6 Cara Memakai Lidah Buaya Pada Wajah

0
178

Penulis: Rina | Editor: Agnes

Selain bermanfaat untuk kesehatan rambut, lidah buaya juga bisa diaplikasikan pada wajah. Ladies dapat membuat masker alami dari tanaman yang satu ini. Kandungan gel pada daging lidah buaya banyak dijadikan bahan dasar produk kecantikan wajah.

Lidah buaya mengandung enzim, vitamin A, vitamin C, dan antioksidan yang tinggi sehingga efektif merawat kulit wajah kita. Ladies juga bisa membuat sendiri masker lidah buaya di rumah loh. Keep scrolling untuk tahu langkah sederhana menggunakan lidah buaya pada wajah!

1. Pilih lidah buaya segar

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memilih lidah buaya dengan kualitas yang baik. Kualitas lidah buaya dapat dilihat dari warnanya. Pilih lidah buaya dengan warna hijau tua karena menandakan tanaman ini siap dipetik. Hindari warna hijau muda atau agak kuning karena tandanya lidah buaya tersebut masih terlalu muda untuk dipakai.

2. Kupas dan potong kecil

Setelah memilih dan memetik lidah buaya yang berkualitas, Ladies harus mengupas kulitnya terlebih dahulu. Kita hanya membutuhkan daging lidah buaya yang berbentuk gel, sehingga singkirkan terlebih dahulu kulitnya. Jika kulit lidah buaya telah dikupas bersih, potonglah menjadi beberapa bagian kecil.

3. Aplikasikan langsung pada wajah

Buat Ladies yang enggak mau repot bisa langsung mengaplikasikan potongan kecil lidah buaya pada wajah. Oleskan lidah buaya pada seluruh bagian wajah dan leher. Hindari area mata agar terhindar dari iritasi Ladies

Biarkan gel lidah buaya menyerap ke dalam kulit wajah. Setelah 15-20 menit bilas bersih wajah dengan air. Untuk cara yang satu ini, Ladies harus langsung menghabiskan keseluruhan lidah buaya yang telah dikupas dan dipotong. 

4. Peras lidah buaya dan gunakan cairannya

Nah buat Ladies yang mau mencampur gel lidah buaya dengan bahan lainnya, abaikan langkah nomor 3 langsung langsung ke step ini ya. Setelah lidah buaya dikupas dan potong kecil-kecil, lalu ambil gel-nya saja dengan cara memerasnya. Gunakan sendok untuk memudahkan Ladies mengambil ekstrak gel lidah buaya. 

Jika sudah mendapat cairannya, masukan ke dalam mengkuk Ladies. Ladies bisa menyimpan cairan lidah buaya di dalam kulkas untuk digunakan secara bertahap selama beberapa hari ke depan.

5. Tambahkan bahan pendukung

Gunakan cairan ektrak lidah buaya yang sudah didapat. Ladies bisa mencampur lidah buaya tersebut dengan bahan alami lainnya seperti madu, timun, yogurt bahkan air mawar. Sebagai contoh, untuk menutrisi kulit serta mencegah jerawat dapat menggunakan tambahan susu dan madu. Campurkan 2 sendok cairan lidah buaya, 1 sendok madu dan setengah sendok susu putih murni ke dalam satu wadah, lalu aduk rata.

6. Aplikasikan pada wajah dan bilas bersih

Terakhir, aplikasikan bahan alami yang sudah diaduk rata tersebut ke wajah dan leher yang telah bersih. Diamkan selama 15-20 menit agar bahan alami terserap sempurna. Setelah itu, bilas wajah dengan air hingga bersih menyeluruh. 

Bagaimana? Mudah kan mengaplikasikan lidah buaya ke wajah? Apabila timbul alergi pada wajah setelah penggunaan lidah buaya, sebaiknya hentikan pemakaian. Karena kemungkinan wajah Ladies alergi terhadap tanaman yang satu ini.

Baca Juga:

Wajah Lembap dan Glowing dengan Serum Untuk Kulit Kering

5 Rekomendasi Skincare untuk Cowok, Wajah Jadi Bersih dan Terawat!

5 Rekomendasi Primer Brand Lokal Terbaik di Bawah Rp 100 Ribu