Cara Membuat Surat Rekomendasi Beasiswa, Dijamin Tembus Beasiswa

0
20

Penulis: Radistya | Editor: Agnes

Bagi para Ladies yang tertarik untuk melanjutkan pendidikan, mendapatkan beasiswa tentunya adalah hal yang diidam-idamkan. Beasiswa pendidikan merupakan bantuan secara materil dan atau non materiil untuk para pelajar dalam mengemban pendidikan. Dengan mendapatkan beasiswa, kamu tidak perlu lagi khawatir dengan biaya-biaya besar yang harus dikeluarkan, Ladies.

Nah, salah satu syarat yang biasanya dibutuhkan untuk mendapatkan beasiswa adalah surat rekomendasi. Lalu apa sih surat rekomendasi beasiswa itu? Simak info lengkap tentang, struktur, cara membuat, dan contoh surat rekomendasi beasiswa di bawah ini, yuk!

Tentang Surat Rekomendasi Beasiswa

format-surat-rekomendasi-beasiswa

Dalam memberikan beasiswa, sebuah institusi ataupun lembaga penyedia program beasiswa ingin memberikan beasiswa untuk individu yang berkualitas dalam bidang prestasi. Selain syarat-syarat akademis, surat rekomendasi beasiswa menjadi hal yang tidak kalah penting loh, Ladies.

Surat rekomendasi beasiswa merupakan sebuah pernyataan tertulis resmi yang berisikan rekomendasi dan alasan mengapa seseorang layak mendapatkan beasiswa. Biasanya, surat rekomendasi beasiswa diberikan oleh pihak berwenang yang mengetahui kemampuan seseorang, seperti dosen, guru, atasan, supervisor, dan sebagainya.

Surat rekomendasi beasiswa juga berfungsi untuk memberikan bukti referensi kemampuan seseorang dari sudut pandang orang terpercaya. Itulah alasan mengapa surat rekomendasi menjadi hal penting dalam proses lamaran beasiswa.

Cara Membuat Surat Rekomendasi Beasiswa serta Strukturnya

format-surat-rekomendasi-beasiswa

Sebagai surat resmi yang menjadi syarat administratif dalam melamar beasiswa, surat rekomendasi tidak boleh dibuat secara asal, Ladies. Ada beberapa hal yang harus tercantum di dalamnya.

Dalam membuat surat rekomendasi beasiswa, kamu harus memperhatikan struktur suratnya. Berikut adalah struktur surat rekomendasi beasiswa yang perlu kamu ketahui.

  1. Kop surat resmi dari lembaga atau institusi yang mengeluarkan surat rekomendasi beasiswa.
  2. Judul surat rekomendasi beasiswa yang ditulis menggunakan huruf kapital pada bagian bawah kop surat.
  3. Tanggal dikeluarkannya surat rekomendasi beasiswa atau nomor surat jika ada.
  4. Identitas atau keterangan tentang yang memberikan rekomendasi beserta jabatannya.
  5. Isi surat rekomendasi beasiswa, berupa identitas individu yang direkomendasikan, keperluan surat rekomendasi, serta data diri yang direkomendasikan.
  6. Penjelasan dan alasan rekomendasi yang dijabarkan dengan detail tentang kepribadian dan kemampuan yang direkomendasikan.
  7. Penutup berupa tanda tangan pemberi rekomendasi beserta cap resmi institusi.

Contoh Surat Rekomendasi Beasiswa

Kalau kamu masih bingung membuat surat rekomendasi beasiswa, kamu bisa melihat beberapa contoh yang ada diinternet. Nah, berikut ini beberapa contoh surat rekomendasi beasiswa yang bisa kamu jadikan referensi, Ladies. 

format-surat-rekomendasi-beasiswa

format-surat-rekomendasi-beasiswa

format-surat-rekomendasi-beasiswa

format-surat-rekomendasi-beasiswa

format-surat-rekomendasi-beasiswa

Setelah membaca artikel lengkap mengenai surat rekomendasi beasiswa, semoga Ladies bisa membuat surat rekomendasi beasiswa yang baik dan benar, ya! Jangan lupa untuk memenuhi persyaratan yang dibutuhkan agar proses lamaran beasiswa Ladies berjalan dengan lancar. Good luck, Ladies!

Baca Juga:

6 Contoh Membuat Surat Penawaran Barang, Simak Cara Membuatnya

Inilah 6 Contoh Surat Undangan untuk Rapat dan Cara Membuatnya

Cara Membuat dan Contoh Surat Keterangan Belum Menikah