Ini Dia, Cara Membuat Surat Pengalaman Kerja yang Baik dan Benar

0
199

Penulis: Raizza | Editor: Agnes

Surat pengalaman kerja adalah surat yang dibuat untuk menunjukkan bahwa kita pernah berkecimpung dalam dunia kerja. Surat ini termasuk dalam kategori surat resmi karena dikeluarkan oleh pihak yang berwenang, yaitu perusahaan tempat kita bekerja.

Buat Ladies yang saat ini membutuhkan surat pengalaman kerja, berikut ini Ladies Corner bagikan seperti apa cara membuat surat pengalaman kerja. Disimak baik-baik, ya.

Fungsi Pembuatan Surat Pengalaman Kerja

cara membuat surat pengalaman kerja

Pembuatan surat jenis apapun pasti memiliki fungsi atau tujuannya. Apalagi surat yang berhubungan dengan pekerjaan atau pun yang bersifat formal. Berikut ini ada beberapa fungsi dari membuat surat pengalaman kerja:

1. Melamar kerja

Umumnya, beberapa perusahaan akan meminta surat pengalaman kerja sebagai salah satu syarat untuk melamar di perusahaannya. Hal ini berfungsi sebagai penguat dan bukti yang valid bahwa kita pernah bekerja di perusahaan sebelumnya.

Tentunya ini bisa sangat membantu HRD dalam menentukan apakah kita memang layak untuk posisi tersebut atau tidak.

2. Keperluan penarikan dana BPJS

Pihak BPJS biasanya menerapkan beberapa syarat penting untuk penarikan dana, tepatnya dana JHT atau Jaminan Hari Tua. Salah satu syarat tersebut adalah adanya surat pengalaman kerja.

3. Berkas penunjang pengajuan beasiswa

Pengajuan beasiswa tidak hanya diperuntukkan bagi mahasiswa reguler. Mahasiswa kelas karyawan juga memiliki hak yang sama, loh. Nah, salah satu berkas penunjang yang diperlukan adalah surat pengalaman kerja.

4. Keperluan pinjaman dengan bank

Untuk Ladies yang berniat mengajukan pinjaman untuk berbagai hal di bank, salah satu berkas yang diperlukan adalah surat pengalaman kerja. 

Struktur Surat Pengalaman Kerja

cara membuat surat pengalaman kerja

Meskipun biasanya surat pengalaman kerja dibutuhkan sebagai penunjang saja, akan tetapi cara membuatnya juga tidak bisa sembarangan, loh. Berikut ini ada sejumlah struktur yang harus ada dalam surat pengalaman kerja:

1. Bagian kepala/kop surat

Sama seperti kop surat pada umumnya, bagian ini berisi nama perusahaan yang mengeluarkan surat tersebut. Lalu alamat dan nomor telepon perusahaan.

2. Bagian perihal surat

Bagian ini berisi tentang informasi isi surat. Biasanya, langsung dituliskan dengan kalimat “SURAT PENGALAMAN KERJA”.

3. Isi surat

Bagian ini memuat data informasi lengkap mengenai karyawan yang dibuatkan surat. Seperti nama lengkap, lama waktu bekerja di perusahaan tersebut, serta penilaian terhadap kontribusi karyawan tersebut.

4. Bagian penutup

Pada bagian ini memuat keterangan pembuatan surat, tempat serta tanggal dibuatnya surat, serta nama lengkap dan tanda tangan jelas pembuat surat.

Contoh Surat Pengalaman Kerja

cara membuat surat pengalaman kerja

Untuk Ladies yang masih bingung atau mencari referensi pembuatan surat pengalaman kerja, berikut ini Ladies Corner bagikan contohnya.

PT Sukses Berkah

Jl. Kenangan, No. 15, Surabaya, Jawa Timur

021 880 273 84

SURAT PENGALAMAN KERJA

Yang bertanda tangan di bawah ini, menerangkan bahwa:

Nama : Indra Rukmana

NRP : 31752

Adalah benar karyawan dari PT Sukses Berkah yang bekerja di perusahaan kami sejak 01 November 2017 sampai dengan tanggal 28 September 2019 sebagai General Manajer. Selama bekerja, yang bersangkutan sudah memberikan kinerja dan kontribusi terbaiknya kepada perusahaan. 

Terhitung sejak 01 Oktober 2019, yang bersangkutan tidak lagi bekerja di perusahaan kami karena telah habis masa kontrak.

Demikian surat pengalaman kerja  ini dibuat untuk digunakan sebagaimana mestinya.

Jakarta, 17 September 2019

 

 

Siti Rukmana

Human Resource Division Head

Nah, itulah tadi beberapa hal yang perlu Ladies ketahui soal cara membuat surat pengalaman kerja. Semoga informasi ini membantu, Ladies.