Wajib Tahu! Cara Mudah Validasi NIK KTP Cukup dari Rumah

0
468

Penulis: Galdys | Editor: Agnes

Nomor Induk Kepegawaian (NIK) adalah 16 nomor yang tertera di KTP kita. Fungsi dari nomor tersebut adalah sebagai identitas diri kita, karena nomor tersebut melambangkan kode provinsi, kode kota/kabupaten, kode kecamatan, tanggal lahir, bulan lahir, tahun lahir, dan nomor unik yang diatur menggunakan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK).

Validasi NIK KTP penting dilakukan untuk mendaftar BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan, melamar pekerjaan, mengurus surat nikah, membuka rekening bank, mengikuti pemilu. Selain itu, dalam beberapa kasus, dapat kita temui orang dengan KTP ganda yang biasanya digunakan untuk menipu. Oleh karena itu, ada baiknya kita mengetahui bagaimana cara validasi NIK KTP secara online.

1. Melalui SMS/WhatsApp

Punya pulsa nganggur? Bisa loh digunakan untuk mengecek keaslian NIK KTP. Caranya cukup mudah, cukup kirim SMS ke nomor Disdukcapil (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil) Kemendagri (Kementerian Dalam Negeri) di 0815-3636-9999, dengan format Cek#KTP#NIK.

Tenang, ada cara yang lebih mudah lagi buat cek NIK, yaitu melalui WhatsApp ke nomor  0813-2691-2479 dengan format: nama lengkap sesuai KTP, NIK, kelurahan/kecamatan/kabupaten/kota. Kedua metode ini biasanya cepat mendapatkan balasan.

2. Melalui Media Sosial

Buat Ladies yang gemar bermain Facebook dan Twitter, boleh pakai cara yang satu ini. Cari akun Halo Dukcapil di Facebook atau @ccdukcapil di Twitter, lalu kirim chat personal ke akun tersebut dengan format #NIK#Nama_Lengkap#Nomor_Kartu_Keluarga#Nomor_Telp#Keluhan. Tunggu beberapa saat untuk mendapatkan balasan.

3. Melalui Email

Jika belum puas, Ladies juga bisa menghubungi dukcapil melalui email. Cek validasi dengan kirim format #NIK#Nama_Lengkap#Nomor_Kartu_Keluarga#Nomor_Telp#Keluhan ke alamat email [email protected]. Perlu diingat, email akan dibalas 1×24 jam.

4. Melalui Website

Kemendagri juga menyediakan website yang dapat memudahkan kita untuk validasi NIK KTP. Ladies cukup kunjungi https://www.dukcapil.kemendagri.go.id/ dan masukkan NIK KTP yang ingin dicari. Jika NIK tersebut benar dan terdaftar di dukcapil, Ladies akan langsung melihat detail identitas milik orang tersebut.

5. Melalui Call Center Dukcapil

Jika Ladies terburu-buru ingin mendapat jawaban sesegera mungkin mengenai NIK KTP seseorang, ada baiknya langsung hubungi dukcapil di nomor 1500-537. Ikuti petunjuk yang disampaikan oleh operator untuk mulai memvalidasi NIK KTP.

Tentunya cara-cara di atas akan sangat membantu kita memvalidasi NIK KTP di tengah PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) yang kembali diperpanjang oleh pemerintah. Namun, Ladies juga bisa melakukan cara lain untuk memvalidasi NIK KTP dengan datang langsung ke kantor dukcapil terdekat dan bertanya langsung ke petugas. Apa pun cara yang Ladies pilih, semoga membuahkan hasil yang baik dalam rangka mengecek validasi NIK KTP ya!

Baca Juga:

Salurkan Hobi Bernyanyi melalui Aplikasi Karaoke Terbaik Ini

Download Video YouTube Praktis Pakai 6 Aplikasi Gratis Ini!

Browser Antiblokir yang Aman Buat Pengguna Android