8 Daftar Bahan Alami untuk Meredakan Gatal Alergi

0
185

Penulis: Raizza | Editor: Agnes

Ladies, setiap orang mungkin memiliki alergi terhadap sesuatu dan biasanya reaksi yang timbul bisa berbeda-beda. Salah satu yang mungkin dialami banyak orang adalah gatal dan pembengkakan di kulit. Tentu sangat menyebalkan bukan kalau sudah kambuh?

Untuk mengatasinya, ada 2 alternatif yang biasa digunakan. Pertama menggunakan pengobatan medis, dan yang kedua dengan obat alami. 

Kali ini, Ladies Corner akan bagikan sejumlah obat alami untuk atasi gatal alergi. Perhatikan ya!

1. Jambu biji

Bahan Alami untuk Meredakan Gatal

Salah satu obat alami yang ampuh mengatasi gatal alergi adalah jambu biji. Kandungan vitamin C di dalamnya bisa membantu meredakan rasa gatal. 

Meski dampaknya tidak instan, tetapi kandungan vitamin C ini juga berpotensi mengurangi pelepasan histamin atau senyawa alami dalam imun yang menjadi penyebab gatal akibat reaksi alergi.

2. Madu

Bahan Alami untuk Meredakan Gatal

Sejak dulu madu memang dipercaya memiliki banyak khasiat, salah satu yang cukup populer adalah mengatasi gatal alergi. Kandungan alami di dalamnya seperti antioksidan dan antimikroba mampu mengurangi rasa gatal serta melembabkan bagian dalam kulit.

3. Tomat dan Bawang bombay

Bahan Alami untuk Meredakan Gatal

Tomat dan bawang bombay sama-sama mengandung zat antioksidan yang membantu melindungi sel tubuh dari kerusakan, zat ini disebut bioflavonoid. Tidak hanya itu saja, zat alami ini juga bisa menstabilkan sel tubuh yang bereaksi terhadap alergi. Jadi, sangat cocok untuk digunakan ketika Ladies mengalami gatal-gatal alergi.

4. Mentimun

Bahan Alami untuk Meredakan Gatal

Bahan alami selanjutnya ada mentimun. Kandungan zat astringent di dalamnya bisa meredakan rasa gatal dan ruam kemerahan pada kulit.

Cara menggunakannya, bisa langsung dioleskan saja ke bagian kulit yang alergi. Atau mungkin dengan cara dihancurkan terlebih dahulu dan dicampur dengan yogurt. Barulah setelah itu dioleskan ke kulit kemudian dibilas.

5. Oatmeal

Bahan Alami untuk Meredakan Gatal

Oatmeal termasuk bahan alami yang mampu mengatasi rasa gatal akibat alergi. Hal ini karena ada kandungan aktif biologis di dalamnya, seperti antioksidan dan anti-inflamasi.

Penggunaannya juga terbilang mudah karena hanya dihancurkan lalu dicampur dengan air panas. Setelah itu, bisa langsung dioleskan ke bagian kulit yang gatal dan tunggu selama 30 menit, lalu dibilas dengan air bersih.

6. Lidah buaya

Bahan Alami untuk Meredakan Gatal

Tekstur dalam cairan lidah buaya tidak hanya bisa melembabkan tetapi juga bisa mengatasi rasa gatal dan kemerahan di kulit, loh. Cara penggunaannya pun cukup mudah, karena hanya dengan mengoleskan langsung ke area kulit yang terkena alergi.

7. Es batu

Bahan Alami untuk Meredakan Gatal

Ladies, es batu ternyata memiliki cukup banyak khasiat loh, salah satunya untuk mengatasi rasa gatal di kulit karena alergi. Meski mungkin banyak yang menyepelekannya, tetapi sensasi dingin yang dihadirkan es batu bisa membuat rasa gatal terobati. Cukup oleskan secara berulang di bagian kulit yang gatal.

8. Minyak kayu putih

Bahan Alami untuk Meredakan Gatal

Tidak hanya bahan alami makanan, tetapi minyak kayu putih juga bisa meredakan gatal akibat alergi. Cukup oleskan ke bagian kulit yang gatal, jangan lupa untuk beri tambahan sedikit air.

Bagaimana, sekarang sudah tahu kan Ladies? Kalau alergi sudah mulai kambuh, siapin bahan-bahan di atas ya!

Baca Juga:

Dijamin Ampuh! Ini 7 Bahan Alami untuk Mengatasi Kulit Gatal

Ini Dia 6 Jenis Obat Alergi yang Ampuh Meredakan Gatal

5 Merk Vitamin Lokal untuk Jaga Kesehatan Mata Keluarga