Kena PHK? Yuk Mulai Membangun Bisnis Modal Kecil

0
191

Penulis: Raizza | Editor: Agnes

Satu hal yang perlu menjadi pertimbangan ketika memulai sebuah usaha adalah modal. Setiap orang pasti menginginkan bisnis dengan modal kecil namun tetap menguntungkan. Apalagi dalam kondisi yang serba sulit seperti sekarang ini banyak perusahaan yang harus melakukan PHK kepada para karyawannya karena sektor usahanya yang semakin menurun. 

Kondisi ini tentu menyulitkan berbagai pihak. Untuk Ladies yang harus mengalaminya, berikut ini ada sejumlah ide bisnis modal kecil yang bisa dicoba untuk memulihkan kembali keuangan Ladies.

1. Bisnis kuliner

bisnis modal kecil

Bisnis dengan modal kecil pertama adalah bisnis kuliner. Yap, seperti yang kita tahu kalau makanan atau kuliner itu merupakan kebutuhan primer manusia. Jadi, kebutuhan ini harus selalu ada dan dicari oleh semua orang. Itulah mengapa bisnis ini menjadi salah satu pekerjaan yang tengah digandrungi masyarakat luas.

Ketika memulai bisnis kuliner, tidak diperlukan modal yang besar untuk mendirikan warung atau pun restoran untuk menjualnya, kenapa? Karena saat ini, kita sudah diberi banyak kemudahan teknologi. Makanan yang kita jual, bisa diperjual belikan lewat online, sehingga kita bisa menjual dari mana saja, termasuk di rumah sekali pun. 

Produk kuliner ini sendiri bisa luas jangkauannya. Ada makanan frozen, makanan dan minuman ringan, hingga catering harian bisa jadi pilihan. Tentunya, modal yang dikeluarkan bisa disesuaikan dengan kantong Ladies

2. Bisnis jasa titip

bisnis modal kecil

Peluang mendapatkan uang itu bisa didapat dari mana pun, selagi kita mau untuk memanfaatkan setiap kesempatan yang ada. Seperti misalnya memanfaatkan jasa titip menitip atau jastip. 

Yap, beberapa waktu ke belakang bisnis ini memang tengah naik daun. Bisnis ini tergolong ke dalam bisnis yang menjanjikan. Modal yang dibutuhkan juga relatif kecil, namun omsetnya bisa mencapai jutaan, lho.

Cara kerjanya yaitu kita membelikan barang-barang pesanan pelanggan yang kemudian akan dikirim ke mereka dengan tambahan ongkos kirim. Kita bisa menawarkan jasa ini melalui media sosial seperti Instagram, Facebook, atau twitter. 

3. Bisnis online: reseller atau dropship

bisnis modal kecil

Bisnis dengan modal kecil selanjutnya adalah bisnis jual beli online. Ada dua sistem yang bisa digunakan, yaitu reseller atau dropship. Untuk bisnis ini, ada banyak pilihan produk yang bisa dipilih. Kalau bisa carilah produk yang kiranya memiliki pasar yang luas. 

Jika Ladies, benar-benar tidak ingin mengeluarkan modal sedikitpun, maka dropship adalah pilihan yang cocok. Sistem ini memungkinkan Ladies untuk tidak menyetok barang, sehingga tidak ada modal yang perlu dikeluarkan. 

Lalu, jika Ladies ingin memastikan kualitas barangnya, maka pilihlah bisnis reseller. Tenang! Biasanya harga yang ditawarkan untuk reseller juga sama kok dengan dropship, sama-sama terjangkau!

4. Bisnis thrift shop

bisnis modal kecil

Selanjutnya, ada bisnis thrift shop. Apa itu? Thrift shop adalah bisnis yang menjual barang-barang bekas. Sama halnya dengan jastip, bisnis ini juga sangat populer belakangan ini. Ini karena modal yang dikeluarkan kecil namun peluang yang didapat cukup menjanjikan. 

Bisnis ini biasanya memiliki pasarnya masing-masing dan tentunya mengarah ke semua kalangan. Untuk thrift shop produk baju, Ladies bisa membeli dalam jumlah karungan dengan harga yang terjangkau. Lalu, bisa dijual kembali dengan harga yang tinggi, loh! Tapi sesuaikan dengan kualitasnya juga, ya.

5. Bisnis berbasis jasa keahlian

bisnis modal kecil

Salah satu bisnis dengan modal kecil yang cukup menyenangkan adalah menjual jasa keahlian. Dengan bisnis ini, kita tidak hanya mendapatkan uang tetapi juga menjalankannya dengan senang hati karena sesuai dengan minat dan passion.

Ada berbagai jenis keahlian yang bisa dimanfaatkan, loh. Seperti misalnya menjahit, membuat kerajinan tangan, makeup artist (MUA), menulis, desain dan sebagainya. 

Itulah beberapa ide bisnis yang bisa Ladies coba. Hal yang perlu diingat adalah untuk tetap semangat dan pantang menyerah.

Baca Juga:

Wajib Tahu! Simak 9 Tips Cara Mulai Bisnis Clothing Line

Pakai 7 Aplikasi Download Video YouTube Tercepat Ini, Dijamin Puas!

Ingin Dapat Uang Tambahan? Coba Aplikasi Penghasil Uang Tercepat Ini