7 Cara Memanjangkan Rambut Secara Alami dan Cepat, Dijamin Efektif!

0
112

Penulis: Gladys | Editor: Agnes

Rambut adalah mahkota bagi semua perempuan di dunia. Tak heran jika keindahannya menjadi sangat penting untuk dijaga dan dirawat oleh setiap perempuan.

Jika Ladies mendambakan memiliki rambut panjang yang lebat dan kuat, tim Ladies Corner ingin berbagi tips cara memanjangkan rambut secara alami dan cepat, nih. Mudah dan bisa langsung dipraktikkan!

1. Potong ujung rambut dengan rutin

Punya rambut yang ujungnya bercabang? Harus rajin dipotong ya, Ladies! Eits jangan khawatir, memotong ujung rambut yang bercabang tidak membuat rambutmu makin pendek. Hal ini justru merangsang pertumbuhan rambut jadi semakin cepat, loh.

2. Makan makanan bergizi

Makanan yang bergizi memang akan berdampak baik bagi tubuh kita, tak terkecuali rambut. Konsumsi makanan yang kaya protein, seperti kacang, sayuran, dan daging dapat membantu memenuhi nutrisi yang rambut butuhkan.

3. Tidak keramas setiap hari

Belum ada penelitian ilmiah yang menyatakan bahwa sering keramas dapat merangsang rambut untuk tumbuh lebih panjang dan lebat. Kenyataannya, keramas setiap hari dapat membuat kulit kepala rapuh sehingga membuat rambut tidak dapat tumbuh dengan baik.  Sebaiknya keramas 2-3 hari sekali saja ya agar kelembapan alami rambutmu terjaga, Ladies.

4. Jangan menyisir rambut saat basah

Menyisir rambut memang penting untuk menstimulasi kulit kepala agar mengeluarkan minyak sampai ke ujung-ujung rambut. Namun saat rambut sedang basah, rambut menjadi lebih rentan dan rapuh untuk disisir. Sebaiknya sisir rambut basah hanya dengan jari tangan atau sisir yang memiliki gigi jarang.

5. Jangan membungkus rambut basah dengan handuk

Membungkus rambut dalam keadaan basah dapat membuat rambut yang baru tumbuh menempel di serat handuk sehingga rambutmu mudah kusut. Kalau Ladies punya kebiasaan seperti ini, yuk perlahan mulai tinggalkan.

6. Pakai minyak esensial rambut

Kandungan antioksidan dan omega 3 dalam minyak kelapa, minyak biji labu, dan minyak zaitun sangat cocok digunakan untuk merawat rambut. Ladies bisa mengoleskan minyak tersebut pada rambut secara merata sembari memijat-mijat kulit kepala agar khasiat minyak meresap sampai ke dalam akar rambut.

Selain itu, memijat kepala juga memiliki khasiat lainnya, yaitu membuat kita lebih rileks. Jika kita stress akut, rambut pun akan mudah rontok, sehingga sangat penting bagi kita yang ingin memanjangkan rambut untuk sekalian mengontrol stress.

7. Kurangi pemakaian alat yang berbahaya bagi tumbuh kembang rambut

Mengeringkan, mengecat, atau styling rambut menggunakan alat elektronik yang panas membuat rambut menjadi rapuh dan mudah rontok. Jika tidak dalam keadaan mendesak, sebaiknya hindari pemakaian pengering dan styling rambut.

Selain itu, zat kimia pada pewarna rambut dapat merusak rambut. Namun jika rambut sudah terlanjur di cat, memerlukan perawatan ekstra agar tidak mudah rapuh dan rontok. Oleh karena itu, sebaiknya Ladies mengurangi kebiasaan ini agar kesehatan rambut terjaga.

Selamat mencoba cara memanjangkan rambut secara alami dan cepat ini ya, Ladies! Mudah banget buat mulai dipraktekkin hari ini.

Baca Juga:

Kenali 7 Perbedaan Smoothing dan Rebonding untuk Rambut

7 Cara Potong Rambut Sendiri di Rumah, Mudah Kok!

Intip 7 Variasi Model Rambut Layer Kekinian