Cara Membuat Surat Keterangan Sehat, Penting Banget!

0
74

Penulis: Radistya | Editor: Agnes

Bagi para Ladies yang ingin melamar kerja, biasanya Ladies akan diminta untuk menyertakan surat keterangan sehat. Nah, ternyata surat ini sangat penting loh sebagai syarat dokumen melamar kerja.

Kali ini Ladies Corner akan mengupas tuntas tentang surat Kkterangan sehat mulai dari pengertian, cara membuat, hingga contohnya! So, keep scrollingLadies.

Pengertian Surat Keterangan Sehat

Surat-Keterangan-Sehat

Surat keterangan sehat adalah dokumen tertulis yang menyatakan bahwa seseorang sehat secara jasmani dan rohani oleh lembaga kesehatan, seperti puskesmas atau rumah sakit. Untuk mendapatkannya,  Ladies harus melakukan serangkaian pemeriksaan oleh tenaga medis.

Umumnya, surat keterangan sehat umumnya dibutuhkan sebagai syarat administrasi lamaran kerja, pendaftaran sekolah, menikah, dan naik haji. Dalam pembuatannya, pastikan Ladies dalam keadaan sehat dan bugar, ya! 

Namun, surat ini hanya berlaku sekitar 1-2 minggu setelah pemeriksaan. Jadi sesuaikan jadwal pembuatan surat keterangan sehat dengan batas waktu pengumpulan berkas di instansi terkait.

Syarat Membuat Surat Keterangan Sehat

Surat-Keterangan-Sehat

Sebelum mulai membuat Surat Keterangan Sehat, Ladies perlu menyiapkan dokumen berikut ini:

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) beserta fotocopy
  • Pas foto berwarna, ukuran 3×4
  • Uang sebesar Rp10.000-Rp100.000

Sebenarnya, proses pembuatan surat keterangan sehat di puskesmas maupun rumah sakit ini tidak jauh berbeda. Namun, terkait biaya yang harus dibayarkan, tentu akan disesuaikan dengan lokasi layanan medis yang Ladies pilih.

Cara Membuat Surat Keterangan Sehat

Surat-Keterangan-Sehat

Jika sudah mempersiapkan dokumen tersebut, berikut ini beberapa cara membuat surat keterangan sehat yang harus Ladies tahu.

  1. Kunjungi tempat pembuatan Surat Keterangan Sehat, yaitu puskesmas terdekat atau rumah sakit. Ladies juga bisa memilih Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) agar biaya administrasi yang dikeluarkan lebih sedikit.
  1. Lakukan pendaftaran untuk keperluan pembuatan Surat Keterangan Sehat.
  2. Siapkan dokumen dan uang untuk pembayaran biaya administrasi. Umumnya, biaya yang diperlukan sekitar Rp 10.000-Rp 50.000 untuk administrasi, namun itu belum termasuk biaya pemeriksaan penunjang lainnya.
  3. Petugas medis akan melakukan serangkaian pemeriksaan umum. Pemeriksaan yang dilakukan pada tahap ini biasanya meliputi pengecekan tekanan darah, tinggi badan, berat badan, mata, dan lain-lain.
  4. Ladies dapat mengambil surat keterangan sehat yang ditandatangani oleh dokter setelah 7 hingga 14 hari kerja.

Jika Ladies dinyatakan sehat jasmani da rohani, maka dokter akan memberikan surat ini. Namun, jika dokter menemukan indikasi masalah tertentu pada kesehatan Ladies, dokter akan merekomendasikan pemeriksaan lanjutan. Tujuannya mengetahui penyakit dan pengobatan yang tepat sesuai penyakit Ladies.

Contoh Surat Keterangan Sehat

Surat ini bisa Ladies terima dalam beberapa hari setelah melakukan pemeriksaan, misalnya 3, 7, atau 15 hari kerja. Berikut ini contoh surat keterangan sehat yang perlu Ladies tahu. 

Surat-Keterangan-Sehat

Baca Juga:

Wajib Tahu! Ini Dia Contoh, Struktur, dan Cara Membuat Surat Kuasa

Wajib Teliti! Ini Struktur dan Cara Membuat Surat Perjanjian yang Benar

6 Contoh Membuat Surat Penawaran Barang, Simak Cara Membuatnya