Mudah dan Praktis! Ini 7 Langkah Mudah Melakukan Cangkok Tanaman

0
124

Penulis: Gladys| Editor: Agnes

Di masa pandemi ini, banyak orang menemukan hobi baru dan tak segan untuk terjun lebih dalam menggeluti hobi baru tersebut dengan serius. Salah satu hobi yang populer adalah bercocok tanam.

Jika Ladies gemar bercocok tanam, wajib tahu cara cepat cangkok tanaman buah. Cangkok biasa dilakukan untuk mengawinkan 2 bibit unggul agar mendapatkan klon yang lebih istimewa dan cepat berbuah. Agar tidak salah langkah, ikuti langkah mencangkok yang baik dan benar di bawah ini.

1. Memilih Batang yang Sehat dan Kuat

Sebelum mencangkok, pilihlah batang yang kuat dan tebal dengan diameter sekitar 2 cm serta berwarna hijau kecoklatan ataupun yang berwarna coklat muda. Pastikan batang tersebut berasal dari pohon berusia minimal 2 tahun, subur, berbuah banyak, dan bebas serangan hama.

2. Kupas Kulit Batang Pilihan

Setelah memilih batang yang cocok dengan kriteria di atas, selanjutnya Ladies perlu menguliti batang tersebut menggunakan pisau okulasi atau pisau tajam lainnya. Lakukan dengan menyayat secara perlahan, hingga kulit batang pohon terkelupas.

Untuk mencangkok, idealnya perlu 10-20 cm batang yang dikelupas. Setelah berhasil, bersihkan kambium pada batang dengan lap kering yang bersih dan tunggu hingga 30 menit agar batang tersebut mengering.

3. Siapkan Air dan Tanah

Campurkan air dan tanah dengan komposisi yang sama agar tidak terlalu cair ataupun padat. Selanjutnya, tutup batang yang telah dikupas kulitnya dengan tanah yang sudah dicampurkan dengan air. Ingat, tanah yang digunakan harus memiliki humus yang baik dan tidak mengandung pupuk.

4. Mulai Proses Cangkok

Jika batang sudah tertutup campuran tanah dengan sempurna, bungkus dengan kain bersih, sabut kelapa, dan plastik yang dilubangi. Tujuannya untuk memberikan sirkulasi udara yang cukup pada cangkok. Lalu ikat wadah pembungkus di kedua ujung batang cangkok.

5. Cara Menyirami Cangkok

Lakukan penyiraman secara rutin setiap hari pada cangkok. Jika hujan, Ladies tidak perlu menyiramnya agar cangkok tidak rusak.

6. Cara Mengambil Hasil Cangkok

Kurang lebih 2 bulan, cangkok yang berhasil akan menghasilkan akar. Ladies perlu memindahkan hasil cangkok tersebut secara perlahan.

7. Cara Memindahkan Hasil Cangkok

Siapkan wadah dengan tanah yang berkualitas sama dengan yang digunakan saat mencangkok. Kemudian rutin disiram atau diberi vitamin jika diperlukan. Ingat, jika tanaman terkena air hujan, sebaiknya jangan disiram agar tanaman tidak kelebihan air.

Waktu ideal untuk melakukan cangkok tanaman buah adalah ketika tanaman usai memasuki masa panen. Pada masa ini, pencangkokan dilakukan untuk mendapatkan bibit yang unggul dan bermanfaat untuk meremajakan batang pohon induk.

Terdengar mudah ya? Ayo coba cangkok tanaman agar tanaman lebih cepat berbuah dan cepat panen!

Baca Juga:

Hobi Menanam? Ini 7 Tanaman Buah dalam Pot yang Cepat Tumbuh

Fakta dan Tanda Pasangan Terangsang Saat Berhubungan Sex

6 Mitos Bunga Wijaya Kusuma yang Bikin Merinding!