Cara Membuat Bingkai Foto dari Kardus, Mudah dan Praktis Banget

0
35

Penulis: Gladys | Editor: Agnes

Ladies, sampah juga punya nilai jual yang tinggi jika dikreasikan menjadi barang bermanfaat, contohnya seperti kardus. Meskipun barang bekas, tetapi kardus selalu bisa didaur ulang menjadi barang yang indah.

Jadi, jika Ladies punya banyak kardus bekas hasil dari online shopping, jangan buru-buru dibuang. Kali ini Ladies Corner akan mengajakmu untuk membuat kerajinan tangan bingkai foto dari kardus. Jadi simak sampai habis ya, Ladies.

Alat-Alat yang Perlu Disiapkan

Cara-Membuat-Bingkai-Foto-dari-Kardus

Sebelum membuat bingkai foto, siapkan terlebih dahulu alat-alat yang dibutuhkan. Berikut alat-alat yang dibutuhkan:

  • Kardus bekas yang masih bagus (tidak basah) dan cukup tebal
  • Gunting
  • Cutter
  • Pensil atau spidol
  • Penggaris
  • Tali
  • Lem atau perekat lainnya
  • Kertas origami
  • Pernak-pernik sesuai selera
  • Kertas putih, hitam, atau kertas kado.

Langkah-Langkah Membuat Bingkai Foto

Setelah menyiapkan bahan-bahannya, Ladies bisa mengikuti langkah-langkah membuat bingkai berikut ini. Perhatikan caranya dengan detil ya, Ladies.

1. Gunting kardus

Cara-Membuat-Bingkai-Foto-dari-Kardus

Bingkai foto dari kardus terdiri dari dua bagian, yang pertama kardus untuk sisi depan dan kedua untuk sisi belakang. Kedua bagian ini perlu digunting dari lembaran karton yang telah kamu siapkan. Pastikan ukurannya lebih besar dari foto yang akan Ladies bingkai.

2. Gunakan cutter atau gunting untuk memotong bagian tengah kardus

Cara-Membuat-Bingkai-Foto-dari-Kardus

Setelah berhasil menggunting dua bagian kardus yang lebih besar dari ukuran foto, Ladies perlu membuat lubang di tengah bagian kardus pertama. Lubang inilah yang akan digunakan untuk meletakkan foto yang akan dibingkai.

Gunakan pensil atau spidol untuk menandai bagian tengah yang akan digunting. Contohnya, jika foto yang Ladies siapkan berukuran 12 x 6 cm, maka bagian tengah yang harus dilubangi sesuai dengan ukuran tersebut.

Sisakan beberapa centimeter secara merata pada setiap sisi. Gunakan cutter agar menghasilkan potongan lubang rapi, tapi harus hati-hati, ya!

3. Hias sesuai selera

Cara-Membuat-Bingkai-Foto-dari-Kardus

Menghias menjadi bagian paling menyenangkan. Setelah kardus pertama berhasil dilubangi, Ladies bisa menghiasnya terlebih dulu.

Gunakan pernak-pernik dari barang yang sudah tidak terpakai. Bisa juga dari barang sisa yang Ladies miliki.

Ladies juga bisa memanfaatkan kain perca atau renda bekas baju untuk melapisi bagian pertama kardus yang akan jadi bingkai. Jika penggunaan lem kertas dapat merusak estetika, Ladies bisa menggunakan double tape untuk merekatkan kertas origami atau pernak-pernik lain yang telah disiapkan.

4. Gunting kardus untuk buat bagian belakang

Saat menghias bagian kardus pertama sudah selesai, langkah berikutnya adalah merekatkannya bagian kardus kedua. Jangan buru-buru untuk merekatkan semua bagian karena perlu memasukkan foto terlebih dulu. Jika foto sudah masuk, baru rekatkan semua bagian!.

5. Gunting kardus untuk membuat penyangga

Cara-Membuat-Bingkai-Foto-dari-Kardus

Langkah terakhir yang harus dilakukan adalah membuat penyangga atau gantungan bingkai. Jika bingkai foto ingin diletakkan di atas meja, Ladies perlu menggunting kardus lagi untuk membuat penyangga.

Jika Ladies ingin meletakkan bingkai foto di dinding, lubangi kardus dan buat gantungan dari tali. Bingkai foto cantik pun telah selesai.

Ternyata membuat kerajinan tangan dari kardus jadi bingkai foto ini sangat menyenangkan, ya? Kamu bisa mengajak saudara, anak, maupun pasangan untuk melakukannya bersama-sama supaya tambah menyenangkan, Ladies!

Baca Juga:

5 Kerajinan dari Koran Bekas, Bisa Menghasilkan Cuan Banyak!

17 Ide Kerajinan dari Limbah Organik, Bisa Buat Usaha!

Kerajinan Tangan dari Barang Bekas yang Bisa Menghasilkan Untung