Cara Membuat Surat Keterangan Penghasilan, Ternyata Mudah Loh!

0
42

Penulis: Radistya | Editor: Agnes

Ketika sedang mengurus sesuatu, pernahkah Ladies diminta untuk menyertakan surat keterangan penghasilan? Surat keterangan penghasilan, atau biasa disingkat dengan SKP, adalah salah satu surat yang biasanya dibutuhkan sebagai syarat administratif.

Nah, surat keterangan penghasilan ini menjadi salah satu jenis surat yang penting untuk kamu ketahui. Bagi Ladies yang ingin tahu susunan dan contoh surat keterangan penghasilan yang benar, mari simak selengkapnya di bawah ini, yuk!

Tentang Surat Keterangan Penghasilan

Surat-Keterangan-Penghasilan

Surat keterangan penghasilan merupakan salahs atu surat yang biasanya dibutuhkan sebagai syarat administratif. Seperti namanya, surat ini tentu berisikan tentang informasi mengenai penghasilan Ladies.

Biasanya, surat keterangan penghasilan dibutuhkan sebagai dokumen pelengkap untuk persyaratan administratif. Tujuan pernyataan surat ini adalah sebagai bukti bahwa seseorang dapat menanggung atau mampu membayarkannya dengan penghasilan mereka.

Fungsi Surat Keterangan Penghasilan

Surat-Keterangan-Penghasilan

Adapun beberapa keperluan yang membutuhkan surat keterangan penghasilan sebagai dokumen persyaratan adalah sebagai berikut:

  1. Untuk melamar pekerjaan
  2. Untuk mengajukan beasiswa
  3. Untuk mengklaim dana Jaminan Hari Tua (JHT)
  4. Untuk mengajukan visa
  5. Untuk mengajukan pinjaman atau kredit.

Komponen Surat Keterangan Penghasilan

Surat-Keterangan-Penghasilan

Pada umumnya, surat keterangan penghasilan dikeluarkan oleh perusahaan tempat Ladies bekerja. Namun, jika Ladies merupakan seorang wiraswasta atau bekerja sebagai freelance, kamu bisa membuatnya sendiri.Berikut ini adalah komponen yang biasanya terdapat pada surat keterangan penghasilan:

  • Nama surat dan nomor surat
  • Data diri karyawan dengan lengkap
  • Detail gaji atau penghasilan beserta tunjangan dan komponen lainnya
  • Kop surat perusahaan (jika ada)
  • Identitas pembuat surat
  • Tanggal dibuatnya surat
  • Tujuan dari pembuatan surat
  • Pengesahan atau tandatangan dari pihak berwenang.

Cara Membuat Surat Keterangan Penghasilan

Surat-Keterangan-Penghasilan

Jika Ladies merupakan seorang karyawan, kamu bisa mengajukan permintaan untuk membuat surat keterangan penghasilan kepada bagian personalia atau HRD. Surat keterangan penghasilan tentu berbeda dengan slip gaji ya, Ladies!

Slip gaji biasanya berisikan detail dari penghasilan beserta pajak dan pemotongan lainnya. Sementara itu, surat keterangan penghasilan adalah surat resmi yang dikeluarkan perusahaan untuk menerangkan penghasilan yang didapatkan oleh karyawan.

Ladies perlu menghubungi bagian personalia atau HRD untuk mengajukan pembuatan surat. Jangan lupa untuk berikan informasi detail tentang tujuan pembuatan surat ini, ya! 

Jika Ladies adalah seorang wiraswasta, tetap bisa membuat surat keterangan penghasilan kok. Cantumkan komponen-komponen yang wajib berada pada surat keterangan penghasilan.

Pastikan Ladies menuliskan informasi dengan benar, ya! Setelah itu, Ladies perlu meminta tanda tangan pihak RW setempat agar surat keterangan penghasilanmu dianggap sah untuk digunakan.

Itulah penjelasan lengkap mengenai cara membuat surat keterangan penghasilan. Pastikan kamu mencantumkan informasi yang benar ketika membuatnya ya, Ladies. Selamat mencoba!

Baca Juga:

Tips dan Contoh Membuat Surat Lamaran Kerja Tulis Tangan

Bagi Pekerja Wajib Tahu Contoh dan Struktur Surat Izin Kerja

Contoh Surat Pengalaman Kerja dalam Bahasa Inggris