Wajib Tahu! Begini Cara Cek Nomor BPJS Ketenagakerjaan

0
297

Penulis: Marcia | Editor: Agnes

BPJS Ketenagakerjaan adalah program pemerintah untuk jaminan hari tua yang diberikan kepada tenaga kerja. Setiap bulannya, perusahaan akan memotong gaji pegawai untuk membayar iuran yang nantinya bisa diambil saat mengundurkan diri atau mengalami PHK. 

Ingat, upah BPJS adalah hak tenaga kerja. Hal ini sesuai dengan UU BPJS Pasal 14, yakni  “Setiap orang, termasuk orang asing yang bekerja paling singkat 6 bulan di Indonesia, wajib menjadi peserta program jaminan sosial, kesehatan maupun ketenagakerjaan.”

Nah, salah satu syarat untuk mencairkan iuran adalah memiliki nomor BPJS yang tertera di dalam kartu. Namun, apa jadinya jika kartu BPJS Ketenagakerjaan hilang dan kita lupa nomornya? Jangan khawatir, Ladies. Simak 5 cara dari Ladies Corner berikut ini, ya!

1. Hubungi Call Center BPJS

cara cek nomor BPJS Ketenagakerjaan

Cara pertama untuk mengetahui nomor BPJS Ketenagakerjaan adalah dengan menghubungi call center BPJS di nomor 175. Dalam saluran telepon, kita akan diarahkan oleh suara robot untuk berbicara dengan petugas call center

Setelah itu, petugas akan meminta Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tertera di KTP atau Kartu Keluarga (KK). Jadi, siapkan NIK-mu sebelum menelepon, ya. 

Sedang di luar negeri? Jangan khawatir. Kita bisa menghubungi call center BPJS via WhatsApp di nomor 08119115910 atau 08551500910. 

2. Aplikasi BPJSTKU

cara cek nomor BPJS Ketenagakerjaan

Jika Ladies ingin hemat biaya pulsa, kita bisa langsung men-download aplikasi BPJSTKU. Tetapi perlu diingat, cara ini hanya bisa dilakukan jika kita sudah pernah mendaftar di aplikasi BPJSTKU.

Caranya, cukup registrasi dan isi biodata yang tertera di menu pendaftaran pengguna. Setelah itu, kita bisa langsung login dengan email serta password yang sudah didaftarkan. Pilih menu kartu digital, lalu muncul nomor BPJS Ketenagakerjaan di layar. 

3. Situs Resmi BPJS Ketenagakerjaan

cara cek nomor BPJS Ketenagakerjaan

Cara ini juga bisa kita lakukan jika tak ingin repot mengunduh aplikasi BPJSTKU. Kunjungi sso.bpjsketenagakerjaan.go.id untuk registrasi, setelah itu login menggunakan email yang sudah didaftarkan. Jika belum bisa login, jangan lupa untuk registrasi terlebih dulu, ya, Ladies. Setelah itu, pilih menu cek kartu digital dan nomor BPJS akan langsung muncul di layar.

4. Kantor Cabang

cara cek nomor BPJS Ketenagakerjaan

Jika lewat online belum berhasil atau memiliki kerabat yang tidak familiar dengan internet, jangan khawatir, ya. Kita bisa mendatangi langsung kantor cabang di area terdekat. 

Jangan lupa membawa sejumlah berkas seperti e-KTP asli beserta fotokopinya, Kartu Keluarga dan paklaring dari perusahaanmu, ya. 

5. HRD

cara cek nomor BPJS Ketenagakerjaan

Cara terakhir ini adalah yang paling mudah. Konfirmasikan nomor BPJS Ketenagakerjaan langsung ke tim HRD kantormu ya, Ladies. Sebab, HRD sudah pasti menyimpan seluruh berkasmu, termasuk nomor BPJS Ketenagakerjaan. 

So, Ladies, jangan bingung lagi untuk mencari tahu nomor BPJS Ketenagakerjaan kita, ya. Yuk, coba salah satu cara di atas!

Baca Juga:

Sedang Melamar Kerja? Ini Contoh Portofolio yang Disukai HRD

Serupa Tapi Tak Sama, Kenali Perbedaan Brightening vs Lightening! 

7 Rekomendasi Primer untuk Kulit Berminyak, Makeup Flawless Seharian!