Dijamin Ampuh! Ini 7 Bahan Alami Untuk Menghilangkan Kulit Gatal

0
220

Penulis: Agnes

Hampir seluruh orang mengalami kulit gatal. Nah, salah satu penyebab kulitmu terasa gatal adalah alergi. Biasanya rasa gatal ini akan timbul saat kamu terkena debu, cuaca ekstrim, atau mengonsumsi makanan tertentu.

Gatal pada kulit bahkan bisa mengganggu aktivitasmu, Ladies. Oleh karena itu, penting untuk melakukan perawatan kulit untuk mencegah gatal. Selain menggunakan obat dari dokter, kamu juga bisa menggunakan bahan alami karena minim efek samping. Mau tahu apa saja bahan alami yang efektif atasi gatal pada kulit? Simak terus sampai habis ya, Ladies!

1. Mentimun

bahan alami untuk mengatasi kulit gatal

Selain baik untuk mengontrol tekanan darah, mentimun juga ampuh mengatasi gatal pada kulit, Ladies. Mentimun kaya akan antioksidan yang bersifat anti iritasi dan anti radang. Kandungan air dalam timun juga sangat banyak sehingga memberikan efek menenangkan pada kulit.

Untuk mengatasi rasa gatal pada kulit, iris mentimun dan letakan dalam lemari es. Tunggu 15 hingga 20 menit. Setelah itu, tempelkan area yang gatal dengan mentimun selama 10 menit. Ulangi tahap ini sebanyak 4 sampai 5 kali sehari.

2. Air Mawar

bahan alami untuk mengatasi kulit gatal

Sejak zaman dahulu, air mawar digunakan sebagai rahasia kecantikan. Ini karena air mawar mengandung senyawa phenolic, polifenol, dan flavonoid yang  bersifat antioksidan. Senyawa phenolic bersifat antibakteri, antiseptik, dan antivirus. Kandungan inilah yang membuat air mawar baik untuk kesehatan dan kecantikan.

Untuk meredakan gatal, gunakan toner air mawar ke area yang gatal menggunakan kapas. Diamkan selama 10 menit hingga air mawar meresap ke kulit. Ulangi tahap ini sebanyak 2 kali dalam sehari ya, Ladies.

3. Teh Hijau

bahan alami untuk mengatasi kulit gatal

Tahukah, Ladies? Ternyata the hijau kaya akan polifenol yang bersifat sebagai antioksidan. Senyawa ini berpotensi antiinflamasi dan antikarsinogenik, yang dapat dimanfaatkan untuk melawan berbagai gangguan kulit, loh.  Untuk mendapatkan manfaat ini, cukup rebus 1 gelas air dnegan 2 kantung the hijau celup selama 5 menit. Setelah itu, diamkan air teh hijau dingin, lalu oleskan ke kulit yang terasa gatal. Ulangi langkah ini 3 kali sehari.

4. Air Garam

bahan alami untuk mengatasi kulit gatal

Garam kaya akan magnesium sulfat yang baik untuk kesehatan kulit. Larutkan 2 cangkir garam ke dalam bak air untuk mandi. Setelah itu, rendam tubuh dengan air tersebut selama 15 menit. Ulangi cara ini selama beberapa kali selama 2 sampai 3 hari dan pastikan air tidak panas karena bisa membuat kulitmu iritasi, Ladies.

5. Lidah Buaya

bahan alami untuk mengatasi kulit gatal

Lidah buaya memiliki bersifat inflamasi dan antimikroba sehingga menenangkan dan menghidrasi kulitmu, Ladies. Untuk meredakan gatal, oleskan aloevera gel ke area yang gatal dan diamkan selama 15 sampai 20 menit. Lakukan secara teratur sampai gatal hilang.

6. Minyak Kelapa

bahan alami untuk mengatasi kulit gatal

Minyak kelapa kaya akan asam oleat, linoleate, dan stearate yang bersifat antimikroba. Kandungan ini membantu melindungi tubuh dari mikroorganisme berbahaya sehingga baik untuk kesehatan kulit. Selain itu, kandungan protein pada minyak kelapa dapat membantu proses regenerasi sel-sel kulit yang dapat memperbaiki kulit rusak dan iritasi. Oleskan minyak kelapa pada area yang gatal dan ulangi selama beberapa kali hingga gatal hilang.

7. Minyak Mentol

bahan alami untuk mengatasi kulit gatal

Minyak mentol dapat meredakan rasa sakit dan gatal. Produk ini membuat kulit terasa dingin sehingga membantu meredakan gatal. Oleskan minyak mentol ke area yang gatal dua kali sehari selama 2 minggu.

Nah, itu dia beberapa bahan alami yang terbukti efektif meredakan gatal kulitmu, Ladies. Gunakan secara teratur hingga rasa gatal hilang. Jika rasa gatal tidak kunjung membaik, segera periksakan diri ke dokter ya, Ladies.