Cara Membaca Hasil USG, Wajib Banget Tahu Ladies!

0
71

Penulis: Jessica | Editor: Agnes

Teknologi zaman sekarang sudah membantu para ibu dalam menjalani proses kehamilan. Salah satunya adalah dengan adanya USG. Bukan hanya sebagai alat kontrol kesehatan janin saja, USG juga ternyata memberi banyak gambaran mengenai kondisi calon bayi, loh.

Bagi Ladies yang mungkin baru pertama kali mengalami kehamilan, berikut ada cara untuk membaca USG yang dapat dijadikan pedoman. Para Ladies yang jadi calon ibu bisa belajar dari penjelasan ini nih

Istilah atau Singkatan dalam USG

cara-membaca-hasil-usg

Dalam USG, ada beberapa singkatan yang mesti kita pahami, Ladies. Istilah-istilah yang kerap muncul adalah sebagai berikut:

  • Gestational Age (GA): perkiraan usia kehamilan janin, dapat dilihat dari panjang tungkai lengan, kaki, dan diameter kepala janin.
  • Gestational Sac (GS): ukuran kantung kehamilan, umumnya memiliki bentuk bulatan hitam.
  • Biparietal Diameter (BD): menunjukkan diameter kepala bayi.
  • Head Circumference (HC): menunjukkan lingkar kepala bayi, biasanya pada usia 14 minggu.
  • Crown-Rump Length (CRL): panjang janin, diukur dari ujung kepala sampai bokong. 
  • Abdominal Circumference (AC): menunjukkan ukuran diameter perut bayi.
  • Femur Length (FL): panjang tulang kaki bayi serta dapat membantu menentukan usia janin.
  • Estimated Due Date (EDD): perkiraan tanggal persalinan (HPL) berdasarkan hitungan usia kehamilan maksimal 40 minggu setelah hari pertama haid terakhir.

Memahami beberapa istilah tadi dapat memudahkan kita dalam membaca USG, loh. Biasanya daftar singkatan tadi kita dapati dalam USG 2 dimensi.

Penentuan Usia Kehamilan pada Trimester Pertama

cara-membaca-hasil-usg

Pada usia kehamilan 6-10 minggu, calon bayi masih berbentuk seperti gumpalan kecil. Baru di usia minggu ke-12, kepala janin mulai tampak di USG. Memasuki usia ke-20 minggu, jantung, mata, hidung, dan kaki janin mulai terlihat lebih jelas.

Bentuk bayi yang akan lahir akan dapat lebih mudah dilihat ketika kondisi janin sudah mulai membesar. Usia kehamilan juga dapat ditentukan lewat penampakan janin yang muncul saat trimester pertama ini.

Membaca USG dari Gambar

cara-membaca-hasil-usg

Foto yang tampil pada USG dapat dijadikan pedoman untuk memperkirakan posisi tulang belakang dan kepala bayi. Bayi sungsang biasanya memiliki posisi kepala di atas rahim yang kemungkinan akan membuat kesulitan bagi sang ibu saat melahirkan. Oleh sebab itu, hasil USG dapat membantu dokter dalam mengambil keputusan tepat saat persalinan.

Perlu dicatat ya bahwa posisi janin sendiri dapat terus berputar hingga kehamilan di usia tua. Jadi, Ladies yang sedang hamil juga perlu mendiskusikan dengan dokter mengenai posisi bayi tiap kontrol. Pastikan posisi tersebut sudah sesuai dengan usia janin atau tidak.

Warna pada USG

cara-membaca-hasil-usg

Ada tiga warna yang terdapat dalam hasil USG. Warna-warna tersebut nantinya membantu kita dalam membaca USG. Ketiga warna tersebut adalah abu-abu, hitam, dan putih.

Warna abu-abu mewakili kondisi jaringan pada janin. Warna hitam menandakan cairan ketuban, sementara warna putih menunjukkan tulang janin. Letak janin sendiri akan berada di tengah ketiga warna tersebut dan dikelilingi warna hitam.

Jenis Kelamin Bayi lewat USG

cara-membaca-hasil-usg

Penting USG juga dapat membaca atau melihat prediksi jenis kelamin dari bayi. Namun, jenis kelamin bayi biasanya baru terlihat di usia kehamilan 18-22 minggu. Sebelum usia tersebut, kondisi bayi laki-laki atau perempuan masih sangat sulit untuk dibedakan.

Namun, ada kalanya juga pemeriksaan jenis kelamin ini cukup sulit karena posisi kaki bayi yang menghalangi. Maka, janin mesti berada pada posisi tepat agar dokter dapat memprediksi jenis kelamin bayi nanti. Tentu saja ada kalanya prediksi dokter bisa meleset ya, Ladies.

Jangan lupa saat sedang kontrol ke dokter kandungan, ada baiknya para Ladies memastikan beberapa hal berkenaan dengan kesehatan janin. Semoga calon bayi senantiasa sehat di hasil USG selanjutnya ya!

Baca Juga:

Ajaib Banget! 8 Manfaat Madu Bagi Kesehatan Jika Dikonsumsi Setiap Hari

7 Bahan Alami Memutihkan Selangkangan Hitam, Terbukti Efektif!

Dijamin Ampuh! Ini 7 Bahan Alami untuk Mengatasi Kulit Gatal