Cara Membuat Tanda Tangan Digital, Solusi Buat Kamu yang WFH

0
104

Penulis: Gladys | Editor: Agnes

Bekerja dari rumah atau Work From Home (WFH) membuat kita harus beradaptasi dengan serangkaian teknologi dan aplikasi terbaru agar dapat menjalankan aktivitas lebih mudah. Jika aplikasi ZOOM dapat kita gunakan untuk meeting online, ada juga loh aplikasi untuk membuat tanda tangan digital.

Tanda tangan digital tidak boleh sembarangan karena legalitasnya juga patut dipertanyakan. Oleh karena itu, cara membuat tanda tangan digital selama WFH ini patut disimak supaya legalitasnya terjamin, Ladies.

1. CreateMySignature

Website yang menyediakan jasa membuat tanda tangan digital gratis ini bisa Ladies gunakan untuk membubuhi tanda tangan di berbagai dokumen. Perhatikan langkah-langkahnya :

  • Kunjungi createmysignature.com.
  • Pilih Draw signature yang terletak di sebelah kiri layar.
  • Buat tanda tanganmu. Kamu bisa menghapusnya dengan klik logo penghapus di kanan atas, lalu membuat tanda tangan ulang.
  • Jika tanda tanganmu telah sesuai, klik Save dan pilih Download.
  • Tanda tangan digitalmu tersimpan otomatis dalam format file PNG dan bisa kamu masukkan di berbagai dokumen.

2. Signaturely

Jika Ladies menginginkan tanda tangan digital yang terlihat lebih bold atau ingin berwarna, bisa gunakan website Signaturely ini. Caranya:

  • Kunjungi signaturely.com.
  • Klik Draw your signature.
  • Buat tanda tanganmu pada kolom yang tersedia.
  • Silakan pilih warna, ketebalan, dan kemiringan tanda tangan sesuai yang Ladies hendaki.
  • Jika sudah selesai, klik Download eSignature.

3. Approve Me Signature

Ada lagi website lainnya yang dapat kita gunakan untuk membuat tanda tangan digital, yaitu Approve Me Signature. Untuk cara menggunakannya, perhatikan di bawah ini ya, Ladies: 

  • Kunjungi website https://www.approveme.com.
  • Buat tanda tangan di kolom Draw It yang berada di sebelah kiri.
  • Jika ingin mengulang saat membuat tanda tangan, klik Clear.
  • Jika sudah selesai membuat tanda tangan, klik Save Your Signature.
  • Gunakan akun Google untuk login dan mengunduh tanda tangan digital.

4. Privy ID

Selanjutnya, aplikasi produksi dalam negeri yang dapat membantu kita mengirim dokumen penting dengan tanda tangan digital. Privy ID telah mengantongi ijin dari Kementerian Komunikasi dan Informasi sehingga kerahasiaan dokumenmu lebih terjamin. Cara membuat tanda tangan digital menggunakan aplikasi PrivyID:

  • Registrasi akun terlebih dulu lalu buka menu Setting yang terdapat di pojok kanan atas profilmu.
  • Pilih Signature dan klik Add Signature.
  • Aplikasi ini dapat membuat tanda tangan digitalmu secara otomatis, cukup dengan kamu mengetikkan namamu. Tapi kamu juga bisa menggambarnya pada kolom yang tersedia.
  • Tanda tangan digitalmu akan tersimpan secara otomatis dan dapat kamu gunakan untuk menandatangani dokumen yang telah kamu unggah ke Privy ID.

5. Microsoft Word

Ladies, enggak mau ribet? Tenang, Microsoft Word juga bisa kita gunakan untuk membuat tanda tangan digital, kok. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Buat tanda tangan pada kertas berwarna putih, lalu foto tanda tangan tersebut dan upload ke komputer.
  • Buka dokumen Microsoft Word yang perlu ditandatangani, lalu klik menu Insert, pilih Pictures, pilih foto tanda tangan tersebut.
  • Klik tanda tangan digital yang sudah tersemat, lalu pilih menu Format, klik Color, pilih opsi Set Transparent Color sambil ketuk area latar pada gambar tanda tangan digital untuk membuatnya terlihat transparan
  • Sesuaikan ukuran tanda tangan digital dengan menggunakan crop tools, lalu pilih opsi Wrap Text agar tanda tangan bisa diatur posisinya sesuai kebutuhan.

Itulah penjelasan mengenai cara membuat tanda tangan digital selama WFH. Semoga bermanfaat, Ladies!

Baca Juga:

Nggak Usah Panik! Begini Cara Mengatasi Hp Disadap

Demi Privasi, Begini Cara Mematikan Status Online di WhatsApp

Wajib Tahu! Begini Cara Membuka dan Download WhatsApp di Laptop