5 Cara Aman Melancarkan Haid, Biar Nggak Telat Melulu Nih!

0
101

Penulis: Jessica | Editor: Agnes

Ladies, bagaimana sih cara melancarkan haid agar nggak bolong-bolong tiap bulan? Sebagian wanita pasti pernah merasakan terlambat datang bulan. Hal ini kadang bikin kita cemas sampai mudah emosi karena siklus bulanan tak pernah teratur.

Eits, jangan keburu galau terus jika siklus haid sering bolong. Berikut ini ada cara alami yang dapat kita lakukan buat membantu menstruasi lebih lancar. Coba terapkan beberapa di antaranya deh!

Pastikan Punya Waktu Istirahat Cukup

Refleksi diri sejenak yuk, berapa jam waktu tidur yang biasa kita habiskan dalam sehari? Apakah kita sudah memiliki waktu istirahat yang cukup atau justru kurang? Ladies, kuantitas dan kualitas tidur ternyata berpengaruh pada siklus menstruasi kita loh.

Memiliki waktu tidur yang cukup (antara 7 hingga 8 jam per hari) membantu pikiran kita lebih relaks. Dengan pikiran lebih tenang setiap hari, kita dapat terhindar dari stres berlebih yang menjadi penyebab menstruasi tak teratur. Jadi, tidur berkualitas dapat jadi solusi paling aman untuk melancarkan haid.

Jaga Berat Badan Tetap Sehat

Jadwal haid dapat kacau jika tubuh kita terlalu gemuk ataupun terlalu kurus. Menjaga berat badan tetap sehat sangat membantu melancarkan haid tiap bulannya. Oleh sebab itu, penting sekali buat kita memerhatikan asupan makanan serta pola hidup sehat.

Pilihlah menu makanan yang bergizi, maksudnya adalah kaya nutrisi serta serat yang memang dibutuhkan tubuh. Hindari makanan tak sehat seperti junk food ataupun asupan yang manis-manis berlebihan. Jika kesulitan mengatur berat badan, ada baiknya konsultasikan langsung ke dokter juga.

Rutin Berolahraga

Pola hidup sehat lewat makanan mesti diimbangi dengan rutinitas menyehatkan seperti berolahraga. Banyak wanita merasa malas olahraga karena alasan sibuk atau tidak punya waktu. Padahal, meluangkan waktu 20 hingga 30 menit per hari pun sudah cukup loh.

Mulailah dengan olahraga yang ringan dan menyenangkan, misalnya jalan pagi. Setelah itu coba juga olahraga lain seperti yoga atau meditasi yang dapat membantu meredakan stres. Dengan begitu, siklus haid pun dapat lebih lancar setiap bulannya.

Hindari Stres Berlebihan

Faktor utama penyebab menstruasi sering terlambat adalah kondisi stres berlebihan. Kita tentu tidak bisa mangkir dari banyaknya masalah setiap harinya. Namun, bukan kita tak mampu mengelola rasa stres tersebut dengan lebih baik.

Guna melancarkan haid, kita mesti biasakan diri lebih tenang ketika ada masalah. Jangan terburu-buru over thinking alias memikirkannya berlarut-larut. Lakukan yoga untuk membantu meredakan kecemasan atau sejenak alihkan beban pikiran ke hobi yang disukai.

Konsumsi Ragam Ramuan Alami

Dilansir dari Halodoc, sebenarnya ada ramuan alami yang dapat membantu melancarkan haid pada wanita. Jika kita kerap mengalami telat datang bulan, mungkin ramuan herbal ini layak kita coba. Lagipula, bukankah orang tua zaman dulu pun lebih sering mengandalkan bahan-bahan alami sebagai obat?

Salah satunya adalah jamu kunyit. Dalam kurang lebih 1 liter air, kita rebus dua rimpang kunyit dengan ketumbar sebanyak setengah sendok teh, biji pala, dan segenggam daun srigading. Saring bahan-bahan tersebut dan konsumsi tiap sehari sekali.

Ladies, ternyata kunci dari menstruasi lancar adalah memiliki pola hidup sehat. Jadi, ada baiknya kita refleksi diri juga nih, sudahkah kita hidup sehat dan seimbang selama ini?

Baca Juga:

Jangan Salah Pilih! Ini 5 Deretan Masker Kesehatan buat Cegah Corona

Wajib Tahu, Ini 7 Manfaat Propolis bagi Kesehatan dan Kecantikan!

Serba-Serbi Manfaat Sperma: Benarkah Baik untuk Kesehatan Wanita?