lebih baik. Namun jika ingin memelihara banyak ikan koi, pastikan kolam yang kita punya sangat luas sehingga mereka tidak berebutan oksigen di dalam air. 

Jangan lupa untuk rutin mengganti seperempat air kolam dengan yang baru jika air sudah mulai keruh. Saat menguras kolam, pastikan kita melengkapi peralatan dengan selang air, jaring skimmer, dekolarinator, dan penyedot untuk menghilangkan zat berbahaya. Pisahkan ikan yang sakit ke dalam wadah besar lainnya agar ikan sehat lain tidak tertular. 

Itulah penjelasan mengenai cara memelihara ikan koi bagi pemula. Tertarik mencobanya, Ladies? Siapkan semua perlengkapannya dahulu ya!

Baca Juga:

Ini Cara Merawat Tanaman agar Tidak Layu dan Subur

Dijamin Puas! Begini Cara Merangsang Wanita dengan Cepat

Demi Privasi, Begini Cara Mematikan Status Online di WhatsApp